Cara Membuat Makalah Yang Benar Untuk SMA

Cara Membuat Makalah Yang Benar Untuk SMK

Cara Membuat Makalah Yang Benar Untuk SMA

Makalahkita.com – Cara Membuat Makalah Yang Benar Untuk SMA yang saya bagikan ini sebagai bahan informasi referensi dalam pembuatan makalah yang benar. Kembali ke tema pembahasan contoh makalah. Tujuan saya ingin membatu adik-adik atau rekan-rekan yang lain dalam menyelesaikan tugas makalah sekolah maupun tugas makalah kuliah. Seperti yang saya alami ketika mengenyam bangku pendidikan di beri tugas untuk membuat makalah, namun saya agak kesulitan karena waktu dulu saya cari referensi hanya dari buku dan itu pun terbatas. Untuk itu silahkan menikmati contoh makalah berikut ini.

Adapun untuk Ukuran Margin, Font, dan Spasi Makalah Yang Benar adalah Sebagai Berikut:

  1. Margin : Top 4, Left 4, Botton 3 dan Right 3 ( cm)
  2. Font : Times New Roman Ukuran 12
  3. Kertas : Size A4
  4. Spasi : 1.5

Berikut beberapa elemen dasar dalam pembuatan suatu makalah :

1. Cover
2. Judul Makalah
3. Kata Pengantar/Prakata
4. Daftar Isi
5. Bab I Pendahuluan
6. Bab II Pembahasan
7. Bab III Penutup
8- Daftar Pustaka

Setelah anda mengetahui kedelapan elemen dasar diatas maka diuraikan lagi poin-poin yang ada dalam tiap-tiap elemen dasar.

1.Cover Berisi

  • Judul Makalah
  • Tujuan Pembuatan Makalah
  • Nama Pembuat
  • Logo Lembaga/Instansi (Logo Universitas)
  • Nama Lembaga Beserta Alamat
  • Tahun Akademik

2. Judul Makalah

Ilustrasikan sama dengan diatas

3. Kata Pegantar/Prakata

Kata pengantar merupakan prakata dari penulis untuk menyampaikan mukaddimah kepada pembaca makalah. Kata Pengantar berisi poin-poin berikut.
 
  • Salam Pembuka
  • Mukaddimah/Pembukaan
  • Sekilas proses pembuatan makalah
  • Ucapan Terima kasih kepada anggota pembuat makalah
  • Penutup Mukaddimah
  • Salam Penutup
  • Nama Penulis/pemakalah

KATA PENGANTAR

Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, Kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ilmiah tentang limbah dan manfaatnya untuk masyarakat.

Makalah ilmiah ini telah kami susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk itu kami menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan makalah ini.

Terlepas dari semua itu, Kami menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka kami menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki makalah ilmiah ini.

Akhir kata kami berharap semoga makalah ilmiah tentang limbah dan manfaatnya untuk masyarakan ini dapat memberikan manfaat maupun inpirasi terhadap pembaca.

Jakarta,  Maret 2015

Penyusun

4. Daftar Isi
 
DAFTAR ISI merupakan sebuah list yang berguna untuk mempermudah pembaca makalah untuk melihat isi dalam makalah.
 

Daftar isi

Kata pengantar ………………………………………………………………………………. i

Daftar isi ……………………………………………………………………………………….. ii

Bab I Pendahuluan ……………………………………………………………………………1

A. Latar belakang ……………………………………………………………………………..1

B. Rumusan masalah ……………………………………………………………………….. 2

C. Tujuan penelitian …………………………………………………………………………. 3

D. Manfaat penelitian ……………………………………………………………………….. 3

Bab II Tinjauan pustaka dan kerangka berfikir………………………………………… 4

A. Tinjauan pustaka ………………………………………………………………………… 4

B. Kerangka berpikir ……………………………………………………………………….. 5

Bab III Pembahasan Hasil Penelitian …………………………………………………… 6

A. Kesalahan fonologi ……………………………………………………………………… 6

B. Kesalahan morfologi …………………………………………………………………… 10

C. Kesalahan sintaksis ……………………………………………………………………. 11

D. Kesalahan leksikon…………………………………………………………………….. 11

Bab IV Kesimpulan dan Saran …………………………………………………………….12

A. Kesimpulan …………………………………………………………………………………12

B. Saran ………………………………………………………………………………………..12

Daftar pustaka ………………………………………………………………………………..13

 
5. Bab I Pendahuluan
 
Dalam bab ini kita menerangkan konsep, gagasan, rencana dan seputar permasalahan beserta tujuan yang termuat dalam LATAR BELAKANG.
 
Setelah itu adanya RUMUSAN MASALAH. yaitu mengenai masalah-masalah apa saja yang akan kita angkat dalam isi makalah.
 
Tambahkan juga tujuan dan manfaat dari makalah.

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Kualitas pendidikan di Indonesia saat ini sangat memprihatinkan. Ini dibuktikan antara lain dengan data UNESCO (2000) tentang peringkat Indeks Pengembangan Manusia (Human Development Index), yaitu komposisi dari peringkat pencapaian pendidikan, kesehatan, dan penghasilan per kepala yang menunjukkan, bahwa indeks pengembangan manusia Indonesia makin menurun. Di antara 174 negara di dunia, Indonesia menempati urutan ke-102 (1996), ke-99 (1997), ke-105 (1998), dan ke-109 (1999).

Menurut survei Political and Economic Risk Consultant (PERC), kualitas pendidikan di Indonesia berada pada urutan ke-12 dari 12 negara di Asia. Posisi Indonesia berada di bawah Vietnam. Data yang dilaporkan The World Economic Forum Swedia (2000), Indonesia memiliki daya saing yang rendah, yaitu hanya menduduki urutan ke-37 dari 57 negara yang disurvei di dunia. Dan masih menurut survai dari lembaga yang sama Indonesia hanya berpredikat sebagai follower bukan sebagai pemimpin teknologi dari 53 negara di dunia.

Memasuki abad ke- 21 dunia pendidikan di Indonesia menjadi heboh. Kehebohan tersebut bukan disebabkan oleh kehebatan mutu pendidikan nasional tetapi lebih banyak disebabkan karena kesadaran akan bahaya keterbelakangan pendidikan di Indonesia. Perasan ini disebabkan karena beberapa hal yang mendasar.

Salah satunya adalah memasuki abad ke- 21 gelombang globalisasi dirasakan kuat dan terbuka. Kemajaun teknologi dan perubahan yang terjadi memberikan kesadaran baru bahwa Indonesia tidak lagi berdiri sendiri. Indonesia berada di tengah-tengah dunia yang baru, dunia terbuka sehingga orang bebas membandingkan kehidupan dengan negara lain.

Yang kita rasakan sekarang adalah adanya ketertinggalan didalam mutu pendidikan. Baik pendidikan formal maupun informal. Dan hasil itu diperoleh setelah kita membandingkannya dengan negara lain. Pendidikan memang telah menjadi penopang dalam meningkatkan sumber daya manusia Indonesia untuk pembangunan bangsa. Oleh karena itu, kita seharusnya dapat meningkatkan sumber daya manusia Indonesia yang tidak kalah bersaing dengan sumber daya manusia di negara-negara lain.

Setelah kita amati, nampak jelas bahwa masalah yang serius dalam peningkatan mutu pendidikan di Indonesia adalah rendahnya mutu pendidikan di berbagai jenjang pendidikan, baik pendidikan formal maupun informal. Dan hal itulah yang menyebabkan rendahnya mutu pendidikan yang menghambat penyediaan sumber daya menusia yang mempunyai keahlian dan keterampilan untuk memenuhi pembangunan bangsa di berbagai bidang.

Kualitas pendidikan Indonesia yang rendah itu juga ditunjukkan data Balitbang (2003) bahwa dari 146.052 SD di Indonesia ternyata hanya delapan sekolah saja yang mendapat pengakuan dunia dalam kategori The Primary Years Program (PYP). Dari 20.918 SMP di Indonesia ternyata juga hanya delapan sekolah yang mendapat pengakuan dunia dalam kategori The Middle Years Program (MYP) dan dari 8.036 SMA ternyata hanya tujuh sekolah saja yang mendapat pengakuan dunia dalam kategori The Diploma Program (DP).

Penyebab rendahnya mutu pendidikan di Indonesia antara lain adalah masalah efektifitas, efisiensi dan standardisasi pengajaran. Hal tersebut masih menjadi masalah pendidikan di Indonesia pada umumnya. Adapun permasalahan khusus dalam dunia pendidikan yaitu:

  1. Rendahnya sarana fisik,
  2. Rendahnya kualitas guru,
  3. Rendahnya kesejahteraan guru,
  4. Rendahnya prestasi siswa,
  5. Rendahnya kesempatan pemerataan pendidikan,
  6. Rendahnya relevansi pendidikan dengan kebutuhan,
  7. Mahalnya biaya pendidikan.

Permasalahan-permasalahan yang tersebut di atas akan menjadi bahan bahasan dalam makalah yang berjudul “ Rendahnya Kualitas Pendidikan di Indonesia” ini.

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimana ciri-ciri pendidikan di Indonesia?
  2. Bagaimana kualitas pendidikan di Indonesia?
  3. Apa saja yang menjadi penyebab rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia?
  4. Bagaimana solusi yang dapat diberikan dari permasalahan-permasalahan pendidikan di Indonesia?

C. Tujuan Penulisan

  1. Mendeskripsikan ciri-ciri pendidikan di Indonesia.
  2. Mendeskripsikan kualitas pendidikan di Indonesia saat ini.
  3. Mendeskripsikan hal-hal yang menjadi penyebab rendahnya mutu pendidikan di Indonesia.
  4. Mendeskripsikan solusi yang dapat diberikan dari permasalahan-permasalahan pendidikan di Indonesia.
 
 
6. Bab II Isi
 
Pada bab ini anda diharuskan untuk menguraikan isi atau materi makalah, dimulai dari :
  • Pengertian/Definisi
  • Ulasan Materi
  • Penyelesaian Masalah, berikut solusi dan kontribusi anda terhadap permasalahan yang ada pada materi makalah yang anda angkat tersebut.
 
7. Bab III Penutup
 
Pada bagian Penutup ini, uraikan kesimpulan yang didapat dari hasil penelitian atas materi diatas, kelebihan dan kekurangan hasil penelitian.
 
Berikan saran atas apa yang telah diteliti.
 

BAB III

PENUTUP

 

3.1 Kesimpulan

Dari Paparan atau penjelasan di atas, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa sesuai dengan makalah “Penggunaan Bahasa Baku dalam junalistik ” penulis menyimpulkan bahwa bahasa dalam junalistik tidak di haruskan menggunakan satu bahasa namun bisa juga dengan mamadukan dengan bahsa lain namun dengan penggunaan yang tepat. Bahasa Indonesia dapat di kembangkan dengan di padukan dengan bahasa melayu maupun bahasa asing yang lain dalam penerapannya di dunia jurnalistik
 

3.2 Saran

Menyadari bahwa penulis masih jauh dari kata sempurna, kedepannya penulis akan lebih fokus dan details dalam menjelaskan tentang makalah di atas dengan sumber – sumber yang lebih banyak yang tentunga dapat di pertanggung jawabkan.
 
Untuk saran bisa berisi kritik atau saran terhadap penulisan juga bisa untuk menanggapi terhadap kesimpulan dari bahasan makalah yang telah di jelaskan. Untuk bagian terakhir dari makalah adalah daftar pustaka. Pada kesempatan lain akan saya jelaskan tentang daftar pustaka makalah.
 
 
8. Daftar Pustaka
 
Daftar pustaka merupakan bagian terakhir dalam penyusunan sebuah makalah. Daftar pustaka ini berisi nama-nama literature yang kita jadikan referensi dalam pembuatan makalah tersebut.
 

DAFTAR PUSTAKA

  • Syafe’I Rachmat.2000. Al-hadis(Aqidah,Akhlak,Sosial dan Hukum.) Bandung. CV Pustaka Setia
  • An-Nawawi.2001.Terjemahan Hadits Arba’in. Jakarta.Al-I’tishom Cahaya Umat.blogspot.com/2011/06/hadits-tentang-buruk-sangka
  • Kamarudin. 2011. Makalah Perilaku Tercela. 
  • Lumrisaja. 2010. Perilaku Tercela.
  • Effendy, Mochtar. 2001. Ensiklopedi Agama dan Filsafat. Palembang: PT Widyadara.
  • Bahreisy, Salim. 1987. Tarjamah Riadhus Sholihin II.Bandung: PT Alma Arif Bandung.
  • Al-‘Adawy, Musthafa. 2006.Fiqih Akhlak.Jakarta: Qisthi Press.

Terima kasih telah membaca referensi dan menjadikan makalah ini sebagai acuan. Tentu saja dalam penulisan maupun isi makalah tersebut jauh dari kesempurnaan. Sehingga kawan-kawan bisa mencari refensi lain yang tentu demi menyempurnakan penulisan karya ilmiah.

Sangat banyak sekali dewasa ini yang bisa di jadikan rujukan dalam penulisan karya tulis ilmiah. Begitu banyak sumber dari mulai media paper maupun media elektronik seperti yang saat ini kawan-kawan baca.

Semoga pemaparan tentang makalah ini bisa menjadikan kita lebih giat lagi dalam mencari ilmu pengetahuan.

Note : #Sukses Dunia dengan Ilmu jalannya. #Sukses Akhirat Ilmu jalannya. #Sukses Dunia Akhirat Ilmu Jalannya.

Teruslah Kejar Ilmu Pengetahuan dan Mimpi-Mimpimu.

Makalah Agama, Hukum, Pendidikan, Olahraga, Ekonomi, Kesehatan, Biologi, Filsafat, Kewarganegaraan, Bahasa, Kimia, Industri, Sains, Filsafat dan Sejarah.

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Cara Membuat Makalah Yang Benar Untuk Kuliah
  2. Cara Membuat Makalah Yang Benar Untuk SMK

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*