Contoh Makalah Bisnis Plan Yang Benar

Contoh Makalah Bisnis Plan Yang Benar
Contoh Makalah Bisnis Plan Yang Benar

Contoh Makalah Bisnis Plan Yang Benar

Makalahkita – Contoh Makalah Bisnis Plan Yang Benar yang saya bagikan ini sebagai bahan informasi referensi dalam pembuatan makalah yang benar. Merunut pada ulasan contoh makalah, saya berharap ini menjadi referensi kawan-kawan pelajar dalam memenuhi tugas makalah siswa dan tugas makalah mahasiswa. Seperti yang saya alami ketika mengenyam bangku pendidikan di beri tugas untuk membuat makalah, namun saya agak kesulitan karena waktu dulu saya cari referensi hanya dari buku dan itu pun terbatas. Berikut Contoh Makalah yang saya sajikan untuk semua:

Sebelumnya, untuk Ukuran Margin, Font, dan Spasi Makalah Yang Benar adalah Sebagai Berikut:

  1. Margin : Top 4, Left 4, Botton 3 dan Right 3 ( cm)
  2. Font : Times New Roman Ukuran 12
  3. Kertas : Size A4
  4. Spasi : 1.5

Makalahkita.com sebagai bahan referensi kebutuhan karya tulis makalah pendidikan, ekonomi, islam, filsafat, agama, bahasa indonesia, biologi, hukum, kesehatan, kewarganegaraan, kewirausahaan, olahraga, sains, sejarah dan tips makalah.

BAB I

PENDAHULUAN

1.Latar Belakang Bisnis

Siluet adalah efek yang dihasilkan dalam fotografi karena adanya perbedaan signifikan antara pantulan cahaya objek utama di bagian depan gambar dengan latar belakangnya. Untuk menghasilkan siluet, cahaya dari bagian belakang objek harus sanggat terang kemudian ditangkap dengan luminitas cahaya latar belakang.

Dulunya gambar siluet dibuat dari sebuah kertas khusus yang berwarna hitam lalu dipotong sesuai dengan bentuk wajah yang akan dibuat siluet, tapi hal tersebuat hanya dapat dilakukan apabila si pembuat atau si pembeli gambar siluet saling bertemu. Namun seiring berkembangnya zaman, gambar siluet dapat dengan mudah ditangkap oleh sebuah kamera, tetapi terkadang hasil yang didapat juga kurang memuaskan karena terpengaruh oleh banyak atau tidaknya cahaya dan harus menunggu momen-momen tertentu.

Dengan alasan itulah, kami berencana akan membuat sebuah usaha dibidang tersebut, dengan sebuah inovasi yang baru yaitu siluet digital. dengan memanfaatkan bekal ilmu design yang telah kami dapat dimasa sekolah dulu, melalui sebuah aplikasi design yaitu Corel Draw. Motede ini kami pilih karena jenis format vektor akan menghasil gambar yang 100% tidak akan berubah atau pecah pada saat pembuatan. Dan proses ini lebih mudah serta tidak harus menuggu momen-momen tertentu dalam pengambilan gambarnya. Kapan saja, dimana saja, gambar dapat diabadikan melaui ponsel, lalu hasil tersebut dapat di kirim kepada kami melalui sosial media.

2. Tujuan

   Laporan Bussiness ini bertujuan untuk :

  Memenuhi tugas mata kuliah kewirausahaan

  Menambah pengetahuan kepada mahasiswa di bidang kewirausahaan

  Mengubah pemikiran mahasiswa bahwa dunia kerja tidak hanya menjadi pegawai tetapi terdapat bidang lain yaitu sebagai pengusaha

  Memberi pelajaran untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan

  Menambah berbagi pengalaman tentang bidang kewirausahaan dari pengusaha-pengusaha sukses

3. Potensi Bisnis

Produk ini memiliki peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Karena bisnis dibidang ini masih belum banyak peminatnya, dengan tampilan yang unik serta harga yang ekonomis dapat dinikmati oleh semua kalangan. Dan tentunya gambar tersebut dapat menjadi sebuah kado unik atau hiasan baik dirumah ataupun kantor.

BAB II

DATA PENGUSAHA

A. Data Usaha

       Nama Usaha                                             : Mrs. Siluet

       Bidang Usaha                                           : Produk Jasa

       Jenis Produk                                             : Design Siluet digital

       Alamat Usaha                                           : Kp. Mekar Jaya RT 05/01 Ds.Cijenong Kec. Ciguha – Bogor.

       Telp./Hp.                                                  : 0858-1077-****

B. Identitas Pemilik

              Nama                                                 : Selviani

              Tempat, Tanggal Lahir                   : Bogor, 22 September 1993

              Alamat                                               :Kp. Mekar Jaya RT 05/01 Ds.Cijenong  Kec. Ciguha – Bogor.

              Telp./Hp.                                           : 0858-1078-****

              E-mail                                                :-

C. Visi dan Misi

Visi : Menciptakan kehidupan perekonomian yang lebih baik.

Misi:

1) Meningkatkan taraf perekonomian keluarga

2) Menumbuhkan jiwa kewirausahaan

3) Menciptakan lapangan usaha sendiri/baru.

D. Motivasi

Yang menjadikan motivasi dalam mendirikan usaha ini adalah:

1) Sempitnya lapangan kerja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari

2) Melihat peluang usaha dan pangsa pasarnya yang masih cukup menjanjikan.

3) Modal yang harus dikeluarkan relatif murah, tidak terlalu mahal

BAB III

PRODUKSI

1.Fasilitas dan Peralatan

Dalam kegiatan usaha ini kami menggunakan fasilitas Personal Computer yang didalamnya sudah terdapat aplikasi corel-draw atapun adobe photoshop, printer, modem untuk jaringan internet, box untuk packaging hasil design siluet, gunting, cutter, dll.

2. Proses Produksi

Cara membuat produk kami memang susah-susah gampang, karena dalam pembuatannya butuh kesabaran dan kreatifitas yang tinggi, berikut adalah langkah-langkah pembuatannya :

  • Dalam pembuatannya kami menggunakan aplikasi corelDRAW X5
  • Selanjutnya import gambar yang akan kita jadikan siluet digital dengan cara klik kanan lembar kerja dari corelDRAW X5, kemudian klik import atau menggunakan Ctrl+I.
  • Pilih gambar sesuai keinginan klik import
  • Pilih “pen tool” untuk membuat garis
  • Buat garis mengikuti lekukan wajah yang akan disiluet, dalam proses ini, titik awal garis harus bertemu dengan titik akhir garis. Agar gambar dapat diwarnai.
  • Pilih “shape tool” pada garis yang telah dibuat, lalu pilih “convet line to curve” tombol ini berfungsi untuk megubah garis menjadi kurva (garing yang bisa dilengkungkan).
  • Lengkungkan garis sesuai bentuk yang diinginkan (lengkuk wajah)
  • Berikah warna hitam pada pola atau gambar yang telah dibuat
  • Hapus gambar asli dan berikah sedikit sentuhan atau tambahan kreasi lainnya. Agar gambar terlihat menarik. Kemudian Export dalam format JPEG.
  • Hasil sudah jadi dan siap dicetak

BAB IV

PEMASARAN

1.Sasaran dan Target Pasar

       Sasaran kami adalah seluruh masyarakat dari segala usia. Untuk itu kami memulai promosi dari daerah sekitar tempat tinggal kami serta melakukan promosi pada rekan mahasiswa di kampus, kerabat, dan teman-teman. Karena kami menganggap promosi akan lebih efektif jika terjadi dalam suatu kelompok. Selain itu kami juga mempunyai rumah produksi yang siap didatangi siapa saja dan siap melayani pemesanan.

Selain itu, kami menggalakkan promosi di berbagai media social juga, seperti facebook, twitter, instagram, blog, dll. Hal ini kami maksudkan untuk memberi kemudahan dalam pemesanan dan pembelian produk kami.

2. Kondisi Pasar

Jika melihat kompetitor yang bergerak dibidang usaha yang sama, memang sudah cukup banyak. Tapi biasanya pengusaha hanya menyediakan design siluet yang 2 dimensi saja, berbeda dengan siluet produksi kami yang dapat menyediakan siluet 3 dimensi pula, selain itu kami juga menyedian jasa pembuatan mahar pernikahan dengan gambar siluet yang di aplikasikan dengan jumlah mahar yang dapat disesuaikan dengan permintaan pelanggan. Jadi peluang usahanya masih cukup besar, karena masih banyak produsen yang belum mencoba untuk hal tersebut, sehingga memberikan peluang besar bagi usaha kami. Selain itu kami juga menyediakan pengiriman barang untuk luar kota bogor, khusus untuk pengirimannya kami akan menggunakan jasa pengiriman barang, seperti JNE atau TIKI. Jadi pangsa pasarnya akan lebih luas.

3. Penetapan Harga Pasar

Untuk harga yang kami tawarkan, cukup bervariasi sesuai dengan ukuran gambar atau frame, juga banyaknya objek siluet yang dibuat dalam satu gambar. dengan tetap menjaga kualitas usaha serta pelayanan, dengan kata lain harga diusahakan lebih rendah bila dibandingkan dengan pesaing tetapi pelayanan dan kualitas tetap diutamakan. Untuk lebih mudah difahami, berikut adalah simulasi daftar harga berdasarkan harga pasar yang berlaku untuk 1 unit siluet, sbb :

Ukuran FrameJenis GambarHarga per-unit (Rp)
8R (foto 20x25cm) berat 1kg2 dimensi

3 dimensi

80.000

110.000

A3 (foto 30x40cm) berat 1kg2 dimensi

3 dimensi

120.000

150.000

 4. Faktor Penghambat dan Pendukung

      Setiap usaha yang dijalankan, pasti ada yang sukses dan ada yang belum sukses tidak terkecuali juga dengan usaha ini. Ada beberapa hal yang menurut penulis akan menjadi penghambat dan pendukung dalam menjalankan usaha ini.

       Faktor penghambat tersebut diantaranya:

  1. Banyaknya usaha yang sama
  2. Harga bahan baku yang tidak stabil.

Faktor pendukung usaha ini diantaranya :

  1. Kondisi tempat, dan peralatan yang memadai
  2. Harga yang relatif terjangkau
  3. Salah satu produk yang banyak disukai oleh masyarakat karena keunikannya

            Untuk lebih jelasnya tentang gambar faktor pendukung dan penghambatnya, saya menggunakan analisis dan strategi SWOT. Berikut adalah analisis dan strateginya :

5. Analisis SWOT

  • Faktor Internal

1) Strength (Kekuatan)

  • Keunggulan produk
  • Kami menawarkan suatu produk design dengan harga yang ekonomis dan unik
  • Kreativitas

Kami menawarkan kreativitas baru dalam mendesign dengan membuat model design gambar up to date, menarik dan bervarian

2) Weakness (Kelemahan)

  • Belum memiliki cukup pengalaman

Pengalaman untuk memulai usaha yang masih sangat minim merupakan suatu kelemahan yang harus diatasi.

  • Kurangnya Sumber Daya Manusia

Keterbatasan sumber daya manusia sebagi produsen atau ahli design. Kurangnya keterampilan kami dalam proses pembuatan design siluet.

  • Faktor Eksternal

1) Opportunities (Peluang)

  • Banyaknya konsumen
  • Banyaknya masyarakat yang menggemari berbagai macam design gambar siluet, karena keunikannya membuat para pencinta seni banyak meliriknya. Dengan adanya siluet ini akan menambah variasi siluet dan menawarkan cita rasa baru bagi masyarakat pada umumnya.
  • Sistem pemasaran
  • Pemasaran yang akan kami lakukan cukup mudah. Kami akan memasarkannya dilingkungan kampus dan tempat tinggal ataupun sosial media.

2)   Threats (Ancaman)

Salah satu bentuk ancaman yang dikhawatirkan bisa terjadi adalah keacuhan konsumen.Terkadang masyarakat kurang tertarik terhadap design yang di buat atau karena hanya sedikitnya masyarakat yang baru tahu akan produk design gambar siluet, sehingga cukup sulit untuk mempromosikan produk tersebut.

  1. Strategi SWOT
  • Strength (Kekuatan)
  • Keunggulan produk
  • Keterampilan dan keahlian
  • Bahan baku mudah di dapat
  • Weakness (Kelemahan)
  • Belum memiliki cukup pengalaman
  • Kurangnya Sumber Daya Manusia
  • Opportunity (Peluang)
  • Banyaknya konsumen
  • Sistem pemasaran
  • Melakukan program promosi jitu
  • Meningkatkan produksi
  • Melakukan latihan terus-menerus
  • Belajar berbisnis dengan segala fasilitas yang adadan menjalin koneksi seluas-luasnya.
  • Threats (Ancaman)
  • Keacuhan konsumen
  • Melakukan promosi kepada konsumen yang sekiranya tertarik dengan produk kami.
  • Menawarkan keuntungan yang didapat dengan membeli produk kami
  • Memperbaiki sistem manajemen
  • Meningkatkan promosi
  • Menjaga kualitas produk

BAB V

PERMODALAN

       Modal yang dibutuhkan dalam membuka usaha siluet design ini memang tidak terlalu tinggi, tetapi bila prokduksinya banyak tentu saja modal yang harus disiapkan juga besar.

1.Modal Tetap

           Modal tetap adalah modal yang pertama kali dibutuhkan dalam membuka usaha ini yang sifatnya tetap, atau modal untuk keperluan alat-alat dan fasilitas yang dapat digunakan dalam waktu yang panjang atau selama usaha ini dijalankan.

NoNama BarangJumlah BarangHarga Satuan (Rp)Jumlah Harga (Rp)
1Personal Komputer1 unit3.500.0003.500.000
2Printer1 unit300.000350.000
3Modem1 unit150.000150.000
4Gunting1 unit10.00010.000
5Cutter1 unit12.00012.000
Total4.022.000

2. Modal Tidak Tetap

              Modal Tidak Tetap adalah modal yang dibutuhkan untuk kegiatan operasional yakni membeli bahan-bahan yang dibutuhkan dalam kegiatan produksi. Karena kegiatan usaha ini masih home industri. Biasanya dalam satu kali produksi, memiliki kapasitas pembuatan maksimal 25 permintaan, dalam waktu pengerjaan maksimal 14 hari. adapun biaya anggaran per-produksi sbb :

NoNama BarangJumlah BarangHarga Barang (Rp)
1Kertas cetak1 rim75.000
2Tinta Printer1 botol50.000
3Spidol1 pcs7.000
4Solatip1 pcs5.000
5Box kardus25 lembar125.000
6Bungkus kado/ kertas coklat tipis1 Roll10.000
7Plastik bubble1 Roll45.000
8Double tip1 pcs5.000
9frame25 unit700.000
10Lem fox1 pcs7.500
11Biaya lain-lain50.000
Total1.077.500

3. Biaya Variabel

              Biaya Variabel adalah biaya tidak langsung yang dibutuhkan untuk mendukung dan memperlancar kegiatan usaha ini, adapun biayanya seperti:

NoBiaya VariabelPerbulan (Rp)
1Pulsa Hp + Modem150.000
2Bensin (Transport)80.000
3Listrik75.000
Total305.000
  1. Harga

       –      Harga pokok                          = total cost (biaya produksi, variabel)

                                                                = Rp. 1.382.500/25

                                                                 = Rp. 55.300

       –      Harga jual ke konsumen      = Rp. 150.000

2. Penjualan

              Diasumsikan dalam satu kali produksi dapat menghasilkan 25 unit frame siluet digital, dengan ukuran frame A3 dan model 3 dimensi. maka pendapatan sebesar (25 x Rp. 150.000,-) Rp. 3.750.000,-. Sedangkan keuntungan bersih dalam satu kali produksinya sebesar (Rp. 3.750.000,- Rp..1.382.500,-) Rp. 2.367.500,- , maka dalam sebulan yang dapat melakukan 2 kali produksi keuntungan dapat diprediksi sebesar ( Rp. 2.367.500,- X 2) Rp. 4.735.000,-.

3. BEP (Break Event Point)       

              Untuk mencapai BEP yaitu: (Rp. 4.022.000,- : Rp. 2.367.500,-) = 1.70.

       Dengan demikian Mrs. Siluet bisa mencapai BEP dalam 2 kali produksi atau dalam waktu satu bulan.

BAB VI

PENUTUP

1.Kesimpulan

Siluet digital merupakan suatu jenis design yang kami buat dengan menggunakan apikasi dari komputer untuk menghasilkan gambar siluet yang jauh lebih bagus dan tentunya lebih berbeda dari produk yang ditawarkan oleh perusahaan lainnya. Produk kami ini bertujuan membantu para konsumen yang sedang mencari hadiah atau kado atapun mahar pernikahan yang unik. Dengan keunggulan produk tiga dimensi siluet digital yang kami tawarkan. Proses pemasaran pada tahap awal kami lakukan melalui mulut ke mulut, lalu tahap selanjutnya dilakukan melalui media sosial seperti blog, facebook, twitter. Harga yang kami tetapkan cukup terjangkau oleh masyarakat menengah ke bawah. Kami juga menyediakan pelayanan pemesanan siluet dengan memakai jasa pengiriman barang khusus untuk diluar daerah kota bogor dengan menggunakan jasa pelayanan kirim barang untuk memperluas pemasaran.

2. Saran

Produk kami mengutamakan kualitas, yaitu hasil gambar design yang berkualitas tinggi serta memiliki nilai seni yang tinggi pula. Sehingga konsumen dapat membedakan siluet yang sudah ada dipasaran dengan siluet produk kami. Oleh karena itu, keterampilan dan keahlian menjadi sangat penting dalam produksi kami.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*