Contoh Makalah Efek Radiasi Gadget Terhadap Kesehatan

Contoh Makalah Efek Radiasi Gadget Terhadap Kesehatan
Contoh Makalah Efek Radiasi Gadget Terhadap Kesehatan

Contoh Makalah Efek Radiasi Gadget Terhadap Kesehatan

MakalahContoh Makalah Efek Radiasi Gadget Terhadap Kesehatan yang saya bagikan ini sebagai bahan informasi referensi dalam pembuatan makalah yang benar. Kembali ke tema pembahasan contoh makalah. Tujuan saya ingin membatu adik-adik atau rekan-rekan yang lain dalam menyelesaikan tugas makalah sekolah maupun tugas makalah kuliah. Seperti yang saya alami ketika mengenyam bangku pendidikan di beri tugas untuk membuat makalah, namun saya agak kesulitan karena waktu dulu saya cari referensi hanya dari buku dan itu pun terbatas. Untuk itu silahkan menikmati contoh makalah berikut ini.

Adapun untuk Ukuran Margin, Font, dan Spasi Makalah Yang Benar adalah Sebagai Berikut:

  1. Margin : Top 4, Left 4, Botton 3 dan Right 3 ( cm)
  2. Font : Times New Roman Ukuran 12
  3. Kertas : Size A4
  4. Spasi : 1.5

Makalahkita.com sebagai bahan referensi kebutuhan karya tulis makalah pendidikan, ekonomi, islam, filsafat, agama, bahasa indonesia, biologi, hukum, kesehatan, kewarganegaraan, kewirausahaan, olahraga, sains, sejarah dan tips makalah.

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Saat ini media elektronik sudah menjadi kebutuhan primer bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, salah satunya adalah komputer, laptop, notebook dan sejenis lainnya yang lumrah disebut dengan gadget. Perkembangan ilmu komputer yang sangat pesat diiringi dengan meningkatnya pemakaian komputer ditengah masyarakat. Kemampuan komputer dalam berbagai hal telah banyak membantu seseorang dalam melakukan aktivitasnya.

Gadget sebagai produk teknologi mutakhir tetap membawa dampak bagi kehidupan kita. Layar sebagai salah satu perlengkapan , perangkat Gadget ini dapat menimbulkan radiasi. Walaupun secara umum dampak potisif lebih besar dari dampak negatifnya, tetapi perlu juga diperhatikan.

Sekarang ini berbagai merek layar telah memasuki pasaran. Beberapa jenis produk tertentu memberi label “low radiation”. Bahkan filter untuk monitor ini telah pula diproduksi. Kesemuanya ini tentu untuk memberi rasa aman ke pada pengguna gadget. Akan tetapi masih perlu diperhatikan dampak dari pemakaian komputer tersebut.

Karena dampak yang kecil dari layar banyak orang yang tidak terlalu memperhatikan hal tersebut.Terutama seorang pelajar yang sedang mengerjakan tugas, mereka cenderung tidak memedulikan apa efek kelamaan di depan gadget. Padahal efek kelamaan didepan gadget dapat mengganggu kesehatan, khususnya kesehatan mata.

B. Rumusan Masalah

  1. Apa yang dimaksud dengan Gadget ?
  2. Apa yang dimaksud dengan Monitor/Layar ?
  3. Apa yang dimaksud Radiasi Monitor ?
  4. Efek apa yang ditimbul Radiasi Gadget?
  5. Bagaimana cara melindungi mata dari Radiasi Layar Gadget?

BAB II

PEMBAHASAN

1. Pengertian Gawai/Gadget

Gawai (bahasa Inggris: gadget) adalah suatu peranti atau instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi praktis yang secara spesifik dirancang lebih canggih dibandingkan dengan teknologi yang diciptakan sebelumnya.

Perbedaan gawai dengan teknologi yang lainnya adalah unsur kebaruan berukuran lebih kecil. Sebagai contoh:

  • Komputer merupakan alat elektronik yang memiliki pembaruan berbentuk gawainya yaitu laptop/notebook/netbook.
  • Telepon rumah merupakan alat elektronik yang memiliki pembaruan berbentuk gawainya telepon seluler.

2. Pengertian Monitor/Layar

Monitor/Layar adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa sinyal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar. Tiap merek dan ukuran layarmemiliki tingkat resolusi yang berbeda. Resolusi ini lah yang akan menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan pada layar.

Monitor/Layar atau dengan istilah lain disebut VDU (Video Display Unit), merupakan salah satu bagian terpenting dari suatu unit Gadget. Bagian monitor/Layar  inilah yang paling sering kita pandang bila kita memakai Gadget. Fungsi monitor adalah memperagakan data atau proses yang terjadi dalam CPU secara visual. Proses yang terjadi dalam CPU (Central Processing Unit)  dikonversikan oleh suatu “ Adapter Vide / Video board “ dari data yang digital menjadi sinyal yang akan disalurkan melalui kabel penghubung ke monitor.

Monitor yang memakai sistem CRT (Cathode Ray tube) bekerja dengan cara memancarkan elektron-elektron .Elektron-elektron ini menyapu layar dari kiri kekanan dengan jalur-jalur dari atas kebawah dalam pola yang disebut “raster” CRT atau yang lebih umum disebut Tabung Sinar Katoda merupakan tabung pembungkus yang dibuat dari kaca dan mengandung satu susunan penembak electron dan mengeluarkan berkas-berkas elektron yang diarahkan pada layar fluoresen. Bila berkas tersebut terkena cahaya, maka layar mengeluarkan sinar dengan gelombang yang lebih panjang.

Pancaran – pancaran electron ini menimbulkan cahaya yang terang.Bergantung intensitas pancaran electron tadi.Cahaya ini sangat cepat menghilang.Untuk itu pancaran electron harus tetap menyapu layar secara teratur untuk mempertahankan banyangan yang terjadi.Ini biasa disebut penyegaran ulang atau “refresh” layar. Monitor umumnya memiliki laju penyegaran (vertical scan rate) 60 hertz, yang maksudnya layar disegarkan kembali sebanyak 60 kali per detik.  Jika laju penyegaran rendah, maka akan mengakibatkan layar tampak berkedip-kedip. Hal ini akan cepat melelahkan mata kita, maka sebaliknya kita memakai monitor dengan “vertical scan rate” 70 hertz keatas sudah cukup baik untuk digunakan.

3.  Pengertian Radiasi

Dalam fisika, radiasi mendeskripsikan setiap proses di mana energi bergerak melalui media atau melalui ruang, dan akhirnya diserap oleh benda lain. Orang awam sering menghubungkan kata radiasi ionisasi (misalnya, sebagaimana terjadi pada senjata nuklir, reaktor nuklir, dan zat radioaktif), tetapi juga dapat merujuk kepada radiasi elektromagnetik (yaitu, gelombang radio, cahaya inframerah, cahaya tampak, sinar ultra violet, dan X-ray), radiasi akustik, atau untuk proses lain yang lebih jelas. Apa yang membuat radiasi adalah bahwa energi memancarkan (yaitu, bergerak ke luar dalam garis lurus ke segala arah) dari suatu sumber. Geometri ini secara alami mengarah pada sistem pengukuran dan unit fisik yang sama berlaku untuk semua jenis radiasi. Beberapa radiasi dapat berbahaya.

4. Efek Radiasi Monitor Terhadap Kesehatan

Gangguan kesehatan yang dicurigai disebabkan oleh radiasi VDU, antara lain:katarak, dermatitis, epilepsi dan cacat bawaan pada bayi. Katarak adalah gangguan penglihatan yang disebabkan adanya kekeruhan pada lensa mata. Katarak biasanya berkaitan dengan proses menua dan radiasi sinar ultraviolet.

Dermatitis pada muka merupakan salah satu gangguan kesehatan yang terbukti diakibatkan oleh radiasi VDU secara langsung. Tjon dan Rycroft melakukan penelitian pengaruh radiasi VDU pada kulit muka. Hasil penelitian mereka mengatakan bahwa salah satu akibat dari radiasi adalah kemerahan pada kulit muka. Hal ini akan terjadi setelah seorang operator bekerja selama 2-6 jam dan pada tempat yang tingkat kelembabannya rendah. Setelah kemerahan, kemudian terjadi pengelupasan kulit ari dan timbulnyabenjolan pada kulit.

Dermatitis ini akan terjadi akibat adanya medan magnet antara monitor dengan operator. Medan elektromagnet menyebabkan  partikel-partikel yang melayang diudara menempel pada kulit, sehingga menimbulkan iritasi pada kulit. Karena yang berhadapan langsung pada layar monitor adalah bagian muka, mata. Muka lebih sering mengalami iritasi. Timbunan elektrostatik ini dapat  menyebabkan pipi merah sehabis memakai monitor.Epilepsi dan cacat bawaan pada bayi,  sampai saat ini belum ada bukti bahwaVDU dapat menimbulkannya.

5.  Cara Melindungi Kesehatan dari Bahaya Radiasi Layar Gadget

Bagi orang yang aktif bekerja di depan Gadget misalnya komputer (tentu saja dengan menggunakan layar komputer). Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mengurangi dampak radiasi monitor CTR, antara lain:

1.      Sebisa mungkin ganti layar monitor anda menggunakan monitor LCD, karena layar LCD terbukti lebih kecil daya radiasinya.

2.      Jika masih harus terpaksa menggunakan monitor CRT/tabung. Gunakanlah refresh rate 75hz atau lebih. Karena refresh rate dapat merusak mata.

3.      Istirahatkan mata dan diri anda secara rutin dalam beberapa interval tertentu

4.      Perbanyak minum air putih, untuk mengurangi dehidrasi tubuh (ini sangat penting)

5.      Setelah manatap monitor terlalu lama usahakan lihat sesuatu yang jauh, dan jika bisa yang berwarna hijau, hal ini dapat menyegarkan pikiran.

6.      Jarak antara mata dan monitor minimal 40 cm.

7.      Gunakan pencahayan yang cukup dan tidak redup.

8.      Posisi mata dan monitor berhadapan lurus dan jangan lupa.

BAB III

PENUTUP

A. SIMPULAN

Gawai (bahasa Inggris: gadget) adalah suatu peranti atau instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi praktis yang secara spesifik dirancang lebih canggih dibandingkan dengan teknologi yang diciptakan sebelumnya. Monitor/Layar adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa sinyal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor.

Dalam fisika, radiasi mendeskripsikan setiap proses di mana energi bergerak melalui media atau melalui ruang, dan akhirnya diserap oleh benda lain. Gangguan kesehatan yang dicurigai disebabkan oleh radiasi VDU, antara lain:katarak, dermatitis, epilepsi dan cacat bawaan pada bayi. Bagi orang yang aktif bekerja di depan Gadget misalnya komputer (tentu saja dengan menggunakan layar komputer). Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mengurangi dampak radiasi

B. SARAN

       Diharapkan setelah membaca dan memahami makalah ini, pembaca dapat mengerti dan mengimplementasikan betapa pentingnya Menghindari efek radiasi monitor di kehidupan teknologi ini. Pemanfaatan teknologi memang penting dan harus dilakukan karena peradaban masyarakat saat ini. Namun, hal tersebut tidak boleh menjadi penghambat aktivitas kita kedepannya.

DAFTAR PUSTAKA

  • Admin. 2011. “Pengaruh Radiasi Layar Monitor Komputer Terhadap Kesehatan”.
  • Adito. 2011. Komputer Sehat bagi Generasi Muda. Jakarta: PC Media.
  • Britannica. 1974. Civilisation. Inggris: Encyclopedia Britannica.
  • Mubarok. 2011. “Tips Menjaga Kesehatan Mata dari Radiasi”.
  • Surya. 2010. Membuat Anak Cerdas dan Manusia Unggul. Jakarta: Elex Media Komputindo.
  • Wardiana. 2002. Perkembangan Teknologi Informasi. Jakarta: Kanisius.