Contoh Makalah Kewirausahaan Sosis Bakar (Lengkap)

Contoh Makalah Kewirausahaan Sosis Bakar

Contoh Makalah Kewirausahaan Sosis Bakar (Lengkap)

Makalahkita.com – Contoh Makalah Kewirausahaan Sosis Bakar (Lengkap) yang saya bagikan ini sebagai bahan informasi referensi dalam pembuatan makalah yang benar. Kembali ke tema pembahasan contoh makalah. Tujuan saya ingin membatu adik-adik atau rekan-rekan yang lain dalam menyelesaikan tugas makalah sekolah maupun tugas makalah kuliah. Seperti yang saya alami ketika mengenyam bangku pendidikan di beri tugas untuk membuat makalah, namun saya agak kesulitan karena waktu dulu saya cari referensi hanya dari buku dan itu pun terbatas. Untuk itu silahkan menikmati contoh makalah berikut ini.

Adapun untuk Ukuran Margin, Font, dan Spasi Makalah Yang Benar adalah Sebagai Berikut:

  1. Margin : Top 4, Left 4, Botton 3 dan Right 3 ( cm)
  2. Font : Times New Roman Ukuran 12
  3. Kertas : Size A4
  4. Spasi : 1.5

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ……………………………………………………………………………………………. II
DAFTAR ISI ……………………………………………………………………………………………. III

BAB I : PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG ………………………………………………………………………. IV
1.2 TUJUAN ………………………………………………………………………………. IV
1.3 MANFAAT ……………………………………………………………………………… V

BAB II : PEMBAHASAN

2.1 LOKASI DAN TEKNIS ………………………………………………………………………… VI
2.2 RESEP SOSIS BAKAR ……………………………………………………………………….. VII
2.3 KEPEMILIKAN DAN PENGURUS USAHA ……………………………………………………………. VIII
2.4 ASPEK PEMASARAN …………………………………………………………………………. VIII
2.5 ASPEK KEUANGAN …………………………………………………………………………… XII

BAB III : PENUTUP

KESIMPULAN DAN SARAN…………………………………………………………………… XV

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Siapa tak kenal sosis ? Sosis merupakan produk olahan daging yang digemari masyarakat Indonesia khususnya anak-anak. Rasanya gurih dan kenyal mirip seperti bakso. Proses pembuatannya, daging atau ikan yang dicincang dan dihaluskan serta diberi bumbu, rempah-rempah dan bahan-bahan lainnya yang kemudian dibungkus dalam selongsong berbentuk bulat panjang, baik yang terbuat dari usus hewan maupun pembungkus buatan. Sosis yang sering kita makan selama ini dibuat dari bahan yang bersumber dari bahan hewani, misalnya daging sapi, daging ayam, daging ikan, dan lain – lain.

Seiring dengan perkembangan jaman, masakan Sosis kini semakin berkembang. Salah satunya adalah Sosis Bakar. Sosis bakar sekarang ini mulai ngetren di kalangan anak muda. Sosis Bakar merupakan Peluang Usaha yang sangat menjanjikan. Anda dapat menawarkan sosis yang berbeda kepada konsumen, dengan menjual sosis yang sudah memiliki rasa, tidak seperti umumnya sosis yang dijual di pasaran. Rasa yang ditawarkan misalnya sosis dengan bumbu ending, bumbu balado, pedas manis, dan rasa ayam bakar sehingga membuat terasa lebih gurih dan enak. Variasi rasa ini membuat konsumen menyukai sosis yang Anda jual.

Sosis adalah makanan yang dibuat dari daging ayam yang telah dicincang kemudian dihaluskan dan diberi bumbu-bumbu, dimasukkan ke dalam pembungkus yang berbentuk bulat panjang yang berupa pembungkus buatan, dengan dimasak maupun diasapkan.

1.2 Tujuan

Adapun tujuan dari Usaha ini adalah Merumuskan Kelayakan Usaha Sosis Bakar yang berlokasi di Jl. Pinangsia II, Smk Negri 11 Jakarta Barat. Dilihat dari Aspek Tempatnya cukup strategis dengan perdagangan sosis dikalangan anak-anak dan remaja yang berlokasi tepat didepan gedung sekolah, dan untuk mengetahui apakah usaha tersebut memenuhi kriteria – kriteria kelayakan, baik dalam segi permodalan maupun pemasarannya.

1.3 Manfaat

Adapun manfaat dari hasil obsevasi ini yaitu :

1. Untuk mengamati para wirausaha di sekitar lingkungan.
2. Mencari tahu pengalaman para wirausaha.
3. Menjadi termotivasi untuk mengembangkan bakat dalam berwirausaha
4. Menemukan ide-ide pengembangan usaha yang cocok.
5. Mengembangkan bakat dan kemampuan dalam berwirausaha

Banyak cara yang bisa digunakan untuk menikmati sosis. Ada juga yang disajikan dengan cara digoreng namun untuk meminimalisir kolesterol sebaiknya diolah dengan cara dibakar. Ada juga yang menjadikan sosis sebagai campuran mie, nasi goreng, dan juga omelet. Karena sangat mudah dalam pengolahan, kalian bisa menggunakannya untuk menu sarapan.

Manfaat daging sapi yang terkandung didalam sosis sendiri mengandung asal oleat yang baik bagi kesehatan jantung. Bahkan, asam lemak tersebut bisa menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada didalam tubuh. Masih ada manfaat lain dari sosis yang kalian konsumsi, yaitu bisa menjadi sumber protein dengan kualitas yang tinggi. Nutrisi yang terkandung didaging sapi antara lain adalah vitamin B, zat besi, dan juga zink. Semuanya bisa membantu kalian menambah energi sehingga pagi jadi lebih semangat.

BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Lokasi dan Teknis

  • Lokasi

Lokasi Usaha Sosis Bakar ini berdekatan pada suatu sekolah dan juga perumahan yang cukup padat, tempat usaha ini hanya berukuran 4 m x 6 m. Diperkiran permintaan konsumen dilokasi tersebut sangat tinggi, hal ini terjadi karena letak usaha yang sangat strategis. Tempatnya yaitu di Jl. Pinangsia II, Smk Negri 11 Jakarta Barat.

  • Luas Bangunan dan Teknis

Luas bangunan Usaha Sosis Bakar ini yaitu; 4 m x 6 m = 24 m2

Detail biaya yang harus dikeluarkan untuk bangunan dan peralatan – peralatan Usaha Sosis Bakar ini adalah:

  • No. Jenis Barang Jumlah

1 Kompor & alat pemanggang 2 unit x Rp 50.000 Rp. 100.000
2 Meja & kursi 4 unit x Rp 100.000 Rp. 400.000
3 Mesin jus, bahan baku & Lain-lain Rp. 500.000

TOTAL Rp. 1.000.000

2.2 Resep Osis Bakar

Bahan :

1. Sosis Ukuran Kecil
2. Sosis Ukuran Besar

Bahan olesan :

1. Kecap
2. Bumbu – bumbu :

* Bumbu rendang
* Bumbu balado
* Bumbu pedas manis
* Bumbu ayam bakar

2.3 Kepemilikan dan Pengurus Usaha

a. Kepemilikan Usaha

Usaha Sosis Bakar ini merupakan usaha perorangan, dimana pengurus usaha adalah:

Pemilik : Indri Afril Riani

Pengurus : Asih (Ibu)

Dibantu dengan : 1 orang pegawai

b. Modal Usaha

Modal dasar usaha dan telah dikeluarkan sebesar Rp 1.000.000 (Satu juta rupiah) berupa keperluan peralatan usaha.

c. Surat-Surat Izin

Surat-surat izin dan referensi yang telah dimiliki dalam pembangunan usaha Sosis Bakar ini adalah:

* Kartu keluarga
* Kartu tanda penduduk (KTP)

2.4 Aspek Pemasaran

1. Produk dan Segmentasi Pasar

Usaha Sosis Bakar merupakan kegiatan menjual sosis ukuran kecil,dan sosis ukuran besar, dimana rate keuntungan dihitung berdasarkan permintaan dari konsumen. Sedangkan segmentasi pasar Sosis Bakar ini adalah para siswa/i dan masyarakat disekitar perumahan tersebut.

2. Permintaan Produk

Atas dasar hasil survey penjualan setiap harinya, diperkirakan efektifitas penjualan yaitu sekitar 40 tusuk sosis ukuran kecil perhari, dengan harga per tusuk Rp 6.000 , Rp 6.000 x 40 = Rp 2.400.000 dan 20 tusuk sosis ukuran besar perhari, dengan harga pertusuk Rp 9.000, Rp 9.000 x 20 = Rp 1.800.000 sehingga minimal omset masuk perbulan adalah Rp 7.200.000 + Rp 5.400.000 = Rp 12.600.000 perbulan.

2. Pesaing

Pada lokasi tersebut belum ada pedagang sosis lain, hanya ada para penjual jajanan yang lain – lainnya, pesaing yang ada berjarak 1 km, sehingga dianggap bukan pesaing.

3. Peluang

Berdasarkan ilustrasi sub bab permintaan dan pesaing diatas, maka besarnya proyeksi peluang usaha Sosis Bakar ini, dapat dilihat pada table dibawah ini.

4. Bulan Penjualan Omset / bulan

Bulan-1 80 % 3.600.000
Bulan-2 90% 4.050.000
Bulan-3 100% 4.500.000
Bulan-4 100% 4.500.000
Bulan-5 100% 4.500.000
Bulan-6 100% 4.500.000
Bulan-7 100% 4.500.000
Bulan-8 100% 4.500.000
Bulan-9 100% 4.500.000
Bulan-10 100% 4.500.000
Bulan-11 100% 4.500.000
Bulan-12 100% 4.500.000

A. Segmentasi, Targeting dan Positioning

a. Segmentasi

Yang menjadi segmen dari Sokar kami yang terutamanya adalah siswa/i dan remaja kota Jakarta Barat, ataupun masyarakat daerah lain pada umumnya. Yang senang dan suka menikmati enaknya Sosis Bakar yang kami telah olah menjadi makanan yang lezat dan sehat.

b. Targeting

Dan yang menjadi target market adalah siswa/i sekolahan dan remaja yang ada di daerah Jakarta Barat pada umumnya, ataupun kami akan memasarkan diluar daerah lainnya ataupun daerahnya yang berpenduduk lumayan banyak.

c. Positioning

Kami ingin menempatkan image atau cita rasa Sosis Bakar yang dipadukan dengan rasa bumbu yang bervariasi, yang dibenak konsumen sebagai Sosis Bakar yang enak dan lezat. Karena bahan – bahan pilihan yang sehat dan berkualitas, dengan rasanya yang lezat dengan harga yang pas. Dan konsumen yang mengkonsumsi Sosis bakar kami tidak akan menyesal karena rasanya yang enak dan lezat.

B. Permintaan

a. Perkembangan permintaan

Permintaan Sosis Bakar semakin meningkat seiring dengan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan bagi tubuh,

b. Prospek permintaan dimasa yang akan datang

Membanjirnya berbagai produk makanan siap saji yang serba instan dimasyarakat akan menyebabkan kondisi persaingan produk-produk yang berbahan pengawet.

c. Penawaran

Perkembangan penawaran disektor usaha Sosis Bakar mungkin masih terlihat relatif lemah, karena belum dikelola secara serius. Oleh karena itu agar usaha Sosis Bakar olahan kami menjadi lebih baik, perlu ditingkatkan penawaran.

C. Program Pemasaran

a. Produk

Produk utama kami adalah Sosis yang terbuat dari daging sapid an ayam yang disajikan dengan bumbu-bumbu pilihan dengan berbagai macam rasa bumbu yang bervariasi, yang menghasilkan rasa unik , sehingga mengeluarkan cita rasa yang membuat peminatnya ingin mencoba lagi.

b. Price (Harga)

Sosis Bakar dengan rasanya yang lezat tapi dengan harga masih terjangkau, terutama untuk kalangan siswa/i dan remaja menengah kebawah, yaitu dengan harga :

1. Sosis Ukuran Kecil @ Rp. 6.000,-
2. Sosis Ukuran Besar @ Rp. 9.000,-

c. Place (Tempat)

Lokasi yang strategis terletak di daerah Sekolahan SMK Negri 11 Jakarta Barat. Lokasi kami pun mudah dikunjungi dan kemungkinan konsumen dari hari ke hari akan meningkat atau bertambah.

d. Promosi

Kami melakukan promosi menggunakan spanduk, serta pemasangan iklan di media sosial seperti instagram, facebook, dan twitter yang di akses oleh banyak kalangan remaja saat ini.

2.4 Aspek Pemasaran

Periode yang digunakan 3 bulan :

1. Modal :

Kompor dan gas Rp 250.000,-
Meja dan Kursi Rp 300.000,-
Grill Rp 300.000,-
Kitchenware Rp 200.000,-
Tuppeware Rp 100.000,-
Total Rp 1.150.000,-

2. Biaya pengeluaran :

Bahan Baku dan Pendukung Rp 7.000.000,-
Gaji Pegawai (operasional) Rp 700.000,-
Operasional Rp 800.000,-
Sewa Tempat Rp 500.000,-
Penyusutan (2% Investasi) (bkn pengeluaran uang) Rp 23.000
Total Rp 9.000.000,-

3. Modal yang dibutuhkan

Modal Rp 1.150.000,-
Biaya Pengeluaran Rp 9.000.000,-
Total Rp 10.150.000,-

3. Biaya penyusutan

Kendaraan Rp 300.000,-
Rak Plastik Rp 100.000,-
Terpal Plastik Rp 250.000,-
Total Rp 550.000,-

4. Penjualan rata- rata per 3bulan

40 Sosis Ukuran kecil x @Rp 6.000 x 91 hari Rp 21.840.000,-
20 Sosis Ukuran Besar x @Rp 9.000 x 91 hari Rp 16.380.000,-
Total Rp 38.220.000,-

5. Biaya Operasional per 3 bulan

Biaya Pengeluaran Rp 9.000.000,-
Biaya Penyusutan Rp 550.000,-
Total Rp 9.550.000,-

6. Perhitungan Laba atau Rugi per 3 bulan

Penjualan Rp 38.220.000,-
Biaya operasional (Rp 9.550.000,-)
Total Rp 28.670.000,-
Dengan demikian laba yang diperoleh per 3 bulan dalam penjualan Sosis Bakar adalah sebesar Rp 28.670.000,-

7. CASH FLOW

Bulan 3 6 9 12
Penjualan Rp 38.220.000 Rp 42.042.000 Rp 48.348.300 Rp 48.348.300
Biaya Rp 9.550.000 Rp 10.505.000 Rp 12.080.750 Rp 12.080.750
Depresiasi Rp 550.000 Rp 550.000 Rp 550.000 Rp 550.000
EBT Rp 28.120.000 Rp 30.932.000 Rp 34.864.000 Rp 34.864.000
Tax (10%) Rp 2.812.000 Rp 3.932.000 Rp 3.486.400 Rp 3.486.400
EAT Rp 25.308.000 Rp 27.000.000 Rp 31.377.600 Rp 31.377.600
Depresiasi Rp 550.000 Rp 550.000 Rp 550.000 Rp 550.000
Proceed Rp 25.858.000 Rp 27.550.000 Rp 31.927.600 Rp 31.927.000

8. NPV dan Payback Period

Bulan Procced Disc Factor (12%) NPV Payback Period
0 -Rp 25.858.000 1 -Rp 25.858.000 -Rp 25.858.000
3 Rp 25.858.000 0,8929 Rp 23.088.608 -Rp 2.769.392
6 Rp 27.550.000 0,7972 Rp 21.962.860 Rp 2.817.748
9 Rp 31.927.600 0,7118 Rp 22.726.065 Rp 9.201.535
12 Rp 31.927.600 0,6355 Rp 20.289.989 Rp 11.637.611
Besarnya NPV Rp 62.209.522

BAB II
PENUTUP

1.Kesimpulan

Usaha sosis bakar tetap menjadi sebuah usaha tradisional kecil-kecilan yang berusaha bertahan ditengah maraknya berbagai usaha modern. Usaha Sosis Bakar ini bisa menjadi usaha yang mampu sukses dan berkembang jika terus dikelola dengan baik dan di kembangkan sesuai dengan perubahan masyarakat sekarang ini.

Oleh karena itu, walaupun usaha ini terbilang kecil – kecilan atau terlihat sederhana tetapi jika di jalankan dengan baik Usaha Sosis Bakar ini sangat layak untuk di perdagangkan, apalagi jika usaha ini di operasikan di tempat – tempat keramaian seperti sekolah atau perumahan maka dengan sendirinya konsumen akan singgah dan membeli jajanan di tempat usaha ini.

2. SARAN

Kami menyadari makalah obsevasi ini jauh dari sempurna, untuk itu kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak sangat kami harapkan demi untuk lebih baiknya di kemudian hari