Contoh Makalah Kewirausahaan Warnet (Lengkap)

Contoh Makalah Kewirausahaan Warnet

Contoh Makalah Kewirausahaan Warnet (Lengkap)

Makalahkita.com – Contoh Makalah Kewirausahaan Warnet (Lengkap) yang saya bagikan ini sebagai bahan informasi referensi dalam pembuatan makalah yang benar. Kembali ke tema pembahasan contoh makalah. Tujuan saya ingin membatu adik-adik atau rekan-rekan yang lain dalam menyelesaikan tugas makalah sekolah maupun tugas makalah kuliah. Seperti yang saya alami ketika mengenyam bangku pendidikan di beri tugas untuk membuat makalah, namun saya agak kesulitan karena waktu dulu saya cari referensi hanya dari buku dan itu pun terbatas. Untuk itu silahkan menikmati contoh makalah berikut ini.

Adapun untuk Ukuran Margin, Font, dan Spasi Makalah Yang Benar adalah Sebagai Berikut:

  1. Margin : Top 4, Left 4, Botton 3 dan Right 3 ( cm)
  2. Font : Times New Roman Ukuran 12
  3. Kertas : Size A4
  4. Spasi : 1.5

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR………………………………………………………………… ii

DAFTAR ISI……………………………………………………………………………. iii

BAB I PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang……………………………………………………………… 1

1.2 Rumusan Masalah………………………………………………………… 3

1.3  Tujuan Penulisan…………………………………………………………… 3

BAB II PEMBAHASAN

2.1. Pendirian dan Sistem Operasi Usaha “Khatijah Online”……… 4

2.2.  Lingkup Usaha “Khatijah Online”……………………………………. 7

2.3.  Tanggapan Masyarakat Terhadap Usaha “Khatijah Online”.. 8

2.4.  Opini Pribadi Dari Pendiri Usaha “Khatijah Online”………….. 9

2.5.  Langkah-langkah & Pengembangan Usaha “Khatijah Online” 11

BAB III PENUTUP

3.1  Kesimpulan………………………………………………………………… 16

3.2  Saran…………………………………………………………………………. 17

DAFTAR PUSTAKA……………………………………………………………….. 18

BAB I

PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang

Setiap orang pasti ingin menjadi bos di bisnis atau usahanya sendiri. Hanya orang-orang yang berpikiran sempitlah yang seumur hidup ingin menjadi orang gajian. Banyak sekali jalan menuju kesuksesan, salah satu diantaranya dengan membuat sebuah cikal-bakal bisnis yang diharapkan mampu mengembangkan daya kreativitas dan inovasi. Hal ini sangat membutuhkan keberanian yang luar biasa. Hanya orang bernyali besar-lah yang mampu meng-gelontorkan sejumlah dana demi sebuah harapan yang belum pasti. Bisnis adalah sebuah pembelajaran, dimana dibutuhkan analisa yang sangat dalam tentang prospek dan kelayakan dalam usaha itu. Oleh karena itu, bisnis itu harus dimulai sejak dini sehingga kita memiliki banyak waktu untuk dapat berpikir dan mengolah otak demi kesuksesan usaha tersebut.

Hampir setiap golongan masyarakat menggunakan teknologi internet, mulai dari pelajar, mahasiswa, orang tua, pejabat, dan berbagai lapisan masyarakat. Pengguna internet dari tahun ke tahun tidak pernah turun. Malah bisa dikatakan pengguna internet terus bertambah dari waktu ke waktu. Hal ini disebabkan oleh tingginya kebutuhan informasi yang diperlukan oleh masyarakat. Akan tetapi, bertambahnya kebutuhan masyarakat internet tidak dibarengi dengan bertambahnya sarana yang dimiliki masyarakat untuk mendapatkan akses internet. Masih banyak masyarakat yang cukup susah dalam mengakses internet yang sangat mereka butuhkan. Memang, masyarakat masih bisa mengakses internet melalui handphone. Namun, tidak semua handphone mendukung fasilitas internet. Fasilitas internet yang ada di handphone tentu juga sangat berbeda dan berada di bawah layanan internet melalui komputer. Oleh karena itu, saya mencoba memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam hal kemudahan mengakses internet yang cepat, dekat dan murah, terjangkau bagi semua golongan masyarakat.

Peluang usaha di depan mata, apa lagi saya seorang Mahasiswi yang sudah bukan jamannya lagi hanya bisa meminta uang kepada orang tua. Mahasiswi yang merupakan cerminan pemuda berpendidikan dengan julukan “Agent of Change” , maka dari itu saya harus bisa mandiri dengan menggunakan segala potensi yang ada untuk meraih cita-cita. Saya yakin tidak ada satupun Mahasiswa dan Mahasiswi  yang tidak membutuhkan komputer dan internet dewasa ini, komputer dan internet ibarat sudah menjadi barang kebutuhan pokok bagi para mahasiswa dan mahasiswi akan tetapi tidak semua dari mereka yang bisa memiliki komputer dan internet. Tidak hanya Mahasiswa melainkan  para pelajar dan pengajar bahkan masyarakat umum lainnya  membutuhkan komputer dan internet , hal ini karena kesadaran masyarakat Indonesia akan internet yang bersifat global sudah berkembang sangat pesat. oleh karena itu saya hadir untuk memenuhi kebutuhan mereka yang tidak memiliki kedua barang tersebut. tidak ada salahnya kalau saya memulainya sekarang, kuliah sambil mencari penghasilan, inilah yang melatarbelakangi  tekad  saya untuk membangun usaha rumah online.

1.2. Rumusan Masalah

1.2.1. Bagaimana pendirian dan sistem operasi usaha “Khatijah Online” ?

1.2.2. Bagaimana lingkup usaha “Khatijah Online”?

1.2.3. Bagaimana tanggapan masyarakat terhadap usaha “Khatijah Online”?

1.2.4. Bagaimana opini pribadi dari pendiri usaha “Khatijah Online”?

1.2.5. Bagaimana langkah-langkah & pengembangan usaha “Khatijah Online”?

1.3. Tujuan Penulisan

1.3.1. Untuk mengetahui dan mendeskripsikan pendirian dan sistem operasi dari “Khatijah Online”

1.3.2.  Untuk mengetahui dan mendeskripsikan lingkup usaha “Khatijah Online”

1.3.3.  Untuk mendeskripsikan tanggapan masyarakat terhadap “Khatijah Online”

1.3.4.  Untuk mendeskripsikan opini pribadi dari pendiri usaha “Khatijah Online”

1.3.5.  Untuk mendeskripsikan langkah-langkah & pengembangan usaha “Khatijah Online”

BAB II

PEMBAHASAN

2.1.  Pendirian dan Sistem Operasi Usaha “Khatijah Online”

Jenis usaha yang akan saya dirikan adalah sebuah warnet yang sangat terjangkau oleh masyarakat khususnya para pelajar dan mahasiswa. Warnet yang saya dirikan ini bernama “Khatijah Online” berhubung nama saya sendiri adalah Khatijah agar masyarakat lebih mudah mengingat dan bisa mengenal langsung siapa pemiliknya. Letaknya berada di Jl. Urip Sumoharjo No.24 Makassar. Berbekal potensi mengoperasikan sebuah komputer serta dukungan yang positif dari keluarga dan teman-teman.

Rencananya “Khatijah Online” akan beroperasi dari jam 09:00 – 21:00 Wita. Karna saya memiliki jadwal kuliah dimalam hari maka saya mengajak teman saya untuk ikut mengelola usaha ini dan bergantian melayani pelanggan, kegiatan operasional ini akan saya lakukan dirumah kontrakan tempat tinggal saya yang letaknya strategis berada dipusat keramaian dan dekat dari kawasan pendidikan seperti Universitas, SMP dan SMA/SMK. Sistem operasi yang akan digunakan adalah Windows XP Professional.

Jenis usaha yang direncanakan sesuai dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki adalah : Warnet, Digital Printing, Training Internet dan Website. disesuaikan dengan kebutuhan pasar dan anggaran yang tersedia. Target saya adalah setiap setahun menambah cabang usaha baru, walau tidak menutup kemungkinan pada bulan yang sama didirikan beberapa cabang usaha sekaligus.

2.1.1. Langkah-langkah awal yang akan saya lakukan dalam mendirikan usaha “Khatijah Online”.

a. Niat

Niat dalam hati karena Allah SWT. dengan membaca bismillah.

b. Pengoprasian dasar komputer

Menginstal Operasi System Komputer semisal Windows XP, Windows 7, Windows 8, Menginstal aplikasi atau software komputer yang nantinya digunakan untuk kebutuhan warnet,mengetahui problem apa saja yang terjadi pada perangkat komputer itu sendiri jika ada kerusakan.

c. Menentukan spesifikasi komputer

d. Estimasi dana

Perkirakan dana terlebih dahulu untuk membeli komputer dan keperluan warnet lainnya dengan menyesuaikan budget yang sudah ada. Sebisa mungkin saya usahakan bisa membeli komputer minimal 5 unit dengan nominal harga 2,5 juta per unitnya.
Dengan 5 unit komputer diharapkan bisa bertambah didasari ketekunan dan keseriusan belajar memprediksi perkembangan warnet ke depannya.

  1. Menyiapkan keperluan warnet

Selain Unit Komputer yang digunakan untuk warnet, saya juga menyiapkan keperluan warnet seperti : Modem, Kabel LAN, RJ45, Switch Hub, Billing dan Mikrotik

  1. Mengatur tempat komputer

Mengatur penempatan komputer yang akan dijadikan client atau server sehingga pengunjung yang datang merasa nyaman dan akhirnya betah berada di warnet.

  1. Menyiapkan makanan dan minuman ringan
  2. Menyiapkan printer, scanner dan aplikasi perkantoran
  3. Buat banner nama warnet “Khatijah Online”
  4. Berdo’a

PERHITUNGAN BIAYA PRODUKSI DAN LABA RUGI

  1. Perkiraan kebutuhan modal
1Komputer 5unit @Rp 3.000.000,- Rp     15.000.000
2Internet Access Sharing 1 unit @Rp 2.000.000,- Rp       2.000.000
3UPS 600 VA 1 unit @Rp 750.000,- Rp          750.000
4Modem US Robotic 1 unit @Rp 1.100.000,- Rp       1.100.000
5HUB 16 port @Rp 700.000,- Rp          700.000
6Kabel UTP RJ-45 50 meter @Rp 5.500,- Rp          275.000
7LAN Card 7 buah @Rp 150.000,- Rp       1.050.000
8Sound Card 7 buah @Rp 125.000,- Rp          875.000
9Biaya instalasi Server 1 unit @Rp 150.000,- Rp          150.000
10Biaya instalasi Client komputer 5 unit  @Rp 25.000 Rp          125.000
Total Rp     22.025.000
  1. Perkiraan biaya produksi (per bulan)
1Biaya Akses Internet Rp     4.500.000
2Pemeliharaan Rp        300.000
3Biaya ATK Rp        100.000
4Biaya Listrik Rp        500.000
TotalRp    5.400.000
  1. Perkiraan laba
Pendapatan Rp    7.000.000
Beban Rp    5.400.000
Total Rp    1.600.000

Perkiraan laba selama satu tahun adalah 12 x Rp 1.600.000 =Rp 19.200.000,-Dari laba tersebut akan digunakan untuk pengembangan usaha seperti penambahan komputer atau untuk meng-upgrade piranti-piranti yang ada maupun membeli peralatan pendukung yang lain serta memenuhi kebutuhan saya kedepannya.

2.2.  Lingkup Usaha “Khatijah Online”

Target pelanggan saya adalah pelajar dan mahasiwa disekitarnya. Merekamenggunakan internet untuk hiburan semata yang frekuensinya cukup tinggi. Umumnya mereka hanya membuka situs www.google.com dan social media Mereka juga memenuhi kebutuhan dalam hal printing dan scanning. biasanya pengguna dikenakan biaya per’jam atau lebih sesuai lama penggunaannya. Kami juga membantu para pengguna agar dapat memenuhi kebutuhannya akan internet apabila pengguna tersebut tidak memiliki koneksi internet dirumahnya.

Selain Mahasiswa dan para pelajar, target saya yang lain adalah pengajar bahkan masyarakat umum lainnya. Kebutuhan mereka yang memang harus dipenuhi untuk mendapatkan informasi yang lebih cepat, akurat dan terkini atau teraktual. Mulai dari berita tentang kehidupan, teknologi, ekonomi, sosial, politik, tips – tips menarik, jaringan sosial, sampai permainan yang dapat membunuh rasa bosan  dapat dinikmati melalui dunia internet.

2.3.  Tanggapan Masyarakat Terhadap Usaha “Khatijah Online”

Tanggapan Maysita Assahra sebagai seorang mahasiswa dengan adanya warnet sangat membantu dalam proses pembelajaran terutama dalam mencari materi-materi kuliah yang dibutuhkan sebagaimana tidak semua pembelajaran bisa saya dapatkan dikampus maka dari itu saya mendukung adanya warnet untuk melengkapi pengetahuan saya, sebagai mahasiswa saya juga lebih mudah mendapatkan pengembangan diri, lebih mengenal informasi, tempat untuk cari kerja, membangun relasi dari sosial network dan media penambah wawasan. Juga sangat membantu dalam hal print tugas-tugas kuliah. Hanya saja biasanya kita terbuai dengan sarana dan prasarana dari warnet tersebut sehingga muncullah Kemalasan (contoh : malas belajar bagi anak karena kecanduan game online), adanya pornografi bahkan ada juga kriminalitas.

Menurut Fransiska disebuah warnet saya bisa mendapatkan sumberinformasi, sumber hiburan, peluang kerja, peluang bisnis dan informasi yang luas. Anak-anak juga bisa mendapatkan referensi belajar dan arena bermain yang baru. Tapi wajib dipantau oleh orang tuanya agar anak tersebut terjauholeh hal-hal yang negatif dari warnet itu sendiri.

Pendapat Suyuti Abdullah  yang berprofesi sebagai guru sangat mendukung dengan adanya pembangunan warnet, dimana saya bisa lebih mudah mencari bahan studi yang interaktif, mengetahui perkembangan pendidikan dan yang paling penting menurut saya adalah kemudahan mendapatkan materi pembelajaran yang ter-update. Hanya saja terkadang kita terlalu keenakan dengan semua hal yang mudah diperoleh dari warnet sehingga mengakibatkan pengurangan kreatifitas anak bangsa dengan budi daya copy and paste karya orang lain.

Menurut Musdalifah yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga, dengan adanya warnet positifnya sangat membantu buat anak-anak saya misalnya dari segi pendidikan dalam mengerjakan tugas-tugas sekolahnya, juga membantu masyarakat lain yang tidak memiliki fasilitas seperti computer dan printer  dari sisi negatifnya terkadang anak-anak sangat mudah terpengaruh dengan link-link atau membrosing data yang kurang baik untuk perkembangannya, maka dari itu harus ada pemahaman yang diperoleh dari keluarga , karna keluargalah subyek yang penting dan bertanggungjawab terhadap anak begitu juga dengan pihak operator diwarnet agar membimbing anak-anak yang dating ke warnet, kalau bisa menggunakan CCTV.

2.4. Opini Pribadi Dari Pendiri Usaha “Khatijah Online”

Dengan semakin dekatnya era globalisasi / perdagangan bebas, dimana jarak tidak merupakan hambatan, komunikasi akan bisa dilakukan kapan saja, dimana saja, maka perlu suatu alat yang dapat mendukung kearah itu, salah satunya dengan internet. Internet merupakan sarana untuk dapat mengembangkan komunikasi dan transaksi dengan dunia luar, baik dengan dunia bisnis maupun mitra kerja. Disamping itu internet juga merupakan salah satu sarana praktek untuk memperkenalkan publik dengan dunia teknologi maju dan sebagai media untuk pengajaran. Internet bukan hanya membuka wawasan regional tetapi sudah go internasional dengan pulsa lokal, biarpun berkomunikasi dengan luar negeri. Disamping sebagai alat media bisa juga, surat menyurat (email), berbicara dengan orang lain (teleconference), dan saling tukar pikiran (chatting), maka sekarang ini sudah harus ada fasilitas tersebut yang biasa disebut dengan warnet.

Saya selaku calon pemilik warnet tidak hanya mencari untung, namun tetap memperhatikan dan memberikan perlindungan pada anak. InsyaAllah saya akan adakan asosiasi buat aturan sedemikian rupa sehingga bisa membatasi dampak negatif dari usaha ini. Saya tidak akan membiarkan anak-anak berjam-jam di warnet hingga kecanduan. Saya juga sengaja tidak menggunakan sofware untuk mendownload video – video sehingga para pengguna warnet tersebut tidak dapat mendownload video – video yang kurang baik.

Banyak yang tertolong dengan adanya warnet, namun ada juga yang mencibir dan memandang sebelah sebuah warnet. Ada yang mengatakan warnet hanyalah tempat yang kurang bermanfaat dan tempat yang berbahaya bagi banyak penggunanya. Sebenarnya hal – hal seperti ini yang akan saya antisipasi dan hanya bisa dikembalikan lagi kepada tanggung jawab para pengguna internet itu sendiri. Kedewasaan dan rasa tanggung jawab harus disadari dan dimiliki oleh pelanggan warnet agar tidak merugikan nama baik warnet. Karena, sebisa mungkin saya akan berusaha menghambat hal – hal yang nantinya akan berdampak negatif bagi para pengguna internet sehingga tidak akan terjadi hal – hal yang tidak diinginkan.
Ingat, kejahatan di dunia internet bukanlah kesalahan perkembangan atau kemuajuan teknologi atau “warnet” itu sendiri, melainkan akibat tangan usil dan jahil si ‘pengguna internet’ yang menyalah-artikan penggunaan internet itu sendiri.

2.5. Langkah-langkah dan Pengembangan Usaha “Khatijah Online”

2.5.1. Strategi yang akan saya jalankan pada usaha ini antara lain :

  1. Bekerja sama dengan pihak Perguruan Tinggi dalam rangka mengadakan kerja sama pelatihan komputer dan internet.
  2. Saya akan menjalankan kembali organisasi yang bergerak dibidang teknologi informasi yang akan menghimpun mahasiswa yang mempunyai keahlian dibidang komputer. Dengan strategi ini, kami menargetkan bisa mendapatkan tenaga freelancer untuk mempromosikan bisnis ini, aset untuk tenaga pengajar dan dapat mengerjakan proyek-proyek IT.
  3. Saya akan menyediakan situs-situs yang menarik bagi pengunjung, dan akan merekomendasikan kepada mereka.Kebanyakan pelanggan datang ke warnet karena ingin mencari suatu informasi tetapi banyak pula yang cuma iseng ingin sekedar menghibur diri, maka dari itu berbagai macam situs unik akan saya tampilkan untuk mereka
  4. Banyak pula pelanggan warnet yang hobi bermain game, nah ini saya akan jadikan target pemasaran dengan mencari game-game multiplayer baik yang online maupun yang lokal.
  5. Kebanyakan pelanggan warnet adalah pelajar dan mahasiswa, biasanya mereka ke warnet setelah selesai sekolah atau kuliah, dan biasanya mereka malas untuk makan atau minum dulu di kantin, untuk itu saya akan menyediakan makanan dan minuman ringan. Jadi bila pengunjung warnet ingin membeli makanan atau minuman mereka tidak perlu jauh-jauh dari warnet dan bisa menghemat waktu mereka serta menambah kocek tentunya.
  6. Saya juga akan menyediakan flashdisk dan memberikan kebebasan untuk menggunakannya agar pelanggan merasa terpenuhi kebutuhannya
  7. Saya akan menggunakan software billing dengan feature-feature yang menarik, seperti bisa menyimpan data pelanggan. Begitu juga dengan software proxy, saya akan menggunakan software proxy yang handal.
  8. Tidak lupa pula saya menambah fasilitas-fasilitas bagi pelanggan seperti headphone, kamera web, microphone, dll.
  9. Saya juga akan menyediakan tempat yang nyaman, akses, santun dan ramah terhadap pelanggan serta komunikasi, keamanan dan kredibilitas.
  10. Mutu produk menggunakan computer pentium4 baru, akses cepat, hedset, webcam, microphone , ruangan computer sangat luas dan dikemas dengan gaya anak muda
  11. Harga satuan Rp 3.000,-/jam. Paket 1 (2jam5.000),Paket 2 (4 Jam Rp 10.000) dst. Print WB Rp500/lembar, Color Rp 1000/lembar dan pembayaran melalui operator secara cash
  12. Akan mengadakan member bagi pelanggan yang sering berkunjung dan melakukan promosi melalui media BTL berupa brosur dan pemasangan banner didepan warnet.

2.5.2. Keunggulan saya untuk membangun usaha warnet antara lain :

  1. Semua instalasi software, jaringan LAN, router dan proxy server dapat saya lakukan sendiri, dengan demikian tidak perlu menganggarkan dana untuk jasa daripihak ketiga.
  2. Alhamdulillah saya sudah berpengalaman memberikan bantuan jasa konsultasi dan pekerjaan teknis untuk pendirian warnet.
  3. Saya juga sudah sangat sering mengadakan pelatihan internet dan website kepada pelajar dan mahasiswa serta bekerja sama dengan organsasi ekskul sekolah atau senat mahasiswa.

2.5.3.Solusi saya untuk beberapa pihak yang penting untuk mencegah dampak negative dari warnet

  1. Bagi Orangtua

Harus mengawasi, membatasi, mengarahkan sehingga anak mempunyai pemahaman apa yang boleh diakses dan apa yang tidak boleh diakses anak di bilik-bilik warnet. Bila perlu sekali-kali temani anak bermain atau pantau anak bermain. Dimana biasa bermain, sama siapa, dan titip pengawasan anak sama operator warnet. Boleh anak main game online asal jangan sampai kecanduan karena akan merusak, melupakan kewajiban anak yang lain. Batasi waktu yang diberikan kepada anak.

  1. Bagi Guru

Memberikan pendidikan dan arahan tentang bagaimana mengakses internet yang sehat. Selain guru di sekolah, internet juga merupakan sumber referensi berbagai ilmu pengetahuan. Bermain game hanya sekadar menghibur disela tugas sebagai pelajar. Orientasi anak tetap giat belajar menuntut ilmu. Bila saat ini banyak tugas kepada siswa yang mengharuskan anak masuk warnet, maka berikan tugas yang benar-benar memuaskankan rasa ingin tahunya terhadap ilmu pengetahuan. Tidak bisa kita nafikkan, bahwa mencari informasi apa saja sangat gampang dan cepat dengan internet.

  1. Bagi Masyarakat

Bisa memberikan perlindungan kepada anak dengan ikut mengawasi dan memberikan arahan. Jangan sampai ada anak yang berjam-jam hingga larut berada di warnet. Bila ada anak atau remaja yang kedapatan mencuri misalnya, masyarakat jangan main hakim sendiri. Panggil orangtua dan lakukan pengawasan bersama.

  1. Bagi Pemerintah

Izin warnet yang diberikan harus disertai dengan pengawasan dan aturan yang diperlukan. Ada edaran untuk membatasi anak-anak bermain di warnet. Bila perlu, saat malam, anak dilarang masuk ke warnet sama sekali. Banyak yang mengusulkan sudah perlunya perda pengaturan warnet. Terlepas dalam bentuk apa, yang penting adalah bagaimana mengatasi kecanduan anak bermain di warnet dan meminimalisir dampak negatif yang ditimbulkannya.

Diantara semua itu, peran orangtualah yang paling penting dan dominan. Orangtua merupakan pengasuh dan pendidik utama bagi anak. Keluargalah benteng pertahanan bagi anak dari segala bentuk pengaruh lingkungan, internet dan IT.

BAB III

PENUTUP

3.1. Kesimpulan

Usaha yang didirikan atas dasar pemanfaatan bagi orang disekelilingnya akan lebih bermanfaat dan langgeng bila dibandingkan dengan usaha yang hanya mementingkan keuntungan pribadi tanpa memikirkan kepentingan orang yang ada disekitarnya. Sebuah usaha yang dimulai dari nol ini kiranya dapat dijadikan acuan atau pedoman anda dalam berusaha bahwa selebat apapun hambatan atau halangan anda dalam berusaha / berwirausaha, yakinlah bahwa anda mampu dan percaya anda bisa melakukannya dan bisa menjalankan usaha dengan baik dan dapat bermanfaat bagi orang-orang yang berada di sekeliling anda. Keterbatasan yang anda miliki bukan suatu halangan yang berarti apabila kita dapat mewujudkan sebuah usaha yang nantinya akan menjadi penggagas pertama.

Demikian proposal yang saya buat semoga langkah yang saya ambil dalam usaha ini dapat turut andil dalam mencerdaskan bangsa dan memberikan lapangan pekerjaan serta memajukan ekonomi Indonesia. Makalah ini juga dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi pihak instansi terkait untuk memberikan bantuan dana serta bimbingan teknis dalam pengelolaan warnet nantinya.

Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberkati kita semua. Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih banyak, dan mohon maaf bila terdapat banyak kesalahan dalam makalah ini.

3.2.  Saran

Untuk dapat membuat usaha sendiri kita tidak harus memiliki kemampuan khusus dan harus mencari lapangan pekerjaan tetapi kita harus dapat melihat peluang usaha yang masih terbuka lebar. Untuk membuka usaha juga tidak harus mempunyai modal yang besar dan takut akan kekurangan modal karna saat ini kita sudah dapat membuat pinjaman/kredit kepada lembaga keuangan. Keyakinan, keuletan dan sebuah kesabaran adalah modal utama dalam berwirausaha. Mari menjadi pembuka lapangan pekerjaan dan bukan pencari pekerjaan.

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Contoh Makalah Akhlak Terpuji dan Akhlak Tercela
  2. Makalah Tentang Penyalahgunaan Narkoba di Indonesia

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*