Contoh Makalah Mangpaat Tomat Bagi Kesehatan Yang Benar Lengkap

Contoh Makalah Mangpaat Tomat Bagi Kesehatan

Contoh Makalah Mangpaat Tomat Bagi Kesehatan Yang Benar Lengkap

MakalahkitaContoh Makalah Mangpaat Tomat Bagi Kesehatan Yang Benar Lengkap yang saya bagikan ini sebagai bahan informasi referensi dalam pembuatan makalah yang benar. Kembali ke tema pembahasan contoh makalah. Tujuan saya ingin membatu adik-adik atau rekan-rekan yang lain dalam menyelesaikan tugas makalah sekolah maupun tugas makalah kuliah. Seperti yang saya alami ketika mengenyam bangku pendidikan di beri tugas untuk membuat makalah, namun saya agak kesulitan karena waktu dulu saya cari referensi hanya dari buku dan itu pun terbatas. Untuk itu silahkan menikmati contoh makalah berikut ini.

Adapun untuk Ukuran Margin, Font, dan Spasi Makalah Yang Benar adalah Sebagai Berikut:

  1. Margin : Top 4, Left 4, Botton 3 dan Right 3 ( cm)
  2. Font : Times New Roman Ukuran 12
  3. Kertas : Size A4
  4. Spasi : 1.5

Makalahkita.com sebagai bahan referensi kebutuhan karya tulis makalah pendidikan, ekonomi, islam, filsafat, agama, bahasa indonesia, biologi, hukum, kesehatan, kewarganegaraan, kewirausahaan, olahraga, sains, sejarah dan tips makalah.

BAB I

PENDAHULUAN

1.i.  LATAR BELAKANG

Setiap jenis dan varietas bauh mempunyai warna, rasa, aroma dan kekerasan yang berbeda-beda sehingga sebagai bahan pangan buah dapat menambah variasi makanan. Ditinjau dari nilai gizinya, buah mempunyai arti penting sebagai sumber mineral dan vitamin yang antara lain vitamin A dan C.

Tomat merupakan jenis buah-buahan yang tergolong dalam sayuran. Kebiasaan penggunannya menjadiakan tomat termasuk dalam jenis ini. Dari segi ekonomis tomat merupakan buah yang terjangkau dan mudah diperoleh dipasaran. Keberadaannya menjadikan tomat banyak dikonsumsi masyarakat, akan tetapi masyarakat terutama yang awam tidak mengetahui fakta-fakta tentang tomat, maka dari itu dalam makalah ini dibahas informasi mengenai kegunaan-kegunaan tomat terutama untuk kesehatan.

2.i.  RUMUSAN MASALAH

  1. Apakah zat yang terkandung dalam tomat?
  2. Apakah manfaat tomat untuk kesehatan tubuh?

3.i.  TUJUAN

  1. Untuk mengetahui informasi mengenai kandungan zat dalam tomat.
  2. Untuk mengetahui manfaat-manfaat tomat bagi kesehatan tubuh.
  3. Untuk mengetahui klasifikasi tomat.

BAB II

PEMBAHASAN

1.ii.Diskripsi Tomat

Lycopersium licopersium biasa dikenal dengan nama tomat, tumbuh di Amerika Tengah, Amerika Selatan, Eropa, Asia. Menurut Satria Putra, (2013:230) tanaman tomat berasal dari Amerika tropis. Tanaman ini tidak tahan hujan, sinar matahari terik, hidup di tanah yang gembur dan subur, tumbuh bersandar pada tanaman lain dengan tinggi 0,5-2,5 m, bercabang banyak, berambut dan berbau kuat.

Sebagian sentra penanaman tomat berada di daerah dengan kisaran ketinggian 1.000-1.250 meter di atas permukaan laut.

  • Taksonomi

Secara taksonomi tomat termasuk dalam klasifikasi sebagai berikut :

  1. Kingdom : Plantae
  2. Divisi : Spermatophyta
  3. Subdivisi : Angiospermae
  4. Klas : Dicotylodenae
  5. Ordo : Tubiflorae
  6. Sub ordo : Myrtales
  7. Famili : Solanaceae
  8. Genus : Lycopersium
  9. Spesies :Lycopersicon esculentum Mill. Sinonim Lycopersium licopersium.

Kuntum bunganya terdiri dari lima helai daun kelopak dan lima mahkota. Daun tomat berwarna hijau dan berbulu. Bunga tanaman tomat berwarna kuning. Buahnya berbentuk bulat, bulat lonjong, bulat pipih, atau oval. Buah yang masih muda berwarna hijau muda sampai hijau tua. Sementara itu, buah yang sudah tua berwarna merah cerah atau gelap, merah kekuning-kuningan, atau merah kehitaman. R. mucthadi, (2013:181) pigmen karotenoid yang terdapat pada buah misalnya likopen yang terdapat pada buah tomat, semangka dan papaya, akan memberikan warna merah. Buahnya memiliki daging buah yang lembut, lunak, dan kadangkadang banyak mengandung biji. Buah tomat memiliki rasa manis, asam, dan sedikit dingin. Buah tomat memiliki beberapa varietas. Buah tomat menurut bentuknya, dapat digolongkan menjadi: Tomat Cherry (Lycopersicon esculentum Mill, var. Cerasiforme (Dun) Alef), bentuknya seperti kelengkeng. Tomat Tegak (Lycopersicon esculentum Mill, var.validim Bailey) Tomat Kentang atau Tomat Daun Lebar (Lycopersicon esculentum Mill, var.grandifolium Bailey); Tomat Apel atau Pir (Lycopersicon esculentum Mill, var.pyriforme Alef). Tomat Biasa (Lycopersicon esculentum Mill, var.commune).

2.ii.Kandungan Kimia

Menurut Satria Putra, (2013:229) nilai nutrisi per 100 gram tomat dapat dilihat di table di bawah ini.

KOMPONENKADAR
Energi18 kkal
Protein1 gr
Lemak0,2 gr
Karbohidrat4 gr
Vitamin C13 mg
Air95 gr
Diet Serat                        1gr
Gula2,6gr

Kandungan lainnya: likopen, saponin, solanin dan histamin.

3.ii.Manfaat Tomat

Banyak khasiat tomat untuk kesehatan tubuh diantaranya :

  1. Menangkal radikal bebas.

Tomat d mempunyai kandungan Lycopene, yaitu semacam anti oksidan yang sangat berguna untuk menghancurkan radikal bebas akibat polusi kendaraan, asap rokok dan zat berbahaya lainnya yang masuk ke dalam tubuh. Lycopene juga diketahui berperan aktif dalam mencegah rusaknya sel yang bisa mengakibatkan kanker, seperti kanker prostat, kanker mulut rahim dan sebagainya.

  1. Mengurangi risiko serangan jantung.

Buah tomat juga bisa menurunkan resiko terkena gangguan maupun penyakit jantung, karena buah tomat dipercaya mampu mencegah penggumpalan darah sehingga aliran darah pada tubuh bisa lancar.

  1. Menghambat pertumbuhan sel kanker.

Sel kanker mampu dihambat disebabkan kandungan likopen tinggi. kandungan likopen tinggi setelah dimasak. Bogadenta, (2012:87)  tomat yang dimasak memiliki antioksidan dengan konsentrasi paling tinggi.

  1. Mencegah penuaan dini.

Tomat ampuh berperan dalam menghambat penuaan dini pada kulit, hal ini mamapu dibuktikan dengan adanya eksperimen-eksperimen. Bogadenta, (2012:87) sebuah eksperimen dilakukan pada dua puluh relawan. Sepuluh dari mereka, setiap hari diberi 55 g pasta tomat dan 10 g minyak zaitun, sementara sepuluh peserta lainnya hanya diberikan minyak zaitun. Dalam jangka waktu tiga bulan, kulit peserta yang mangonsumsi tomat memperlihatkan bahwa kulit mereka terlindungi dari sinar ultraviolet yang berbahaya sebesar 33%. Selain itu, mereka juga memiliki tingkat procollagen yang lebih tinggi, sehingga kulit tetap kenyal danawet muda. Dalam percobaan Lesley Rhodes, seorang ahli penyakit kulit di University of Manchester, tomat dapat mendorong secara mencolok tingkat procollagen di kulit. Peningkatan ini menunjukkan potensi pembalikan proses penuaan kulit. Dengan kata lain, likopen terbukti efektif sebagai zat antioksidan dalam mencegah proses penuaan dini.

  1. Menjaga kesehatan mata.

Tingginya kadar vitamin A pada tomat sangat bermanfaat untuk kesehatan mata. Bila rutin mengkonsumsi buah tomat, baik dimakan langsung atau dijadikan minuman jus, penglihatan terus terjaga dan tidak mudah rabun sampai tua.

  1. Mengobati jerawat.

Jerawat merupakan masalah kulit yang biasa di hadapi oleh sebagian besar remaja saat ini. Banyak pilihan pengobatan yang dilakukan, terutama obat-obat sintetis yang memiliki efek samping misalnya terjadi kanker kulit. Namun salah satu alternatif lain yang ampuh mengobatinya adalah dengan buah tomat. Menurut Bogadenta, (2012:88) zat likopen dalam tomat ini bersifat antiinflamasi, yaitu dapat menyembuhkan luka dan jerawat. 

BAB III

PENUTUP

1.Kesimpulan

  1. Tomat merupakan bauh dengan manfaat yang banyak, tomat diperlukan tubuh .
  2. Tomat memiliki kandungan gizi yang cukup banyak.

2. Saran

  1. Kita sebagai umat beragama sebaiknya menjaga dengan baik apa yang di anugrahkan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Karena segala ciptaannya pasti ada banyak manfaat yang terkandung di dalamnya seperti buah tomat itu sendiri yang sangat banyak mempunyai manfaat.
  2. Sudah seharusnya kita mengonsumsi tomat sebagai buah yang selalu ada dalam menu

makanan sehari-hari disebabkan kandungan zat gizinya yang sangat banyak.

DAFTAR PUSTAKA

  • Bogadenta, Aryo. 2012. Antisipasi Penuaan Dini dengan Kesaktian Ramuan Herbal.
  • Jogjakarta: Buku Biru.
  • Muchtadi, Tien R, dkk. 2013. Ilmu Pengetahuan Bahan Pangan. Bandung: Alfabeta.
  • Putra, Winkanda Satria. 2013. 68 Buah Ajaib Penangkal Penyakit. Jogjakarta: Katahati.