Contoh Makalah Membaca Peluang Bisnis (Kewirausahaan)

Contoh Makalah Membaca Peluang Bisnis

Contoh Makalah Membaca Peluang Bisnis (Kewirausahaan)

Makalahkita.com – Contoh Makalah Membaca Peluang Bisnis (Kewirausahaan) yang saya bagikan ini sebagai bahan informasi referensi dalam pembuatan makalah yang benar. Kembali ke tema pembahasan contoh makalah. Tujuan saya ingin membatu adik-adik atau rekan-rekan yang lain dalam menyelesaikan tugas makalah sekolah maupun tugas makalah kuliah. Seperti yang saya alami ketika mengenyam bangku pendidikan di beri tugas untuk membuat makalah, namun saya agak kesulitan karena waktu dulu saya cari referensi hanya dari buku dan itu pun terbatas. Untuk itu silahkan menikmati contoh makalah berikut ini.

Adapun untuk Ukuran Margin, Font, dan Spasi Makalah Yang Benar adalah Sebagai Berikut:

  1. Margin : Top 4, Left 4, Botton 3 dan Right 3 ( cm)
  2. Font : Times New Roman Ukuran 12
  3. Kertas : Size A4
  4. Spasi : 1.5

Daftar Isi

Cover ………………………………………………………………………………….              i

Kata Pengantar ……………………………………………………………………            ii

Daftar Isi ……………………………………………………………………………..              iii

BAB I PENDAHULUAN

          Latar Belakang……………………………………………………………..           1

          Ruang Lingkup …………………………………………………………….           2

          Rumusan Masalah ………………………………………………………..          2

BAB II PEMBAHASAN

          Pengertian Peluang Usaha ……………………………………………        3        

          Unsur unsur Peluang Usaha Baru ………………………………          3

          Masalah Dan Solusi ………………………………………………….               9

          Manfaat Berwirausaha ………………………………………………              12

          Tips Menentukan alternatif pilihan bisnis …………………..          12

BAB III PENUTUP

          Kesimpulan …………………………………………………………………            17

          Saran …………………………………………………………………………..             18

BAB I

PENDAHULUAN

1.Latar Belakang

Peluang usaha adalah suatu kejadian dimana sesorang atau sekelompok mendaptkan suatu kesempatan untuk menjalankan suatu usaha atau bisnis.

Sebuah peluang usaha itu, esensinya adalah asas manfaat. Semua kondisi yang di tawarkan kepada anda, adalah penawaran terhadap sebuah aktifitas bisnis yang pantas untuk anda geluti dan tentu saja bisa memberikan keuntungan yang luar biasa kepada anda.

Jika peluang usaha yang dimaksud benar-benar di manfaatkan dan di kemas sedemikian rupa sehingga bisa memberikan manfaat yang di harapkan.

Perlu juga di garis bawahi, bahwa peluang usaha baru adalah sebuah ruang kreasi yang independent dan mandiri. Dan bukanlah sebuah kegiatan yang ikut-ikutan demi mengikuti sebuah trend dan gaya hidup semata.

Seorang wirausahawan harus memiliki pemikiran kreatif dan inovatif untuk mendapatkan hasil yang maksimal supaya tidak ada kendala dalam membuka usaha dan pemilihan bisnis yang tepat dengan modal yang dimiliki oleh calon wirausahawan.

Banyak peluang yang di siasiakan, sehingga berlalu begitu saja karena tidak semua orang dapat melihat peluang dan yang melihatpun belum tentu berani memanfaatkan peluang tersebut. hanya seorang wirausahawan yang dapat berpikir kriatif serta berani mengambil risiko itulah yang dengan tanggap dan cepat memanfaatkan peluang.

Peluang usaha yang telah di ambil tentu akan memiliki konsekuensi bagi pengambil keputusan. jika berhasil dapat dikatakan mendapat keuntungan, namun jika gagal maka itu bagian dari resiko yang harus di hadapi. Namun demikian, hal itu dapat dijadikan pengalaman yang sangat berharga.

2. Ruang Lingkup

Dalam makalah kewirausahaan ini mencakup semua spek dalam hal berniaga, karena semua wira usaha dituntut untuk dapat mengendalikan pasar dan meciptakan pasar baru untuk suatu produk yang ia kerjakan.

Pemikiran untuk membuka usaha yang baru atau menciptakan pasar baru menjadi tujuan utama bagi seorang wirausahawan yang ingin memulai usahanya.

3. Rumusan Masalah

  1. Cara Membaca Peluang Bisnis
  2. Membuka Peluang Bisnis
  3. Menentukan bisnis yang akan dijalankan
  4. Menjalankan Bisnis

BAB II

PEMBAHASAN

1.Pengertian Peluang Usaha

Peluang usaha adalah kesempatan atau waktu yang tepat yang seharusnya di ambil atau dimanfaatkan bagi seseorang wirausahawan mendapat keuntungan. banyak peluang yang di siasiakan, sehingga berlalu begitu saja karena tidak semua orang dapat melihat peluang dan yang melihatpun belum tentu berani memanfaatkan peluang tersebut. hanya seorang wirausahawan yang dapat berpikir kriatif serta berani mengambil risiko itulah yang dengan tanggap dan cepat memanfaatkan peluang.Peluang usaha yang telah di ambil tentu akan memiliki konsekuensi bagi pengambil keputusan. jika berhasil dapat dikatakan mendapat keuntungan, namun jika gagal maka itu bagian dari resiko yang harus di hadapi. Namun demikian, hal itu dapat dijadikan pengalaman yang sangat berharga.

2. Unsur unsur Peluang Usaha Baru

Sebelum memulai sebuah usaha, seorang wirausahaan haruslah memperhatikan beberapa hal. Hal-hal tersebut diantaranya adalah:

  1. Lihat karakter usaha Anda dan sesuaikan dengan karakter pribadi Anda

Anda perlu mengenali karakter bidang usaha Anda. Tujuannya adalah untuk melihat apakah karakter dasar Anda sesuai dengan karakter usaha Anda.

  1. Lihat apakah Anda menyukai usaha tersebut

Merupakan syarat mutlak bahwa seseorang harus menyukai usaha yang akan digelutinya. Kenyataan menunjukkan bahwa rasa suka pada usaha akan membuat seseorang lebih giat, tekun, dan pantang menyerah dalammenjalankannya sehingga nantinya akan membuahkan hasil yang baik. Disini, memulai usaha dari hobi bisa menjadi pertimbangan Anda. Karena hobi biasanya merupakan suatu hal yang disukai, maka hobi bisa berpotensi menjadi usaha yang berhasil. Tentunya dengan berbagai tambahan analisa lainnya.

  1. Lihat apakah Anda mampu menjalankan usaha tersebut

Sangat penting bagi kita untuk mengukur kemampuan diri dengan tujuan untuk melihat apakah kita mampu menjalankan usaha tersebut. Kita bias mengukur kemampuan kita dengan mengadakan beberapa analisa atau riset sederhana mengenai usaha tersebut, kemudian hasilnya dibandingkan dengan kemampuan kita.

Selain dari Unsur unsur diatas terdapat pula beberapa unsur dalam peluang usaha baru yaitu :

  1. Kebutuhan akan sumber penemuan

Sebelum memulai sebuah usaha, ada baiknya kita melakukan pengamatan tentang kebutuhan pasar terhadap produk yang akan kita geluti. Pengamatan ini sangat berguna bagi panjang atau tidaknya umur usaha yang akan digeluti.

  1. Membuat inovasi baru

Hal yang sangat dan selalu perlu dilakukan oleh seorang wirausaha adalah melakukan inovasi yang dapat dilakukan untuk sebuah produk yang akan dijalani.

  1. Sesuai keahlian

Usaha yang dilakukan berdasarkan keahlian yang dimiliki hasilnya akan lebih memuaskan seorang usahawan.

  1. Menyesuaikan dengan kebutuhan sekitar

Menyesuaikan kondisi usaha yang akan dijalani dengan kebutuhan sekitar akan berpengaruh pada permintaan pasar, khususnya pasar-pasar terdekat yang mudah digapai.

  1. Memanfaatkan koneksi dan relasi

Koneksi dan relasi yang kita miliki juga sangat berguna, baik dalam hal promosi maupun pengembangan usaha.

  1. Mengamati kecenderungan-kecenderungan

Melakukan pengamatan terhadap kecenderungan-kecenderungan yang terjadi pada pasar juga akan sangat membantu untuk memperbaiki kegiatan usaha yang baru saja dimulai.

  1. Mengamati kekurangan-kekurangan produk dan jasa yang ada

Pengamatan terhadap produk atau jasa juga adalah hal terpenting yang harus dilakukan oleh usahawan agar kekurangan pada produk atau jasa yang dihasilkan dapat diperbaiki. Sehingga hasil yang memuaskan dapat dihasilkan.

  1. Pemanfaat produk dari perusahaan lain

Memanfaatkan produk dari perusahaan lain juga dapat dilakukan untuk menjadi bahan pembantu dalam produk atau jasa yang dihasilkan.

  1. Usaha Warisan

Sebuah usaha juga dapat merupakan sebuah usaha yang dilakukan secara turun temurun.

  1. Ikut-ikutan

Sebuah usaha yang ditekuni oleh seorang usahawan juga dapat merupakan joinan bersama partner. Atau usaha yang diajak oleh partner lainnya untuk menekuninya bersama-sama.

  1. Coba-coba

Usaha juga dapat ditemui dengan coba-coba pada mulanya.

3. Tips bagaimana caranya mencari sebuah ide peluang usaha.

Tips 1 .

Cari peluang usaha dengan bantuan mbah Google

Semakin banyak blog atau website termasuk punya saya ini yang mengulas berbagai macam peluang usaha yang bisa dilakukan baik moda kecil sampai modal yang cukup besar, silakan cari informasinya dari berbagai macam sumber yang ada di internet, saring dan coba perhatikan apakah bisa anda lakukan saat ini dengan modal tenaga pikiran dan finansial anda sekarang.

Tips 2 .

Membaca Peluang Usaha dengan bermain ke Toko Buku

Tidak dipungkiri lagi bahwa buku salah satu jendela ilmu yang bisa memuat berbagai informasi yang ditulis oleh seseorang. Saat ini sudah banyak buku yang temanya tentang kewirausahaan, berbisnis dan menangkap berbagai peluang usaha yang dengan mudah biasanya dapat kita lakukan. Cobalah maen ke toko buku dan biasanya ada buku yang suda dibuka segelnya sehingga anda bisa membaca terebih dahulu seblum membelinya. Manfaatkan kiat ini untuk menambah wawasan kita mengenai berbagai peluang usaha yang kemungkinan ada disekitar kita.

Tips 3.

Gali Peluang Usaha dari para pelaku Coba perhatikan dilingkungan anda apakah ada seorang wirausahawan yang sukses?

Setidaknya bisnisnya jalan kontinyu dan lancar, atau bahkan yang jatuh bangun merintis usaha dan belum berhasil juga. Manfaatkan kesempatan tersebut untuk menggali ilmu usaha bisnis mereka entah itu kesuksesan atau bahkan kegagalan yang mereka alami. Anda tidak harus bertanya detail mengenai seluk beluk bisnis mereka karenabiasanya mereka jarang membukanya,  namun cobalah mendengarkan dan bertanya tentang kiat kiat merintis, menjalankan sampai bertahan dari terpaan kegagalan ditengah menjalankan usaha bisnis mereka. Ini salah satu metode untuk menggali dan menimbulkan rasa semangat anda dalam mencari peluang usaha nantinya.

Tips 4.

Analisa Ketiganya,

Jika ketiga metode diatas pernah anda lakukan setidaknya satu saja dari ketiga hal tersebut, sebaiknya anda harus menganalisanya terlebih dahulu tidak langusng ditelan mentah mentah dalam artian, sesuaikan juga dengan kemampuan anda secara modal finansial dan juga tenaga serta pikiran anda. Peluang usaha mungkin akan banyak anda jumpai namun belum tentu semuanya cocok bukan? perhatikan dan saring baik baik berbagai jenis peluang usaha tersebut dan manfaatkan kesempatan dengan sebaik baiknya. Selain itu kembangkan juga setiap peluang usaha yang anda temukan dengan berbagai ide kreatif, misalnya berjualan pulsa tidak seperti biasanya tapi dengan cara berbeda seperti yang ada di blog ini. Kreatifitas akan mengantarkan sebuah peluang usaha menjadi usaha bisnis yang lain daripada yang lain tampil lebih unik dan tampil beda tentunya.

2. Masalah dan Solusi

Setiap usaha yang akan baru dibangun pastinya akan memiliki berbagai jenis masalah. Dan setiap masalah yang ada juga terdapat solusi yang ditawarkan. Berikut pembahasan mengenai masalah dan solusi bagi sebuah usaha baru.

  • Masalah

Masalah dalam Peluang Usaha Baru adalah sebagai berikut:

  • Kurangnya obyektivitas
  • Kurangnya kedekatan dengan pasar
  • Pemahaman kebutuhan teknis yang tidak memadai
  • Diabaikannya kebutuhan financial
  • Kurangnya diferensiasi produk
  • Pemahaman terhadap masalah-masalah hukum yang tidak memada

Selain masalah masalah diatas terdapat pula beberapa masalah dalam memulai usaha baru yang biasanya menjadi bahan pertimbangan calon wirausahawan :

  1. Modal

Biasanya orang yang hendak mulai usaha selalu mengkambinghitamkan modal. “Modalnya dari mana?” Padahal, ada banyak cara mendapatkan modal. Dan lagi modal itu tidak melulu soal uang, modal itu juga bisa berupa ide, berupa tenaga, dan lainnya.

Beberapa masalah yang sering ditemui dalam pencarian modal antara lain :

  1. Kurangnya ketajaman bisnis (misal : tidak jeli melihat peluang, tidak dapat mengadaptasi masalah dengan baik)
  2. Kurangnya pengalaman bisnis
  3. Harus dapat mengidentifikasi lebih dahulu kebutuhan modal (baik secara finansial maupun berupa mesin)
  4. Harus ada proyeksi laba dan proyeksi mengenai tingkat pengembalian investasi
  5. Harus ada identifikasi tujuan dari penggunaan modal usaha

Masalah yang berkaitan dengan kesulitan yang biasanya dihadapi wirausahawan antara lain :

  • Kinerja atau konsep perusahaan yang meragukan
  • Kegagalan perusahaan untuk menindaklanjuti
  • Kurangnya pengalaman dan ketajaman bisnis
  • Preferensi dari pemodal
  • Kurangnya hubungan dengan sumber-sumber modal
  1.  Menunda mulai bisnis

Sering kan anda dengar “Wah usaha itu seperti yang sudah saya pikirkan satu tahun lalu. Tapi sayangnya saya tak segera mengeksekusinya.”

  1. Sepi pelanggan

Saat bisnis sudah mulai, pembeli atau pelanggan tidak kunjung datang. Ini merupakan masalah bisnis yang serius yang kerap dialami pebisnis pemula.

  1. Kesulitan meningkatkan penjualan

Mungkin bisnis bisa berjalan, tapi untuk meningkatkannya kesulitan. Sulit untuk memperluas jaringan, sulit untuk meningkatkan penjualan, sulit untuk menembus pasar baru.

  1.  Gagal melakukan marketing yang jitu

Sudah mencoba beriklan dan melakukan pemasaran, namun hasilnya tidak sesuai harapan. Berarti ada masalah pada cara marketing yang dilakukan.

  • Solusi
  • Mempertahankan sikap obyektivitas dan selalu mencari gagasan bagi produk atau jasa.
  • Dekat dengan segmen pasar yang ingin dimasuki.
  • Memahami persyaratan teknis dari produk atau proses.
  • Menelusuri secara mendetail kebutuhan finansial bagi pengembangan dan produksi.
  • Mengetahui kendala hukum yang diterapkan pada produk atau jasa.
  • Menjamin bahwa produk atau jasa menawarkan keuntungan tertentu yang membedakannya dari pesaing.
  • Melindungi gagasan kreatif melalui hak paten, hak cipta, merek dagang dan merek jasa.

3. Manfaat Berwirausaha

Sebelum mendirikan bisnis, setiap calon wirausahawan harus mempertimbangkan manfaat mejadi pemilik bisnis, yaitu:

  1. Peluang untuk mengendalikan nasib sendiri. Mendirikan sesuatu bisnis memberikan kebebasan dan peluang pada wirausahawan untuk mencapai sasaran yang penting baginya.
  2. Kesempatan melakukan perubahan. Semakin banyak wirausahawan yang memulai bisnis karena melihat kesempatan untuk membuat perubahan.
  3. Peluang untuk menggunakan potensi sepenuhnya. Bisnis yang dimiliki wirausahawanmerupakan alat untuk pernyataan dan aktualisasi diri.
  4. Peluang untuk meraih keuntungan tanpa batas. Meskipun uang bakan daya dorong utama bagi wirausahawan, keuntungan dari bisnis mereka penting sebagai faktor motivasi.
  5. Peluang melakukan sesuatu yang anda sukai. Kebanyakan wirausahawan yang telah berhasil dalam bisnis tertentu karena mereka tertarik dan menyakai pekerjaan tersebut.

4. Tips Menentukan alternatif pilihan bisnis

Setelah membaca uraian di atas ternyata hobi dan kompetensi Anda belum juga dianggap sebagai peluang bisnis, Anda membutuhkan masukan ide-ide jenis usaha lainnya. Untuk mendapat ide-ide tersebut maka Anda perlu menyimak dan mencermati beberapa hal berikut ini

  • Cita-cita

Salah satu cara memunculkan ide kegiatan bisnis dapat Anda peroleh dari keinginan atau cita-cita pribadi. Berbekal kemauan yang keras untuk menjadi seorang pebisnis, Anda akan melihat segala peluang yang terbuka. Cita-cita merupakan dorongan yang kuat yang dapat melahirkan sesosok pebisnis andal. Selain itu, cita-cita yang dimiliki dapat diumpamakan tombol power. Jika tombol tersebut diaktifkan maka segala peluang dapat timbul secara cepat di otak Anda.

  • Underpressure

Kadang kala ide timbul pada saat seseorang dalam keadaan tertekan. Ide tentang jenis usaha pun dapat ditimbulkan karena posisi terpojok oleh suatu keadaan. Seorang kepala keluarga akan berusaha mencari ide untuk mendapatkan penghasilan agar keluarganya dapat terus lestari dan hidup makmur. Misalnya, seorang ibu rumah tangga yang hanya mengandalkan pendapatan dari suami berpikir untuk mencari tambahan. Dari ketertekanan tersebut akan timbul ide untuk menjalankan bisnis tertentu. Tentunya usaha yang menambah penghasilan keluarga.

  • Pengembangan produk yang sudah ada

Menciptakan produk baru berdasarkan pengembangan dari produk yang sudah ada merupakan ide bagus untuk dijadikan sebagai lahan bisnis. Dengan karakteristik seperti itu produk Anda akan menjadi incaran para konsumen. Karena secara otomatis produk yang Anda hasilkan merupakan “perbaikan serta pengembangan” dari produk sebelumnya. Anda akan mendapat penghasilan yang berlimpah. Sebab, perusahaan Anda merupakan leader dalam produk tersebut. Namun, jangan terlena dengan kondisi tersebut. Para pesaing bersiap mengekor kesuksesan Anda dengan meniru produk laris tersebut. Sebelum terjadi hal seperti itu maka Anda perlu melakukan tindakan antisipasi. Di mana antispiasi tersebut terkait dengan perlindungan hukum agar karya Anda tidak bisa ditiru seenaknya.

  • Prospek pasar

Melihat suatu gaya hidup yang sedang menggejala dapat pula dijadikan sebagai ide bisnis. Dengan begitu usaha bisnis Anda akan banyak menarik minat pembeli, sebab produk yang Anda tawarkan merupakan sesuatu yang sedang diminati. Misalnya, saat ini pengguna telepon genggam sangat banyak jumlah, mulai dari anak usia sekolah dasar hingga orang tua. Permintaan akan pulsa sangat tinggi. Dengan demikian berbisnis pulsa pun dapat dijadikan sebagai alternatif berbisnis. Setelah itu carilah tempat yang strategis untuk memulai bisnis tersebut

3. Contoh Peluang Bisnis yang menjanjikan :

Ketika yang dibicarakan adalah contoh peluang bisnis yang menjanjikan, maka usaha tersebut haruslah memiliki potensi tumbuh menjadi bisnis yang besar walau awalnya – misalnya – hanya bermodalkan gerobak!. Jadi dalam artikel ini tidak akan dibahas contoh usaha bisnis yang “iseng-iseng” seperti : counter pulsa, rental ps, laundry kiloan dsj yang potensi bisnisnya sulit untuk terjadi ekspansi. Yang akan dibahas tentu saja adalah bisnis yang bisa diawali dengan modal kecil namun kemudian bisa tumbuh menjadi besar – dan bisa membuat pelakunya berpenghasilan signifikan.

1.Usaha Makanan

Amat sangat banyak orang yang berubah hidupnya menjadi jutawan hanya bermodalkan jualan makanan. Tanpa pendidikan apapun, asal sajian menunya bisa menyeret orang untuk datang lagi – sekaligus merekomendasikan ke teman-temannya – pasti bisa membuat bisnis makanan tersebut menjadi lumbung uang. Untuk urusan makanan/kuliner, nggak dibutuhkan aspek sampingan lain misalnya manajemen, lokasi yang strategis, tempat yang nyaman dll. Ada banyak tempat wisata kuliner populer yang hanya, ya HANYA mengandalkan TASTE, dan terbukti sangat ramai bahkan dikunjungi orang yang lokasi tempat tinggalnya jauh sekalipun.

2. Bisnis MLM/Network Marketing

Walau masyarakat terlanjur mencap negatif bisnis MLM, namun faktanya memang bisnis ini bisa memberikan kualitas hidup yang sangat baik bagi mereka yang serius menekuninya. Bisnis ini modalnya kecil juga, tapi bisa memberikan penghasilan yang unlimited juga. Yang perlu diperhatikan sebenarnya adalah dalam pemilihan MLM yang benar. Karena ada banyak juga bisnis yang “seperti” MLM tapi sebenarnya bukan network marketing. Dan biasanya bisnis tersebut berujung pada SCAM.

3. Bisnis Internet

Basis internet memungkinkan pengembangan bisnis melampaui keterbatasan waktu dan geografis – dua permasalah di bisnis offline. Sehingga potensi bisnis yang menggunakan internet amat sangat baik, terlebih kini semua sudah serba online. Anda bisa mulai mempelajari berbagai jenis bisnis internet dengan melakukan googling tentangnya. Semakin menarik, bisnis internet umumnya bisa dilakukan dari mana saja, sehingga bisa digolongkan sebagai sebuah peluang usaha rumahan

BAB III

PENUTUP

1.Kesimpulan

Peluang usaha baru adalah sebuah ruang kreasi yang independent dan mandiri. Dan bukanlah sebuah kegiatan yang ikut-ikutan demi mengikuti sebuah trend dan gaya hidup semata.

Seorang wirausahawan harus memiliki pemikiran kreatif dan inovatif untuk mendapatkan hasil yang maksimal supaya tidak ada kendala dalam membuka usaha dan pemilihan bisnis yang tepat dengan modal yang dimiliki oleh calon wirausahawan.

Banyak peluang yang di siasiakan, sehingga berlalu begitu saja karena tidak semua orang dapat melihat peluang dan yang melihatpun belum tentu berani memanfaatkan peluang tersebut. hanya seorang wirausahawan yang dapat berpikir kriatif serta berani mengambil risiko itulah yang dengan tanggap dan cepat memanfaatkan peluang.

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa pengusaha adalah seseorang yang memiliki ide baru untuk produk atau jasa dan mengambil tindakan dengan memulai bisnis mereka sendiri. Mereka ambisius dan bersedia untuk memikul tanggung jawab untuk usaha, termasuk modal yang dibutuhkan untuk start-up. Keberhasilan  seorang  wirausaha  untuk  mengembangkan bisnisnya tergantung   pada   kecerdasan,  imajinasi, dan kekuatan keinginan  individu  yang bersangkutan.  Sedikit  keberuntungan diperlukan,  tetapi dapat diargumentasikan bahwa  tidak ada keberuntungan mengubah visi menjadi realita lebih berupa kerja keras, di samping imajinasi dan kemampuan yang mampu merubah karir individu menjadi sukses. (Rachbini, 2001 :100).

Peluang usaha yang telah di ambil tentu akan memiliki konsekuensi bagi pengambil keputusan. jika berhasil dapat dikatakan mendapat keuntungan, namun jika gagal maka itu bagian dari resiko yang harus di hadapi. Namun demikian, hal itu dapat dijadikan pengalaman yang sangat berharga.

2. Saran

Dari makalah ini, penulis mempunyai saran untuk pembaca:

Kembangkan ide dan kreatifitas yang kita miliki agar tercipta sebuah inovasi baru yang dapat bermanfaat untuk masyarakat. Ide dan inovasi tersebut dapat menjadi awal berwirausaha dan akan berkembang menjadi sebuah lapangan pekerjaan yang dapat mempekerjakan masyarakat. Sehingga pengangguran di Indonesia dapat berkurang.