Contoh Makalah Pengaruh Radiasi Handphone Terhadap Kesehatan

Contoh Makalah Pengaruh Radiasi Handphone Terhadap Kesehatan
Contoh Makalah Pengaruh Radiasi Handphone Terhadap Kesehatan

Contoh Makalah Pengaruh Radiasi Handphone Terhadap Kesehatan

MakalahContoh Makalah Pengaruh Radiasi Handphone Terhadap Kesehatan yang saya bagikan ini sebagai bahan informasi referensi dalam pembuatan makalah yang benar. Kembali ke tema pembahasan contoh makalah. Tujuan saya ingin membatu adik-adik atau rekan-rekan yang lain dalam menyelesaikan tugas makalah sekolah maupun tugas makalah kuliah. Seperti yang saya alami ketika mengenyam bangku pendidikan di beri tugas untuk membuat makalah, namun saya agak kesulitan karena waktu dulu saya cari referensi hanya dari buku dan itu pun terbatas. Untuk itu silahkan menikmati contoh makalah berikut ini.

Adapun untuk Ukuran Margin, Font, dan Spasi Makalah Yang Benar adalah Sebagai Berikut:

  1. Margin : Top 4, Left 4, Botton 3 dan Right 3 ( cm)
  2. Font : Times New Roman Ukuran 12
  3. Kertas : Size A4
  4. Spasi : 1.5

Makalahkita.com sebagai bahan referensi kebutuhan karya tulis makalah pendidikan, ekonomi, islam, filsafat, agama, bahasa indonesia, biologi, hukum, kesehatan, kewarganegaraan, kewirausahaan, olahraga, sains, sejarah dan tips makalah.

DAFTAR ISI 

KATA PENGANTAR……………………………………………………………………….. I

DAFTAR ISI ……………………………………………………………………………. II

BAB I PENDAHULUAN…………………………………………………………………… 1

1.1 Latar Belakang ……………………………………………………………………….. 1

1.2 Rumusan Masalah …………………………………………………………………… 2

1.3 Tujuan Penulisan …………………………………………………………………….. 2

1.4 Manfaat Penulisan …………………………………………………………………… 2

BAB II PEMBAHASAN …………………………………………………………………… 4

2.1 Pengaruh radiasi HP terhadap Kesehatan Reproduksi …………….. 4

2.2 Sasaran Yang Perlu Menjaga Kesehatan Reproduksi Dari Pengaruh Radiasi HP 5

2.3 Perlunya Menjaga Kesehatan Reproduksi Dari Pengaruh Radiasi HP 5

2.4 Tempat Yang Aman Untuk Menjaga Kesehatan Reproduksi Dari Pengaruh Radiasi HP 6

2.5 Waktu Yang Tepat Untuk Menjaga Kesehatan Dari Pengaruh Radiasi HP ………………………. 6

2.6 Tingkat Kesadaran Masyarakat Terhadap Kesehatan Dari Pengaruh Radiasi HP 7

2.7 Studi Kasus ……………………………………………………………………………. 7

BAB III KESIMPULAN ………………………………………………………………….. 9

3.1 Kesimpulan ……………………………………………………………………….. 9

3.2 Saran ……………………………………………………………………………. 9

DAFTAR PUSTAKA………………………………………………………………………… 10

BAB I

PENDAHULUAN

1. Latar Belakang

Hand Phone (HP) merupakan salah satu teknologi informasi yang berkembang pesat di lingkungan masyarakat saat ini. Teknologi HP kini telah menggunakan gelombang elektro magnetik (GEM) sebagai media transmisi data yang lebih praktis.

Dalam ruang hampa, gelombang ini merambat dengan kecepatan 3 x 108 m/s. Tubuh manusia akan tersinari oleh berbagai frekuensi gelombang magnetik yang kompleks. Tingkat paparan gelombang elektromagnetik dari berbagai frekuensi berubah secara signifikan sejalan dengan perkembangan teknologi yang menimbulkan kekhawatiran bahwa paparan dari gelombang elektromagnetik ini dapat berpengaruh buruk terhadap kesehatan fisik manusia. Ada kemungkinan gangguan tersebut adalah electrical sensitivity, yang merupakan gangguan fisiologis dengan tanda dan gejala neurologis maupun kepekaan, berupa berbagai gejala dan keluhan.

Gangguan ini umumnya disebabkan oleh radiasi elektromagnetik yang berasal dari jaringan listrik tegangan tinggi atau ekstra tinggi, peralatan elektronik di rumah, di kantor maupun industri. Termasuk telepon seluler (ponsel) maupun microwave oven, ternyata sangat potensial menimbulkan berbagai keluhan tersebut. Banyak kalangan mengklaim bahwa gelombang elektromagnetik yang dipancarkan oleh alat-alat listrik dapat mengganggu kesehatan pengguna dan orang-orang yang berdiri di sekitarnya.

Hal inilah yang menyebabkan penulis merasa prihatin sehingga ikut berpartisipasi dalam sosialisasi dampak negatif radiasi HP terhadap kesehatan. Partisipasi ini dilakukan dalam wujud penulisan karya tulis. Diharapkan dengan penulisan karya tulis ini dapat mengungkapkan pengaruh HP terhadap kesehatan reproduksi sehingga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan hal ini.

2. Rumusan Masalah

  1. Apa pengaruh radiasi HP terhadap kesehatan reproduksi?
  2. Siapa sasaran yang perlu menjaga kesehatan reproduksi dari pengaruh radiasi HP?
  3. Mengapa perlu menjaga kesehatan reproduksi dari pengaruh radiasi HP?
  4. Dimana tempat yang aman untuk menjaga kesehatan reproduksi dari pengaruh radiasi HP?
  5. Kapan waktu yang tepat untuk menjaga kesehatan dari pengaruh radiasi HP?
  6. Bagaimana tingkat kesadaran masyarakat terhadap kesehatan dari pengaruh radiasi HP?

I.3 Tujuan Penulisan

  1. Mengungkapkan pengaruh radiasi HP terhadap kesehatan reproduksi.
  2. Untuk mengetahui sasaran yang perlu menjaga kesehatan reproduksi dari pengaruh radiasi HP.
  3. Untuk mengetahui perlunya menjaga kesehatan reproduksi dari pengaruh radiasi HP.
  4. Untuk mengetahui tempat yang aman untuk menjaga kesehatan reproduksi dari pengaruh radiasi HP.
  5. Untuki mengetahui waktu yang tepat untuk menjaga kesehatan dari pengaruh radiasi HP.
  6. Untuk mengetahui tingkat kesadaran masyarakat tentang pengaruh radiasi HP.

I.4 Manfaat Penulisan

Penulisan ini memberi manfaat, antara lain:

1. Bagi Penulis

a. Memberikan wawasan dan pengalaman dalam menyusun karya tulis ilmiah.

b. Membuat penulis lebih peka terhadap efek negatif yang timbul dari perkembangan IT yang pesat di lingkungan masyarakat.

2. Bagi Masyarakat

a. Dapat dijadikan referensi dan sumber pengetahuan terutama dalam hal kesehatan reproduksi.

b. Bisa dijadikan dasar dalam melakukan penelitian lanjutan.

BAB II

PEMBAHASAN

2.I Pengaruh radiasi HP terhadap Kesehatan Reproduksi

Gelombang elektromagnetik ditemukan oleh Heinrich Hertz. Gelombang elektromagnetik termasuk gelombang transversal. Gelombang elektromagnetik dapat bersifat seperti gelombang atau seperti partikel. Gelombang, dicirikan oleh kecepatan (kecepatan cahaya panjang gelombang dan frekuensi. Jika dipertimbangkan sebagai partikel, mereka diketahui sebagai foton, dan masing-masing mempunyai energi berhubungan dengan frekuensi gelombang ditunjukan oleh hubungan Planck.

Pemanfaatan GEM dalam kehidupan sehari-hari memang sangat berperan penting. Akan tetapi ternyata GEM juga memiliki pengaruh buruk, salah satu dibidang kesehatan reproduksi seperti:

  1. Sperma bisa rusak atau abnormal jika terlalu sering terpapar radiasi ponsel tersebut.
  2. Wanita yang menggunakan HP ketika hamil memiliki kecenderungan bakal melahirkan anak-anak dengan masalah tingkah lakunya. Wanita hamil yang memakai HP yang meskipun hanya 2 atau 3 kali dalam sehari, cukup untuk menimbulkan resiko bayi mereka terkena penyakit hiperaktif dan bisa mengalami kesulitan dalam pemahaman/proses belajar, emosi dan sosialisasi anak pada saat sekolah.
  3. Penurunan Gairah Sex, Rasa Terbakar dan Kelelahan.Ukroina Riset pada binatang menunjukkan pengguna ponsel dapat menurunkan gairah sex secara drastic. Tikus yang terpapar radiasi ponsel menghasilkan jauh lebih sedikit hormone testoteron dalam darah dibandingkan tikus yang tak terpapar. Semakin tinggi tingkat radiasi semakin sedikit testosterone yang dihasilkan, sehingga menurunkan gairah seksual. Skandinavia Riset yang disponsori oleh industry ponsel, pemerintah Norwegia dan Swedia menegaskan adanya korelasi antara lama frekuensi/ seringnya penggunaan ponsel dengan munculnya gejala-gejala kelelahan/ fatique rasa terbakar, dan sakit kepala. Pengguna ponsel juga ada yang melaporkan telah mengalami kulit gatal-gatal, terbakar dan kejang-kejang.
  4. Bayi cacat di USA, radiasi ponsel juga dikaitkan dengan bahaya terhadap ibu hamil dan janin yang dikandungnnya. Sebuah studi menunjukkan bahwa radiasi ponsel menyebabkan cacat pada emberio ayam.

2.2 Sasaran Yang Perlu Menjaga Kesehatan Reproduksi Dari Pengaruh Radiasi HP

Sasaran yang perlu menjaga kesehatan reproduksi dari pengaruh radiasi HP adalah seluruh lapisan masyarakat mulai dari bayi, balita, anak-anak, remaja, orangtua, sampai lanjut usia. Karena radiasi HP akan mempengaruhi dampak negatif kepada siapa saja khusnya bayi sampai anak-anak bahkan remaja pun juga.

Menjauhkan HP dari anak-anak karena otak mereka yang masih muda sangat sensitive terhadap radiasi HP jika terkena cukup lama. Terlebih lagi bayi jauh lebih sensitive lagi bahkan beberapa tidak bisa menahannya.

Departemen kesehatan masyarakat Toronto telah menasehatkan para remaja dan anak-anak keciluntuk membatasi penggunaan ponsel mereka, dalam rangka menghindari resiko kesehatan yang cukup potensial. Ini merupakan ebijakan yang pertama di Kanada.

Para pejabat sudah memperingatkan bahwa oleh karena adanya efek samping dari radiasi frekuensi radio, anak-anak di bawah umur delepan tahun seharusnya menggunakan telepon selular hanya dalam keadaan darurat, dan para remaja perlu membatasi panggilan untuk kurang dari 10 menit.

2.3 Perlunya Menjaga Kesehatan Reproduksi Dari Pengaruh Radiasi HP

Sungguh tragis mendapati bahwa handphone (HP) yang setiap hari dipakai masyarakat untuk kebutuhannya ternyata memiliki radiasi yang cukup mematikan dalam jangka panjang jika kita tidak berhati-hati menggunakannya. Yang juga mengejutkan adalah radiasi HP ternyata juga bisa dipakai untuk mematangkan sebutir telur seperti microwave.

Untuk membuktikannya, dibutuhkan :

– 1 butir telur dan 2 HP.

– 65 menit percakapan dari 1 HP ke yang lainnya.

– Dimulai panggilan antara kedua HP selama kurang lebih 65 menit:

– 15 menit pertama tidak terjadi apa-apa.

– Setelah 25 menit telur mulai hangat, setelah 45 menit, telur sudah panas dan setelah 65 menit telur matang.

Jika radiasi gelombang mikro yang dipancarkan oleh HP mampu memodifikasi protein dalam telur itu. Maka banyak yang terjadi dengan protein dalam otak manusi ketika saling bicara melalui HP.

2.4 Tempat Yang Aman Untuk Menjaga Kesehatan Reproduksi Dari Pengaruh Radiasi HP

Tempat yang aman untuk menjaga kesehatan reproduksi dari pengaruh radiasi HP yakni dimana saja kecuali jauh dari organ-organ tubuh khususnya pada organ dekat rahim, payudara, alat genetalia dan otak.

1. Alangkah baiknya jika HP di letakkan pada tas bukan pada saku pakaian ketika HP tidak dipakai.

2. Menelpon menggunakan handsfree jika akan menelepon dalam waktu lama.

3. Jangan menelepon di mobil tanpa antenna external di mobil.

2.5 Waktu Yang Tepat Untuk Menjaga Kesehatan Dari Pengaruh Radiasi HP

Radiasi elektromagnetik adalah kombinasi medan listrik medan magnet yang berosilasi dan merambat lewat ruang dan membawa energi dari satu tempat ke tempat yang lain. Cahaya tampak adalah salah satu bentuk radiasi elektromagnetik

Quantum energi yang ditimbulkan oleh radiasi elektromagnetik ponsel, secara kuantitas relatif masih kecil karena hanya berkisar seper sejuta elektron Volts. Namun kalau jarak sumber radiasi dengan materi, yaitu jarak antara pesawat ponsel dengan kepala (khususnya otak) diperhitungkan, maka dampak radiasi elektromagnetik yang dipancarkan oleh ponsel tidak boleh diabaikan begitu saja. Alasannya adalah karena intensitas radiasi elektromagnetik yang diterima oleh materi (kepala khusus bagian telinga), akan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak, artinya makin dekat dengan sumber radiasi (ponsel) akan makin besar radiasi yang diterima. Persoalan akan lebih menarik lagi, kalau waktu kontak atau waktu berbicara melalui ponsel diperhitungkan, maka akumulasi dampak radiasi akibat pemakaian ponsel perlu dicermati lebih jauh lagi.

Sebaiknya memakai HP pada saat diperlukan saja. Apabila tidak diperlukan lebih baik dijauhkan, karena akan mengganggu kesehatan tubuh dan mengganggu aktivitas pekerjaan baik untuk remaja dan orang dewasa. Dan bisa mengakibatkan kesalah pahaman kepada seseorang.

2.6 Tingkat Kesadaran Masyarakat Terhadap Kesehatan Dari Pengaruh Radiasi HP

Kesadaran masyarakat akan pengaruh buruk yang mungkin timbul akibat radiasi GEM masih rendah. Tanpa disadari oleh masyarakat, HP yang digunakan sehari-hari juga memancarkan GEM yang dapat berpengaruh buruk pada kesehatan tubuh.

2.7 Studi Kasus

Kebiasaan Meletakkan HP yang Fatal.

Pernah terjadi seorang wanita berturut-turut mengalami keguguran ketika usia janin berusia 2-3 bulan. Pasangan suami istri ini mengecek kehamilan berikutnya dan mendapati bahwa janin mengalami kerusakan sel berkesinambungan sampai janin mati. Dokter mengatakan bahwa rahim wanita ini telah terinfeksi oleh radiasi HP sehingga membuat janin di dalamnya tidak bisa bertahan lama untuk hidup dan berkembang.

Rahimnya telah mati jadi tidak mungkin bagi dia untuk memiliki janin yang hidup pula.. Selidik punya selidik, wanita ini ternyata memiliki kebiasaan menyimpan HP di jaket kerja dia yang posisinya tepat dekat rahim selama beberapa tahun.

1. Jangan lagi kita meremehkan resiko dari radiasi HP ini karena akibatnya bisa fatal bagi organ tubuh kita. Jauhkanlah HP dari Anda sebisa mungkin ketika Anda tidak sedang memakainya.

2. Jangan terlalu sering meletakkan HP dekat dengan ginjal , jantung, dan dikantung celana Anda karena ini bisa merusak ginjal, jantung, dan sistem reproduksi Anda!

3. Jangan meletakkan HP dekat dengan Anda ketika tidur. Jauhkan juga barang-barang elektronik lainnya (radio, televisi,laptop) dari tempat Anda tidur karena radiasi dari barang-barang elektronik tersebut bisa membahayakan kesehatan Anda dalam jangka panjang. Radiasi yang ada mengganggu proses produksi hormone oleh tubuh kita pada saat kita tidur.

BAB III

PENUTUP

3.1 Kesimpulan

Setelah melakukan prosedur yang telah direncanakan, penulis menyimpulkan bahwa :

  1. GEM HP berpengaruh buruk terhadap kesehatan reproduksi dan dapat menyebabkan berbagai penyakit lainnya.
  2. Tingkat kesadaran remaja akan kesehatan reproduksi masih rendah. Dari 150 responden, 144 responden memiliki HP. Akan tetapi 140 responden berkebiasaan menyimpan HP dalam saku yang dapat berpotensi buruk terhadap kesehatan reproduksi.
  3. Pengetahuan remaja tentang pengaruh negatif radiasi GEM HP tergolong rendah.

3.2 Saran

Penulis memberikan saran untuk menindak lanjuti gagasan dalam karya tulis ini, yaitu :

  1. Hendaknya hal ini segera disosialisasikan kepada pihak-pihak terkait (misalnya masyarakat, pemerintah, dan peneliti-peneliti).
  2. Hendaknya dilakukan penelitian lanjutan mengenai pengaruh GEM pada kesehatan reproduksi agar nantinya pengaruh ini dapat di minimalisir.
  3. Hendaknya usaha untuk mengatasi permasalahan ini di Indonesia lebih digencarkan lagi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*