Contoh Makalah Perangkat Lunak Software Yang Benar

Contoh Makalah Perangkat Lunak Software

Contoh Makalah Perangkat Lunak Software Yang Benar

Makalahkita.com – Contoh Makalah Perangkat Lunak Software Yang Benar yang saya bagikan ini sebagai bahan informasi referensi dalam pembuatan makalah yang benar. Kembali ke tema pembahasan contoh makalah. Tujuan saya ingin membatu adik-adik atau rekan-rekan yang lain dalam menyelesaikan tugas makalah sekolah maupun tugas makalah kuliah. Seperti yang saya alami ketika mengenyam bangku pendidikan di beri tugas untuk membuat makalah, namun saya agak kesulitan karena waktu dulu saya cari referensi hanya dari buku dan itu pun terbatas. Untuk itu silahkan menikmati contoh makalah berikut ini.

Adapun untuk Ukuran Margin, Font, dan Spasi Makalah Yang Benar adalah Sebagai Berikut:

  1. Margin : Top 4, Left 4, Botton 3 dan Right 3 ( cm)
  2. Font : Times New Roman Ukuran 12
  3. Kertas : Size A4
  4. Spasi : 1.5

BAB I

PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

     Dalam era globalisasi saat ini kemajuan serta perkembangan teknologi semakin meningkat yang seiring dengan kemajuan jaman. Perkembangan sistem pada komputer beserta aplikasi-aplikasi pendukung sangat memudahkan setiap pengguna untuk melakukan setiap proses pada komputer. Seiring berkembangnya pula ilmu pengetahuan teknologi dan informasi dan setiap peserta didik dituntut untuk dapat mengoperasikan komputer , mau tidak mau karena semakin kedepan komputer lebih sering digunakan baik itu dalam media pembelajaran maupun ketika di lingkup pekerjaan karena komputer memudahkan setiap pengguna untuk melakukan proses yang dikehendakinya.Dalam penyusunan makalah ini saya akan membahas mengenai perangkat lunak baik itu dari definisi hingga peran serta fungsi terhadap perangkat komputer. Perangkat lunak itu sendiri dapat diartikan adalah sebuah software yang menghubungkan antara pengguna dengan perangkat keras , dan bisa disimpulkan perangkat lunak menglakukan perintah yang kita intruksikan dan dijalankan oleh perangkat keras.

1.2   Rumusan Masalah

  1. Apa pengertian perangkat lunak ?
  2. Jelaskan peran dari perangkat lunak !
  3. Sebutkan dan beri contoh pengelompokan perangkat lunak !
  4. Sebutkan dan jelaskan macam-macam perangkat lunak sistem ?
  5. Apa yang dimaksud dengan bahasa pemrogaman ? serta sebutkan apa saja!

1.3   Tujuan

  1. Untuk memahami pengertian dari perangkat lunak
  2. Untuk mengetahui peran dan fungsi dari perangkat lunak
  3. Untuk mengetahui pengelompokan dan contoh dari perangkat lunak
  4. Untuk mengetahui berbagai kategori perangkat lunak dari perangkat lunak sistem
  5. Untuk memahami pengertian bahasa pemrogaman beserta macam-macamnya

BAB II

PEMBAHASAN

1 Pengertian dari Perangkat lunak

     Nama lain dari Software adalah perangkat lunak. Karena disebut juga sebagai perangkat lunak, maka sifatnya pun berbeda dengan hardware atau perangkat keras, jika perangkat keras adalah komponen yang nyata yang dapat diliat dan disentuh oleh secara langsung manusia, maka software atau Perangkat lunak tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik, software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda namun  bisa untuk dioperasikan.

     Pengertian Software komputer adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah

     Perangkat lunak komputer merupakan sebuah program komputer yang menjembatani pengguna komputer dan perangkat keras yang digunakanya. Dengan kata lain perangkat lunak merupakan penerjemah antara manusia sebagai orang yang memberi instruksi dan komputer sebagai pihak yang menerima instruksi.

     Perangkat lunak adalah program komputer yang berfungsi sebagai sarana interaksi atau yang menjembatani pengguna dengan perankat keras dan juga sebagai penerjemah perintah-perintah yang dijalankan pengguna komputer untuk, diteruskanatau diproses oleh perangkat keras.

     Dari berbagai pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa perangkat lunak membantu untuk menjalankan perintah dari pengguna yang akan diproses atau dijalankan oleh perangkat keras.

2.2 Peran dan fungsi perangkat lunak

     Komputer hanyalah sekedar mesin yang tak dapat melakukan tugas yang dikehendaki pemakai sekiranya tidak didukung oleh perangkat lunak(software). Komputer bukanlah teko ajaib yang dimiliki oleh aladin, yang dapat mengeluarkan jin dan jin tersebut dapat diperintah untuk melakukan apa saja oleh tuannya. Perangkat lunak sesungguhnya adalah program. Sebagaimana telah anda ketahui, program adalah deretan intruksi yang digunakan untuk mengendalikan komputer sehingga dapat melakukan tindakan sesuai yang dikehendaki pembuatnya.

     Fungsi software dapat dibagi berdasarkan jenis dan kategori perangkat lunak itu sendiri, setiap perangkat lunak ini dapat berfungsi berdasarkan jenisnya.  Pengertian software atau perangkat lunak ini mungkin sudah diketahui oleh setiap orang, namun mungkin ada beberapa yang belum mengetahui berdasarkan fungsinya:

  • Fungsi Perangkat Lunak Pengolah Kata

Perangkat lunak pengolah kata memiliki fungsi untuk melakukan manipulasi dan mengolah kata kata yang nantinya diperlukan untuk pembuatan dokumen atau untuk merangkum sesuatu.

     Contoh : Microsoft Word, OpenOffice Writer, dan Lotus Word pro.

  • Fungsi Perangkat Lunak Pengolah Angka

Perangkat lunak jenis ini berfungsi untuk melakukan pengolahan angka seperti melakukan perhitungan dan operasi aritmatik lainnya.

     Contoh : Microsoft Excel

  • Fungsi Perangkat Lunak Presentasi

Perangkat lunak jenis ini berfungsi untuk membuat suatu dokumen atau file yang dapat digunakan untuk presentasi yang mana mendukung berbagai animasi yang diperlukan selama presentasi dan fitur lainnya.

     Contoh : Microsoft Power Point

  • Fungsi Perangkat Lunak Pembuatan Program

Perkembangan rekayasa perangkat lunak  untuk berbagai industri membuat para perusahaan berusaha membuat perangkat lunak yang dapati digunakan untuk pembuatan program. Fungsi perangkat lunak ini adalah untuk mengembangkan program aplikasi lainnya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.  Software ini digunakan untuk menjalankan bahasa pemrograman komputer yang menghasilkan aplikasi sesuai dengan kebutuhan user.

     Contoh : Visual Studio dan Eclipse

  • Fungsi Perangkat Lunak Dasar

Perangkat lunak dasar ini adalah perangkat lunak yang dibutuhkan untuk mendukung agar software lainnya dapat berjalan di perangkat komputer atau perangkat keras lainnya.

     Contoh : Sistem operasi ( Sistem operasi linux, Sistem operasi windows)

  • Fungsi Software Database / Penyimpanan Data

Software ini berfungsi untuk menyimpan data yang dimasukkan serta di olah untuk kebutuhan pengguna melalui berbagai aplikasi pendukung, software ini dikenal dengan DBMS. Fungsi DBMS adalah software yang digunakan untuk mengolah, menyimpan, dan mengubah data sesuai dengan instruksi pengguna. Fungsi database ini sangat vital untuk kemajuan dan perkembangan teknologi informasi.

  • Fungsi Perangkat Lunak Secara Umum

Fungsi perangkat lunak secara umum pada perangkat komputer atau perangkat lainnya adalah untuk menerima instruksi dari pengguna sesuai dengan fitur yang disediakan. Dalam hal ini artinya, sebuah software bertugas untuk membantu memudahkan pekerjaan dan menyederhanakan tugas tugas yang dikerjakan oleh manusia secara terkomputerisasi.

     Dalam perkembangannya perangkat lunak sangat membantu manusia, sebagai contoh adalah dihasilkannya antivirus terbaik untuk membantu mencegah berbagai jenis malware berbahaya. Selain itu memudahkan berbagai tugas utama manusia seperti pengetikan, perhitungan, dan pengolahan data lainnya.

2.3 Pengelompokan perangkat lunak berdasarkan fungsi beserta contoh

  • Sistem Operasi (Operation System)

Merupakan sebuah program yang berfungsi untuk mengolah segala proses dan mengelola program-program di dalam komputer.

     Contoh :

  1. UNIX : Linux, BSD, Solaris, MacOS, Belenix, dll

     – Versi – versi Linux : RedHat, Knoppix, SuSe, Ubuntu, dll.

     – Versi – versi BSD : FreeBSD, OpenBSD, NetBSD, dll.

  1. Microsoft : MS-DOS, MS Windows (1.0, 2.0, 3.0, 3.11, 95, 98, 98SE,      ME 2000, XP, Vista, 7, 8)
  • Program Utility

Merupakan sebuah program yang berfungsi untuk meningkatkan kinerja komputer

     Contoh :

  1. Antivirus (AVG, AVIRA, AVAST, KASPERSKY)
  2. Pembagi partisi (FDISK, Partition Magic)
  3. Peringkas file (WinRAR, WinZIP,dll).
  • Bahasa Pemrogaman

Merupakan sebuah program yang berguna untuk menghasilkan program aplikasi lainnya, terdapat 2 macam programming software:

  1. Bahasa tingkat rendah: Bahasa biner, Bahasa Assembly.
  2. Bahasa tingkat tinggi: C++, Java, Visual Basic, Pascal, dll.
  • Program aplikasi

Merupakan sebuah program yang berfungsi untuk membantu suatu perkerjaan pengguna (user)

     Contoh :

  1. Office :

     Microsoft Word (Pengetikan)

     Microsoft Excel (Pembuatan tabel-tabel)

     Microsoft Front Page (Pembuatan web site)

     Microsoft Power Point (Pembuatan presentasi)

     Microsoft Outlook (Pengaturan jadwal, email, nomer telpon,dll)

  1. Desain Grafis :

     CorelDraw

     Adobe Photoshop

     Photoscape

  1. Multimedia :

     Winamp

     VLC

     Real Player

     Gom Player

  • Freeware

Adalah perangkat lunak yang tersedia tanpa kode sumber dan bebas digunakan oleh siapa saja tanpa perlu membayar.

     Contoh:

     http://www.bestdownload.com

     http://www.simtel.net

  • Free software

Adalah istilah yang dicanangkan oleh Richard Stallman (Pendiri Free Software Foundation) untuk menyatakan perangkat lunak yang dilengkapi dengan kode sumber yang memungkinkan siapa saja dapat menggunakan program tersebutdan bahkan dapat ikut mengembangkanya.

     Contoh:

     http://www.free-soft.org

  • Open source

Dikemukakan oleh Eric Raymond pada tahun 1998 dan dimaksudkan untuk menghilangkan makna “free” pada “freesoftware” yang ambigu karena dalam bahasa inggris kata tersebut memiliki arti bermacam-macam, yakni “free” dalam arti gratis ataupun “free ” dalam arti kebebasan. Open source timbul dari ide bahwa seandainya setiap orang dapat berpartisipasi dalam mengembangkan suatu perangkat lunak tertentu.

                 Contoh:

                 http://www.opensource.org

  • Shareware

Adalah perangkat lunak yang tersedia tanpa kode sumber dan bisa digunakan oleh pemakai dengan tujuan untuk dievaluasi selama masa tertentu tanpa membayar sama sekali dan jika sesudah masa tersebut berlalu pemakai bermaksud tetap menggunakannya maka ia perlu membayar ke pembuat perangkat lunak tersebut

                 Contoh:

                 http://www.shareware.com  dan http://asp-shareware.com

2.4 Macam-macam peragkat lunak sistem

     Perangkat lunak sistem kadangkala disebut perangkat lunak pendukung atau support software adalah program yang digunakan untuk mengongtrok sumber daya komputer, baik bersifat internal (RAM) maupun eksternal (Printer). Kedudukan program ini umumnya sebagai perantaraprogram palikasi dan perangkat keras komputer. Itulah sebabnya peran program sistem kadangkala tidak terlihat secara langsung.

     Perangkat lunak sistem dapat berupa sistem operasi, utilitas, device driver dan penerjemah bahasa.

  • Sistem operasi adalah perangkat lunak dasar yang berfungsi sepenuhnya untuk mengendalikan sistem komputer

Contoh: Windows , UNIX dan Linux

  • Utilitas adalah program yang dipakai secara langsung oleh pemakai untuk melakukan kegiatan yang berhubungan dengan pengendalian atau pengalokasian sumber daya dalam sistem komputer.

Contoh: ScanDisk / DiskDefragmenter

  • Device driver adalah program yang berfungsi untuk membantu komputer mengendalikan piranti-piranti peripheral. Sebagai contoh, jika anda menghubungkan printer ke komputer , biasanya anda perlu menginstal program bawaan printer agar komputer bisa mengenali printer tersebut.
  • Penerjemah bahasa adalah program yang menterjemahkan program yang dibuat oleh pemrogram menjadi bentuk yang dapat dijalankan oleh komputer secara langsung.

2.5 Bahasa pemrograman

     Bahasa Pemrograman merupakan notasi yang dipergunakan untuk mendeskripsikan proses komputerisasi dalam format yang dapat dibaca oleh komputer dan manusia. Proses komputasi umumnya Bahasa pemrograman Komputer adalah mesin yang dapat melaksanakan seperangkat perintah dasar (instruction set). Komputer hanya dapat diberi perintah yang terdiri dari perintah-perintah dasar tersebut.

Perintah-perintah yang lebih rumit (misalnya mengurutkan suatu daftar sesuai abjad) harus diterjemahkan menjadi serangkaian perintah-perintah dasar yang dapat dimengerti komputer (perintah-perintah yang termasuk dalam instruction set komputer tersebut) yang pada akhirnya dapat mennyelesaikan tugas yang diinginkan, meskipun dijalankan dengan beberapa operasi dasar, bukan satu operasi rumit.

Macam-macam bahasa pemrograman

  • Java

Adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Dikembangkan oleh Sun Microsystems dan diterbitkan tahun 1995. Java tidak boleh disalahpahami sebagai JavaScript. JavaScript adalah bahasa scripting yang digunakan oleh web browser.

  • Bahasa pemrograman C

Dibuat pada tahun 1972 oleh Dennis Ritchie untuk Sistem Operasi Unix di Bell Telephone Laboratories. Meskipun C dibuat untuk memprogram sistem dan jaringan komputer namun bahasa ini juga sering digunakan dalam mengembangkan software aplikasi.

  • C++

Perbedaan Antara Bahasa pemrograman C dan C++ adalah meskipun bahasa-bahasa tersebut menggunakan sintaks yang sama tetapi mereka memiliki perbedaan, C merupakan bahasa pemrograman prosedural, dimana penyelesaian suatu masalah dilakukan dengan membagi-bagi masalah tersebut kedalam su-submasalah yang lebih kecil.

  • PHP

PHP adalah bahasa pemrograman Web yang paling banyak dipakai saat ini. PHP banyak dipakai untuk memrogram situs web dinamis, walaupun tidak tertutup kemungkinam untuk digunakan untuk pemakaian lain.

BAB III

PENUTUP

3.1 Kesimpulan

     Dari penyusunan makalah ini, maka dapat saya ambil kesimpulan diantaranya:

  1. Perangkat lunak memiliki arti sebagai media yang menjebatani setiap pengguna dengan perangkat keras, karena perangkat keras itu sendiri tidak akan berjalan optimal tanpa adanya perangkat lunak
  2. Peran dan fungsi dari perangkat lunak itu sendiri memang relatif sama , tergantung penggunanya namun dapat di simpulkan peran dan fungsi dari perangkat lunak adalah sebagai media pembantu dalam melakukan proses pada komputer maupun perangkat lainya yang memiliki sistem operasi.
  3. Pengelompokan dari perangkat lunak dapat dijabarkan diantaranya sistem operasi, program utility , bahasa pemrograman, program aplikasi , dari keempat pengelompokan tersebut memiliki 3 kategori yakni shareware , freeware dan opensource itu tergantung dari jenis serta pembuat software tersebut.
  4. Perangkat lunak sistem memang tidak begitu terlihat secara langsung, namun perangkat lunak sistem ini memiliki peran membantu kita untuk dapat menjalankan berbagai perangkat keras baik itu input maupun outpun pada setiap komputer.
  5. Bahasa pemrograman adalah notasi yang dipergunakan untuk mendeskripsikan proses komputerisasi dalam format yang dapat dibaca oleh komputer dan manusia. Proses komputasi umumnya Bahasa pemrograman. Komputer adalah mesin yang dapat melaksanakan seperangkat perintah dasar , karena dalam bahasa komputer hanya dapat mengenal angka 1 dan 0 yang keduanya adalah bilangan biner , namun diterjemahkan oleh bahasa pemrograman dengan tujuan untuk memudahkan setiap pengguna dalam melakukan proses pada komputer.

3.2 Saran

      Saran dari hasil pembahasan diatas hendaknya dalam era globalisasi saat ini dan seiring dengan berkembangnya kemajuan teknologi serta informasi hendaknya saya maupun pembaca lebih mendalami lagi mengenai berbagai perangkat lunak komputer dan khusunya ilmu komputer, karena dimasa depan nanti kita dituntun untuk mampu menjalankan dan mengoperasikan komputer baik itu dalam proses pembelajaran hingga saat kita terjun kedalam dunia pekerjaan nanti, karena tidak dipungkiri lagi penggunaan teknologi komputer sudah sering digunakan diberbagai lembaga pendidikan maupun instansi pemerintahan, karena komputer itu sangat memudahkan bagi kita dalam melakukan pekerjaan.

DAFTAR PUSTAKA

  • Abdul, K , Triwahyuni, T. 2003. Pengenalan Teknologi Informasi. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET.
  • Aditya, Wahyu. 2012. Pengertian Bahasa Pemrograman,
  • Alamsyah, Dian. 2013.  Pengertian Software Perangkat Lunak Komputer,
  • Hiu, Sutiono. 2012. Berbagai Fungsi Software,
  • Ichsan , Muhammad. 2012.  Peran Perangkat lunak Komputer,
  • Rifai,  Muhammad. 2013. Pengelompokan Perangkat Lunak,
    Susila, Oka. 2013. Pengertian dan Macam-Macam Bahasa,
  • Tohir, Ahmad. 2013.

    Fungsi Perangkat Lunak Pada Komputer