Contoh Makalah Sejarah Mobil Yang Benar

Contoh Makalah Sejarah Mobil

Contoh Makalah Sejarah Mobil Yang Benar

Makalahkita.com – Contoh Makalah Sejarah Mobil Yang Benar yang saya bagikan ini sebagai bahan informasi referensi dalam pembuatan makalah yang benar. Kembali ke tema pembahasan contoh makalah. Tujuan saya ingin membatu adik-adik atau rekan-rekan yang lain dalam menyelesaikan tugas makalah sekolah maupun tugas makalah kuliah. Seperti yang saya alami ketika mengenyam bangku pendidikan di beri tugas untuk membuat makalah, namun saya agak kesulitan karena waktu dulu saya cari referensi hanya dari buku dan itu pun terbatas. Untuk itu silahkan menikmati contoh makalah berikut ini.

Adapun untuk Ukuran Margin, Font, dan Spasi Makalah Yang Benar adalah Sebagai Berikut:

  1. Margin : Top 4, Left 4, Botton 3 dan Right 3 ( cm)
  2. Font : Times New Roman Ukuran 12
  3. Kertas : Size A4
  4. Spasi : 1.5

BAB I

PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

Saat ini kendaraan sudah menjadi kebutuhan bagi setiap orang. Hampir setiap rumah memiliki kendaraan minimal satu buah kendaraan. Meskipun begitu tidak setiap orang bisa mengendarai kendaraan baik itu motor atau mobil.  Terkadang kita mendapatkan keperluan mendesak yang mengharuskan kita pergi pada saat itu juga dan tidak memungkinkan menggunakan kendaraan umum, karena dengan kendaraan umum memerlukan waktu yang cukup lama untuk sampai ke tempat tujuan. Dan pada saat itu tidak ada yang dapat mengantar kita untuk pergi, itu pasti akan membuat kita bingung harus bagaimana. Atau mungkin kita bisa mengendarai kendaraan namun kita kurang tahu jalan yanng harus kita lewati menuju tempat tujuan kita, itupun akan menyulitkan kita untuk bepergian.

Maka dari itu saya berfikir akan lebih mudah jika kendaraan yang ada itu memiliki sistem kemudi oromatis dan sistem yang dapat memberitahu arah. Sehingga jika kita akan bepergian tidak perlu merepotkan orang lain untuk mengantar atau menjemput kita. Kenapa mobil? Karena menurut saya mengendarai mobillah yang sulit untuk dipelajari, karena untuk belajar mobil tidak semudah belajar mengendarai motor. Sedangkan untuk bepergian jauh menggunakan mobil sangat efisien karena dapat membawa muatan lebih banyak dibandingkan motor.

Sekarang ini sering terjadi kecelakan akibat kelalaian supir salah satu kelalaian itu adalah mengantuk saat berkendara yang mengakibatkan kecelakaan. Seiring dengan meningkatnya jumlah kecelakan pada kendaraan mobil sistem kemudi otomatis ini sangatlah berguna dan bermanfaat untuk mengurangi tingkat kecelakaan khususnya pada kendaraan mobil.

Kebutuhan alat transportasi yang aman dan nyaman merupakan hal yang sangat didambakan. Sampai saat ini alat transportasi darat (mobil), sebagian besar sistem navigasi atau kemudi masih banyak dilakukan dengan tenaga manusia. Dan untuk dapat mengendalikan mobil dengan baik seseorang harus mempunyai ketrampilan khusus, juga diperlukan konsentrasi disaat mengendalikannya di jalan raya. Mengemudi kendaraan dengan konsentrasi yang kurang sangat berbahaya, karena akan beresiko besar terjadinya kecelakaan. Untuk itu diperlukan suatu sistem yang dapat membantu manusia dalam mengendarai kendaraan. Pada penelitian ini dirancang suatu sistem yang mengendalikan kendaraan (mobil) yang berjalan di jalan raya secara otomatis. Simulasi dibuat agar mobil dapat berjalan mengikuti alur jalan yang telah ditentukan. Sistem yang bersifat otomatis ini diharapakan dapat membantu atau bahkan menggantikan sebagian besar pengemudi dalam mengendalikan mobil.

1.2  Rumusan Masalah

Agar makalah ini sesuai dengan apa yang diharapkan, maka penulis menyusunkan rumusan masalahnya sebagai berikut :

  1. Apa pengertian mobil ?
  2. Bagaimana Sejarah Ditemukan Mobil Di Dunia Pertama Kali ?
  3. Bagaimana inovasi mobil ?
  4. Bagaimana sistem keamanan mobil ?

BAB II

PEMBAHASAN

2.1  Pengertian Mobil

Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh tenaga mesin, beroda empat atau lebih (selalu genap), biasanya menggunakan bahan bakar minyak (bensin atau solar) untuk menghidupkan mesinnya. Mobil kependekan dari otomobil yang berasal dari bahasa Yunani ‘autos’ (sendiri) dan Latin ‘movére’ (bergerak).

Mobil adalah kendaraan darat yg digerakkan oleh tenaga mesin, beroda empat atau lebih (selalu genap), biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya; oto; otomobil; ambulans mobil khusus untuk mengangkut orang sakit, korban kecelakaan, dsb; baja mobil yg berlapis baja; balap mobil khusus untuk olahraga balap; boks mobil truk angkutan barang dng bak tertutup; dinas mobil milik instansi (perusahaan dsb) dan digunakan untuk keperluan melaksanakan pekerjaan instansi, perusahaaan, dsb; film mobil yg mengangkut segala peralatan pemutaran film di luar gedung; pribadi mobil milik perseorangan dan dipakai untuk keperluan sendiri; sport mobil untuk keperluan olahraga balap; mobil balap; toko mobil yg dirancang sedemikian rupa sehingga dapat digunakan sbg tempat menjual barang (makanan, majalah, koran, dsb), biasanya berkeliling di kawasan permukiman atau berhenti di suatu lokasi; umum mobil untuk keperluan pengangkutan umum (spt bus, taksi).

2.2  Sejarah Ditemukan Mobil Di Dunia Pertama Kali

Mobil yang ditemukan petama kali di dunia adalah mobil dengan tenaga uap pada tahun 1801 yang dikembangkan oleh Cugnot. Inspirasi pengembangan mobil pertama kali ini oleh Cugnot adalah dari sebuah kereta kuda yang dilengkapi dengan ban.  Seiring dengan waktu akhirnya sejarah ditemukan mobil di dunia pertama kali ini dilanjutkan oleh seorang warga Britania yang bernama Richard Trevithick. Dan akhirnya mobil dengan tenaga uap mengalami perkembangan lebih pesat lagi ketika diteruskan lagi di Brimingham, Inggris oleh Lunar Society.

Namun pada tahun 1886, sorang warga Negara Jerman mempunyai pengembangan mobil dengan bahan bakar bensin. Sejarah ditemukan mobil di dunia pertama kali dengan bahan bakar bensin ini bernama Carl Benz.  Sedangkan Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach dari Sttugart juga ikut mengembangkan mobil dengan bahan bakar bensin ini pada waktu yang hampir bersamaan. Pada tahun 1879, Carl Benz menyelesaikan penemuannya tersebut dan menjadi sejarah ditemukan mobil di dunia pertama kali yang dipatenkannya.

Sebuah penemuan baru lagi yaitu mobil dengan model mesin dua stroke akhirnya dipatenkan kepada George B. Selden pada tahun 1895, Sejarah ditemukan mobil di dunia pertama kali dengan model mesin yang spektakuler juga sempat menjadi sebuah terobosan bagi Berta Benz pada tahun 1888.  Dalam jangka waktu beberapa tahun, akhirnya beberapa model dan tipe mobil yaitu tenaga uap, listrik dan bensin ini pada tahun tersebut mengalami persaingan. Diproduksinya mobil dengan skala besar dan harga terjangkau pada jaman tersebut, tahun 1902 oleh Oldsmobil menjadi berkembang pesat. Kemudian pada tahun 1910 lebih dikembangkan lagi besar-besaran oleh Henry Ford.

2.3  Inovasi

Paten mobil pertama di Amerika Serikat diberikan kepada Oliver Evans pada 1789; pada 1804 Evans mendemonstrasikan mobil pertamanya, yang bukan hanya mobil pertama di AS tapi juga merupakan kendaraan amfibi pertama, yang kendaraan tenaga-uapnya sanggup jalan di darat menggunakan roda dan di air menggunakan roda padel. Umumnya mobil pertama mesin pembakaran dalam yang menggunakan bensin dibuat hampir bersamaan pada 1886 oleh penemu Jerman yang bekerja secara terpisah. Karl Benz pada 3 Juli 1886 di Mannheim, dan Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach di Stuttgart.

Pada 5 November 1895, George B. Selden diberikan paten AS untuk mesin mobil dua tak. Paten ini memberi dampak negatif pada perkembangan industri mobil di AS. Penerobosan spektakuler dilakukan oleh Berta Benz pada 1888. Mesin-uap, listrik, dan bensin bersaing untuk beberapa dekade, dengan mesin bensin pembakaran dalam meraih dominasi pada 1910-an.

Garis-produksi skala besar pembuatan mobil harga terjangkau dilakukan oleh Oldsmobile pada 1902, dan kemudian dikembangkan besar-besaran oleh Henry Ford pada 1910-an. Dalam periode dari 1900 ke pertengahan 1920-an perkembangan teknologi otomotif sangat cepat, disebabkan oleh jumlah besar (ratusan) pembuat mobil kecil yang semuanya bersaing untuk meraih perhatian dunia.

Pengembangan utama termasuk penyalaan elektronik dan self-starter elektronik (keduanya oleh Charles Kettering, untuk Perusahaan mobil Cadillac pada tahun 1910-1911), suspensi independen, dan rem empat ban. Pada tahun 1930-an, kebanyakan teknologi dalam permobilan sudah diciptakan, walaupun sering diciptakan kembali di kemudian hari dan diberikan kredit ke orang lain. Misalnya, pengemudian roda-depan diciptakan kembali oleh Andre Citroën dalam peluncuran Traction Avant pada 1934, meskipun teknologi ini sudah muncul beberapa tahun sebelumnya dalam mobil yang dibuat oleh Alvis dan Cord, dan di dalam mobil balap oleh Miller (dan mungkin telah muncul pada awal 1897).

Setelah 1930, jumlah produsen mobil berkurang drastis berpasan dengan industri saling bergabung dan matang. Sejak 1960, jumlah produsen hampir tetap, dan inovasi berkurang. Dalam banyak hal, teknologi baru hanya perbaikan dari teknologi sebelumnya. Dengam pengecualian dalam penemuan manajemen mesin, yang masuk pasaran pada 1960-an, ketika barang-barang elektronik menjadi cukup murah untuk produksi massal dan cukup kuat untuk menangani lingkungan yang kasar pada mobil. Dikembangkan oleh Bosch, alat elektronik ini dapat membuat buangan mobil berkurang secara drastis sambil meningkatkan efisiensi dan tenaga.

2.4  Keamanan

Kecelakaan mobil hampir sama tua dengan mobil itu sendiri. Joseph Cugnot menabrak mobil tenaga-uapnya “Fardier” dengan tembok pada 1770. Kecelakaan mobil fatal pertama kali yang dicatat adalah Bridget Driscoll pada 17 Agustus 1896 di London dan Henry Bliss pada 13 September 1899 di New York City.

Setiap tahun lebih dari sejuta orang tewas dan sekitar 50 juta orang terluka dalam lalu lintas (menurut perkiraan WHO). Penyebab utama kecelakaan adalah pengemudi mabuk atau dalam pengaruh obat, tidak perhatian, terlalu lelah, bahaya di jalan (seperti salju, lubang, hewan, dan pengemudi teledor). Fasilitas keamanan telah dibuat khusus di mobil selama bertahun-tahun.

Mobil memiliki dua masalah keamanan dasar: Mereka memiliki pengemudi yang sering kali berbuat kesalahan dan ban yang kehilangan gesekan ketika pengereman mendekati setengah gravitasi. Kontrol otomatis telah diusulkan dan dibuat contoh.

Riset awal memfokuskan pada peningkatan rem dan mengurangi bahaya api sistem bahan bakar. Riset sistematik dalam keamanan tabrakan dimulai pada 1958 di Ford Motor Company. Sejak itu, banyak riset memfokuskan pada penyerapan energi luar dengan panel yang mudah hancur dan mengurangi gerakan manusia pada ruang penumpang.

Ada tes standar keamananan mobil, seperti EuroNCAP dan USNCAP. Ada juga tes yang dibantu oleh industri asuransi. Meskipun peningkatan dalam teknologi, angka kematian dari kecelakaan mobil tetap tinggi, di AS sekitar 40.000 orang meninggal setiap tahun, angka yang tetap bertumbuh sesuai dengan peningkatan populasi dan perjalanan, dengan tren yang sama di Eropa. Angka kematian diperkirakan akan menjadi dua kali lipat di seluruh dunia pada 2020. Angka yang lebih banyak dari kematian adalah luka dan cacat.

BAB III

PENUTUP

3.1  Kesimpulan

Mobil merupakan salah satu barang kebutuhan yang saat ini sudah menjadi teman manusia dalam melakukan perjalanan, pekerjaan atau hanya menjadi koleksi. Mobil dalam artikulasi bahasa berasal dari dua suku kata yaitu ” Autos yang berarti Sendiri ” dan ” movere yang berarti bergerak ” digabung menjadi otomobil yang berasal dari bahasa Yunani.

Mobil-kuno-mesin-pembakaranJadi jika kita artikan maka mobil adalah kendaraan beroda empat atau lebih yang membawa mesin sendiri. Mobil sendiri mempunyai banyak tipe dan jenis sesuai dengan fungsinya masing – masing Jenis Van mobil untuk transpotasi keluarga, Bus mobil untuk angkutan Masal, Truk mobil untuk angkutan barang dan beberapa jenis mobil yang banyak berkembang pada masa kini.

Terciptanya mobil merupakan suatu hal yang sangat berguna dan bermanfaat sampai saat ini dan untuk masa yang akan datang. Banyak pendapat yang muncul mengenai sejarah mobil dan siapa penciptanya, terutama menentukan siapa pencipta mobil yang pertama. Hal tersebut sejalan dengan proses terciptanya mobil yang terdiri dari begitu banyak komponen dan dikembangkan secara bertahap oleh beberapa orang, jadi cukup sulit untuk menentukan siapa pencipta mobil yang pertama.

3.2  Saran

Demikian uraian singkat tentang pembahasan mobil yang dapat penulis sampaikan. Semoga isi dari makalah ini dapat menambah wawasan tentang sejarah mobil. Terima kasih.

DAFTAR PUSTAKA

  1. http://id.wikipedia.org/wiki/Mobil
  2. www.makalahkita.com