Contoh Makalah Software Hardware dan Brainware Yang Benar

Contoh Makalah Software Hardware dan Brainware

Contoh Makalah Software Hardware dan Brainware Yang Benar

Makalahkita.com – Contoh Makalah Software Hardware dan Brainware Yang Benar yang saya bagikan ini sebagai bahan informasi referensi dalam pembuatan makalah yang benar. Kembali ke tema pembahasan contoh makalah. Tujuan saya ingin membatu adik-adik atau rekan-rekan yang lain dalam menyelesaikan tugas makalah sekolah maupun tugas makalah kuliah. Seperti yang saya alami ketika mengenyam bangku pendidikan di beri tugas untuk membuat makalah, namun saya agak kesulitan karena waktu dulu saya cari referensi hanya dari buku dan itu pun terbatas. Untuk itu silahkan menikmati contoh makalah berikut ini.

Adapun untuk Ukuran Margin, Font, dan Spasi Makalah Yang Benar adalah Sebagai Berikut:

  1. Margin : Top 4, Left 4, Botton 3 dan Right 3 ( cm)
  2. Font : Times New Roman Ukuran 12
  3. Kertas : Size A4
  4. Spasi : 1.5

BAB I

PENDAHULUAN

A.Latar Belakang

Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) sangat penting dipelajari semua kalangan khususnya untuk membekali dengan kemampuan mengendalikan komputer. Salah satu pebgetahuan dari TIK yang penting dipelajari yaitu tentang perangkat perangkat yang di perlukan komputeruntuk dapat mengoperasikannya. Perangkat –perangkat komputer secara umum terbagi dua yaitu hardware dan software termasuk komponen terpenting yaitu brainware/user atau manusia yang mengendalikannya. Ketiga unsur ini saling berkaitan. Tanpa software, hardware dan user tak dapat mengoperasikan komputer.

B. Tujuan

Pembuatan makalah ini bertujuan untuk menambah wawasan para pembaca, agar nantinya dapat mengoperasikan komputer dengan benar dan dapat menngetahui jenis–jenis serta fungsi dari perangkat komputer.

BAB II

BRAINWARE

A.Pengertian Brainware

Brainware adalah setiap orang yang terlibat dalam kegiatanpemanfaatan komputer/ sistem pengolahan data. Brainware merupakansumber inspirasi utama bagi terbentuknya suatu sistem komputer.

B. Jenis – jenis Brainware

Komponen Brainware pada umumnya dibagi dalam bagian yangdapat menunjang adanya internal check yang memadai, yaitu :

1.Operator Komputer

bertanggung jawab untuk mengolah datamelalui sistem yang berhubungan dengan komputer. Operator harusmengikuti instruksi yang ditetapkan dalam runbook yang telahdisusun oleh Programmer. Disini perlu adanya pembatasan agarOperator tidak dapat memodifikasi program sebelum atau selamaprogram itu berjalan.

2.Teknisi

adalah seorang yang bertanggung jawab untuk maintenance tentang segala jenis permasalahan komputer. Seorang Teknisi harusmempunyai pengetahuan luas mengenai troubleshooting dansebagainya.

3.Trainer

adalah seorang Brainware yang mempunyai pengetahuan lebih banyak di banding lainnya, dan Brainware ini bertanggung jawab untuk mendidik dan mengajar di bidangnya.

4.Konsultan

adalah Brainware yang bertanggung jawab layaknyaseorang penasehat handal di dalam bidangnya.

5.Project Manager

 adalah Brainware yang bertanggung jawab sebagaipemimpin / komando di suatu project tertent.

6.Programmer

bertugas membuat aplikasi komputer sehingga dapat memudahkan kinerja manusia melalui program yang telah dibuatnya.

7.Graphic Designer

Seorang Brainware yang berkecimpung di dunia Design Grafis dan mahir dalam hal membuat suatu objek animasi.

8.Spesialis Jaringan

adalah seorang Brainware  yang  sudah mahir didalam dunia Jaringan Komputer. Dia bertanggung jawab atas semua hal yang berhubungan dengan Jaringan Komputer.

9.Database Administrator

adalah Brainware  yang  bertanggung jawab terhadap database suatu aplikasi, organisasi dan sebagainya.

10.System Analis

adalah Brainware yang bertanggung  jawab untuk mendesain, merancang dan menganalisa suatu program yang akan dibuat maupun sudah jadi. Jadi seorang Sistem Analis harus berhati–hati dalam merancang suatu aplikasi agar tidak terjadi kesalahan yang  fatal. Berikut adalah komponen brainware berdasarkan media organisasinya

  1. Network Platform

Administrator Back up Operator Network Config OperatorPower UserRemote Desktop User Replicator User Guest Debugger  User Help Services Group.

  1. Web Platform

Web Master Designer OperatorUser.

  1. Software Builder

Analisis Sistem Programmer Operator.

BAB III

HARDWARE

1.Pengertian Hardware

Pengertian dari hardware atau dalam bahasa Indonesia-nya disebut juga dengan nama “perangkat keras” adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukungproses komputerisasi.

Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukanada padanya, atau yang  juga disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut ,maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang telahditentukan oleh pemberi perintah.

B. Jenis – Jenis Hardware

Secara fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang salingbekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponentidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya proses-prosesyang ada komputer dengan baik. Komponen komputer ini termasuk dalamkategori elemen perangkat keras (hardware).Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :

  1. Input device (unit masukan)
  2. Process device (unit Pemrosesan)
  3. Output device (unit keluaran)
  4. Backing Storage ( unit penyimpanan)
  5. Periferal ( unit tambahan)

Komponen dasar pada komputer terdiri dari input, process, output dan storage. Input device terdiri dari keyboard dan mouse, Process devicea dalah microprocessor (ALU, Internal Communication, Registers dan control section), Output device terdiri dari monitor dan printer, Storage external memory terdiri dari harddisk, Floppy drive, CD ROM, Magnetictape. Storage internal memory terdiri dari RAM dan ROM. Sedangkankomponen Periferal Device merupakan komponen tambahan atau sebagaikomponen yang belum ada atau tidak ada sebelumnya. KomponenPeriferal ini contohnya : TV Tuner Card, Modem, Capture Card.

1.Unit Masukan ( Input Device )

Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar kedalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakanpersonal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Selainitu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambarsebagai  gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses aksesfile. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signalinput dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan kedalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk programyang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input deviceselain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :

  1. Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsungdiproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touchscreen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
  2. Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentusebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punchedcard, disket, harddisk.Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam peranti yaitu :

a.Keyboard

Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user(pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksidan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard  ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International StandarOrganization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.

Jenis-Jenis Keyboard :

  1. QWERTY
  2. DVORAK
  3. KLOCKENBERG

Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY,yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTYmemiliki empat bagian yaitu :

  1. typewriter key
  2. numeric key
  3. function key
  4. special function key

b.Mouse

Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). Sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombo lpenggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan iniakan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser(drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kirimouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (doubleclick) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut denganklik kanan (right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial,mouse ps/2, usb dan wireless.

c.Touchpad

Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.

  1. Light Pen

Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light penmemiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yangkemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enamsinyal elektronik setiap baris per detik.

e.Joy Stick dan Games Paddle

Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. JoyStick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengantombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.

f.Barcode

Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alatini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak ataugaris-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir disupermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasiproduk yang dijualnya dengan barcode.

g.Scanner

Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng copyatau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalammemori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalamharddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesinfotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat padakertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitorterlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasidan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupunfile gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasadigunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yangbiasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalahSCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer)pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampusensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanneryang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atauphoto dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (OpticalCharacter Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalambentuk teks.

h.Kamera Digital

Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya.Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan.  Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa. Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalammemori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkanatau ditransfer ke komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan kamera yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.

i.Mikropon dan Headphone

Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkansuara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suaraataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saatchating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keraslainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card danspeaker untuk mendengarkan suara.

 j.Graphics Pads

Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuatrancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat denganmenggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukanuntuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang digunakanmempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yangdihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah, yangpada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan (touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkankemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y.  Kedua, menggunaka nbantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum.  Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.

2. Process Device (unit Pemrosesan)

a.Power Supplay

Lower supplay menyediakan arus listrik untuk berbagai peralatan CPUpower supplay mengkonversi listrik dan menyediakan aliran listrik tetapuntuk digunakan komputer. Kualitas power supplay menentukan kwalitaskinerja komputer. Daya sebesar 300-400 wat yang disalurkan powersupplay biasanya cukup bagi komputer yang digunakan untuk pengetikanataupun grafik. Sementara, daya 400-500 watt dibutuhkan jika komputerbekerja menggunakan banyak menggunakan Periferal ( unit tambahan).

b.RAM(Random Access Memory)

 RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory biasanya disebut dengan istilah pendek yaitu Memori. Memory atau RAM merupakan sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara. Memory bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data-data penting yg dibutuhkan Processor dengan cepat untuk diolah menjadi informasi.

c.Kartu grafis (unit keluaran)

 Kartu grafis, atau kartu video adalah kartu ekspansi yang berfungsi untuk menciptakan dan menampilkan tampilan-tampilan di layar. Kartu grafis initerdiri dari rangkaian komponen elektronika. Biasanya tertancap pada slotdi papan utama CPU pada komputer. Beberapa kartu grafis menawarkanfungsi lain, seperti menangkap video, dan adaptor untuk penala TV,menguraikan MPEG-2 dan MPEG-4, FireWire, dan menghubungkanmenuju beberapa layar. Beberapa perusahaan yang membuat kartu grafisterkenal antara lain adalah ATI, Matrox, dan NVIDIA.

d.Prosesor (unit pemprosesan)

Pengertian Prosesor, atau yang biasanya disebut dengan CPU,  adalah otak dari komputer. Prosesor adalah komponen yang mengeksekusi perhitungankompleks yang memungkinkan komputer untuk bisa digunakanmenjelajah internet, memutar lagu di iTunes, dan menjalankan sistem operasi Anda.

e.Motherboard (unit pemprosesan)

Motherboard atau Papan induk adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung, motherboard biasa disingkat dengan kata mobo. Pada motherboard inilah perangkat keras sepertiHarddisk, ram, prosesor, kartu grafis, dan perangkat keras lain

3. Output device ( Unit keluaran )

a.Monitor

Monitor komputer adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa signal elektronik, dalam hal ini berupagambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi. Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda. Resolusi inilah yang akan menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan pada layar monitor. Jenis-jenis monitor saat ini sudah sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar dengan layar cembung, sampai dengan bentuk yang tipis dengan layar datar (flat).

b.Printer

Printer merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan padakomputer yang berfungsi untuk menghasilan cetakan baik berupatulisan ataupun gambar dari komputer pada media kertas atau yangsejenisnya. Jenis printer ada tiga macam, yaitu jenis Printer Dotmetrix, printer Ink jet, dan printer Laser jet.

c.Speaker

 Speaker di sini pengertiannya sama dengan speaker pada umumnya,Speaker adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensiaudio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yangberbentuk selaput.

4. Backing Storage ( unit penyimpanan)

Harddisk (HDD)

Harddisk bisa juga disebut Harddisk drive (HDD) atauhard drive (HD), Harddisk adalah sebuah salah satu perangkat keraskomputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sekunder, didalam harddisk berisi piringan magnetis. Harddisk pertama kali diciptakanoleh salah satu insinyur IBM, ia adalah Reynold Johnson pada tahun 1956.Harddisk yang juga dikenal dengan nama piringan keras ini pertama kaliterdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki atau 0,6 meter, dengan kecepatanputaran mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitaspenyimpanan 4,4 MB. Data yang disimpan dalam harddisk tidak akanhilang ketika tidak diberi tegangan listrik. Dalam sebuah harddisk, biasanyaterdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yangdapat ditampung. Dalam perkembangannya harddisk ukuran fiskiknyamenjadi semakin tipis dan kecil namun memiliki daya tampung data yangsangat besar. Harddisk saat juga tidak hanya dapat terpasang di dalamperangkat (internal) tetapi juga dapat dipasang di luar perangkat (eksternal)dengan menggunakan kabel USB ataupun kabel lain yang mendukung.

5. Periferal (unit tambahan)

Contoh perangkat keras komputer yang termasuk dalam unit tambahan atauperiferal antara lain :

a.Modem

Pengertian Modulator adalah suatu rangkaian yang berfungsi

melakukan proses modulasi, yaitu proses “menumpangkan” data pada

frekuensi gelombang pembawa (carrier signal) ke sinyal informasi/pesan agar bisa dikirim ke penerima melalui media tertentu (seperti media kabel atau udara), biasanya berupa gelombang sinus. Dalam hal ini sinyal pesan disebut juga sinyal pemodulasi. Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital dirubah menjadi sinyal Analog.

b.Kartu Suara

Kartu suara (Sound Card) adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara. Pada awalnya,  Sound Card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer. Namun sekarang, sound card adalah perangkat wajib di setiap komputer. Dilihat dari cara pemasangannya,  sound card dibagi 3:

  1. Sound Card Onboard, yaitu sound card yang menempel langsungpada motherboard komputer.
  2. Sound Card Offboard, yaitu sound card yang pemasangannya dislot ISA/PCI pada motherboard. Rata-rata, sekarang sudahmenggunakan PCI.
  3. Soundcard External, adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal, seperti USB atau FireWire.

BAB IV

SOFTWARE

1.Pengertian Software

Perangkat lunak komputer, atau software, adalah istilah umumuntuk data yang diformat dan disimpan secara digital,termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca danditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras komputer.

B.Macam – macam Software

1.Bahasa Pemograman

Bahasa Pemograman dibuat agar manusia atau brainware dan komputer dapat saling berhubungan dengan baik. Beberapa bahasa pemograman yangbiasa digunakan, antara lain bahasa C, Basic, fortran, visual basic, Delphi, Java, dll.

2.Sistem Operasi Komputer

Sistem operasi adalah perangkat lunak yang mengatur fungsi dasar dari sebuah komputer. Sistem operasi bertugas melakukan kontrol pada semua aplikasi program pada komputer termasuk pengaturan perangkat keras dansistem input-output. Contoh sistem operasi : Microsoft DOS, MicrosoftWindows, Ubuntu (linux), Macintosh, dll. Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian:

  • Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory
  • Kernel, yaitu inti dari sebuah Sistem Operasi
  • Shell atau Command Interpreter , yang bertugas membaca input daripengguna
  • Library, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yangdapat dipanggil oleh aplikasi lain
  • Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrol mereka.

 a.Microsoft DOS dan Microsoft Windows

 Sistem operasi mulai memasuki dunia komputer rumah tangga setelah adanya Microsoft DOS dari perusahaan software Microsoft. Sistem operasi ini belum menunjang penggunana komputer secara banyak tugas (multitasking) dan Sistem operasi baru memasuki dunia multi tasking setelah Microsoft merilis Sistem operasi baru dengan nama Microsoft Windows. Microsoft Windows terus berkembang pesat sehingga merajai pasarperangkat lunak dunia. Diawali dengan larisnya Windows 95, Microsoft terus memperkokoh dominasinya dengan berturut-turut meluncurkan Windows 98, Windows 2000, Windows ME, Windows XP, Windows Vista, dan Windows 7.

b.Macintosh dari Apple

 Selain Microsoft, perusahaanperangkat lunak yang lain adalah Appledengan produknya yang dilabeli dengannama Macintosh Operating System(MacOS). MacOS pertama diluncurkanpada tahun 1984 untuk menjalankankomputer apple yang diberi namaMacintosh. Sistem operasi ini tidak kompatibel dengan komputer buatanIBM.

c.MacOS

MacOS adalah sistem operasi komputer pertama yang menggunakan anta rmuka pengguna berbasis grafis (bukan teks) atau yang sering disebut dengan GUI (Graphical User Interface). Generasi MacOS diawali dengan penyebutan dengan menggunakan kata Sistem, sepertiSistem 6, Sistem 7  hingga kini menggunakan MacOS 9 dan yang terbaru adalah MacOS X .

d.Linux dan Opensource

 Dua sistem operasi yangdisebutkan diatas adalah sistemoperasi yang berbayar, artinya kita harus membelinya untuk dapat menempatkan sistem operasi tersebut kedalam komputer pribadikita. Pada beberapa kasus memang ditemukan penggunaan sistem operasi windows dengan mode lmengkopi dari komputer yang satu ke komputer yang lain tanpa harusmembeli namun ini adalah termasuk tindakan pembajakan.Pada tahun 1991 muncul wacana membuat sistem operasi dari kode Unix. Gagasan ini diawali oleh mahasiswa inggris yang bernama LinusThorvalds. Sistem operasi yang dihasilkan oleh proyek ini kemudiandisebut dengan Linux. Karena sifatnya yang gratis dan kode program yang terbuka (open source) maka Linux menjadi terus berkembang dan menjalar ke seluruh dunia.

3.Software Utlility

Perangkat lunak utility dibuat untuk keperluan khusus, seperti memperbaiki data yang rusak atau ingin mengembalikan data yang hilang. Perangkat lunak sistem operasi biasanya sudah menyertakan utility, tetapi banyak program utility yang terpisah dari sistem operasi dan dibuat oleh perusahaan yang berbeda. Ada yang berfungsi untuk melihat file, memeriksa hardisk atau disket, dan ada juga aplikasi untuk mendeteksi virus. Contoh darisoftware utility yaitu Avira, AntiVir, Disk Defragmenter, TuneUp Ultilities,Disk Cleanup, dll.

4.Program Aplikasi Program aplikasi bersifat lebih khusus jika dibandingkan dengan sistemoperasi. Perangkat lunak ini secara khusus menangani kebutuhan pekerjaandari pengguna seperti mengetik, membuat tabel, memainkan musik, memutarvideo, dan browsing internet atau interkoneksi dengan sesama komputer lokal.Masing-masing program aplikasi komputer dibuat dan dikembangkansecara khusus pada bidangnya masing-masing. Aplikasi perkantoran yangterkenal adalah produk Microsoft, yaitu Microsoft OFFICE. MicrosoftOFFICE terdiri dari Microsoft Word untuk mengetik dan pengolah kata,Microsoft Excel untuk aplikasi tabel dan spreadsheet, dan MicrosoftPowerpoint untuk keperluan presentasi.

Selain Microsoft Office kini muncul OpenOffice dan Lotus Symphonysebagai alternatif pengganti aplikasi perkantoran yang berbayar tersebut.Contoh Aplikasi komputer yang lain :

  • Aplikasi grafis, seperti: CorelDraw, Photoshop, ACDsee
  • Aplikasi Multimedia, seperti: Windows Media Player, Winamp,PowerDVD, Klite
  • Aplikasi Browser, seperti: Mozilla Firefox, Google Chrome, InternetExplorer
  • Aplikasi Programming, seperti: Visual Studio, Delphi, C++ Builder
  • Aplikasi Web Designer, seperti: Dreamweaver, Frontpage

5.Driver Perangkat Keras

Driver adalah Perangkat lunak yang mengatur dan mengendalikan kinerja dari senuah perangkat keras. Biasanya driver diperoleh dari vendor sebuah perangkat keras. Contoh perangkat yang sering membutuhkan instalasi driver yaitu SoundCard, VGA Card, dan LAN Card. Tanpa driver kadang suatu perangkat keras masih dapat berfungsi namuntidak dapat mencapai performa yang optimal, karena yang digunakan adalahdriver universal. Jadi fungsi fungsi khusus yang merupakan kelebihan sebuah perangkat keras tidak dapat berfungsi dengan baik.

BAB V

PERAWATAN BERKALA

A.Perawatan Hardware

Agar komputer tetap dapat beroperasi dengan baik setiap saat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan :

  1. Bersihkan secara berkala komputer unit, monitor, dan keyboard daridebu dan kotoran. Debu dan kotoran yang menumpuk di komputerunit akan menghalangi proses pendinginan dan dapat menghambataliran listrik antarmodul perangkat kerasnya.
  2. Bersihkan disk drive dengan disk cleaner agar CD atau disket dapat terbaca dengan baik.
  3. Cabutlah kabel power dari jaringan listrik, jika komputer sedang tidak digunakan.

B.Perawatan Software

Selain hardware, komputer juga perlu dirawat programnya/softwarenyasehingga tetap berjalan lancar dan tidak “eror”. Berikut adalah beberapa cara merawat software komputer :

  1. Hapuslah file– file yang sudah tidak berguna dengan menggunakan tool “Disk Cleanup”.
  2. File – file juga menjadi tidak beraturan letak dan posisinya dihardisk dalam jangka waktu penggunaan tertentu. Untuk merapikannya gunakan tool “Defrag”.

BAB VI

KESIMPULAN DAN SARAN

A.Kesimpulan

Komputer adalah teknologi yang paling banyak digunakan pada masa kini. Komputer tidak dapat beroprasi dengan baik tanpa ketiga unsur perangkat komputer yaitu hardware, software dan brainware. Hardware adalah wujud fisik dari komputer dan perangkat pendukungnya, software adalah sejumlah intruksi atau program yang dibuat untuk menjalankan atau memproses di hardware, dan brainware  adalah manusia yang mengendalikan dan mengoperasikan komputer. Ketiga unsur tersebut saling berhubungan dan membentuk kesatuan. Hardware tidak akan berfungsi tanpa software, demikian juga sebaliknya. Demikian juga, kedua perangkat tersebut tidak akan bermanfaat apabila tidak ada manusia (brainware) yang mengoperasikan dan mengendalikannya.

B.Saran

Dari uraian tersebut di atas serta kesimpulan yang telah saya sampaikan. Disarankan mempelajari hardware dan software dengan kemampuan yang maksimal agar dapat menggunakan komputer lebih menguasai, sebagaimana diketahui perkembangan elektronik dari tahun ketahun terutama komputer lebih berkembang dan lebih maju sehingga apabila kita tidak mempelajari hardware dan software maka akan jauh tertinggal. Disamping itu pula diperlukan perawatan berkala terhadap software dan hardware agar komputer tetap dapat beroperasi.

DAFTAR PUSTAKA
  • www.makalahkita.com