Contoh Makalah TIK Microsoft Office Yang Benar

Contoh Makalah TIK Microsoft Office Yang Benar

Makalahkita.com – Contoh Makalah TIK Microsoft Office Yang Benar yang saya bagikan ini sebagai bahan informasi referensi dalam pembuatan makalah yang benar. Kembali ke tema pembahasan contoh makalah. Tujuan saya ingin membatu adik-adik atau rekan-rekan yang lain dalam menyelesaikan tugas makalah sekolah maupun tugas makalah kuliah. Seperti yang saya alami ketika mengenyam bangku pendidikan di beri tugas untuk membuat makalah, namun saya agak kesulitan karena waktu dulu saya cari referensi hanya dari buku dan itu pun terbatas. Untuk itu silahkan menikmati contoh makalah berikut ini.

Adapun untuk Ukuran Margin, Font, dan Spasi Makalah Yang Benar adalah Sebagai Berikut:

  1. Margin : Top 4, Left 4, Botton 3 dan Right 3 ( cm)
  2. Font : Times New Roman Ukuran 12
  3. Kertas : Size A4
  4. Spasi : 1.5

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL …………………………………………………………………….. i
KATA PENGANTAR ………………………………………………………………….. ii
DAFTAR ISI ………………………………………………………………………………… iii

BAB I PENDAHULUAN ……………………………………………………………… 1

A. Latar Belakang Masalah…………………………………………………………. 1
B. Rumusan Masalah…………………………………………………………………. 1
C. Tujuan Penulisan…………………………………………………………………… 2

BAB II PEMBAHASAN ……………………………………………………………….. 3

A. Pengertian Microsoft Office dan Perkembangan Microsoft Office 3
B. Aplikasi yang tergabung dalam Microsoft Office……………………… 8
C. Menjalankan Aplikasi Pada Microsoft Office…………………………… 13

BAB III KESIMPULAN ……………………………………………………………….. 26
DAFTAR PUSTAKA

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Di saat ini komputer tidak bisa dipisahkan dari kehidupan, baik itu merupakan bagian dari pekerjaan atau bukan, yang jelas hal ini seakan menegaskan kalau komputer itu bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan, paling tidak itu tercermin bagi sebagian besar kehidupan para urbanis. Komputer telah menjadi suatu kebutuhan dan memiliki peranan yang sangat penting di masyarakat. Hal ini berlaku di negara-negara yang sudah maju maupun di negara-negara yang sedang berkembang.

Perkembangan teknologi komputer yang pesat, khususnya di bidang perangkat lunak, membuat computer menjadi semakin user friendly dan telah menjadikannya suatu kebutuhan bagi kalangan tertentu, sehingga dalam melakukan pekerjaan mereka sangat tergantung pada komputer.

Secara umum aplikasi yang sering digunakan oleh user adalah aplikasi perkantoran baik itu oleh seorang programmer, gamer, banker, atau yang lainnya. Ada beberapa aplikasi perkantoran yang banyak digunakan, baik itu bersifat berbayar atau gratis, diantaranya adalah Microsoft Office (MS-Office).[1] Microsoft Office adalah sebutan untuk paket aplikasi perkantoran buatan Microsoft dan dirancang untuk dijalankan di bawah sistem operasi Windows.

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang diatas, maka yang menjadi rumusan permasalahan dalam penulisan ini adalah:

1. Apakah yang dimaksud dengan Microsoft Office dan bagaimanakah perkembangannya?
2. Apa saja Aplikasi yang tergabung dalam Microsoft Office?
3. Bagaimanakah cara menjalankan aplikasi pada microsoft office?

C. Tujuan Penulisan

Adapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk:

1. Mengetahui pengertian Microsoft Office dan perkembangannya Microsoft Office.
2. Mengetahui program yang tergabung dalam Microsoft Office.
3. Mengetahui cara menjalankan aplikasi pada microsoft office.

BAB II
PEMBAHASAN

A. Pengertian Microsoft Office dan Perkembangan Microsoft Office

1. Pengertian Microsoft Office

Sesuai dengan namanya, software ini diproduksi oleh perusahaan raksasa bernama Microsoft. Microsoft Office adalah sebutan untuk paket aplikasi perkantoran buatan Microsoft dan dirancang untuk dijalankan di bawah sistem operasi Windows. Beberapa aplikasi di dalam Microsoft Office yang terkenal adalah Excel, Word, dan PowerPoint. Microsoft Office untuk Windows dimulai pada bulan Oktober 1990 sebagai paket dari tiga aplikasi yang dirancang untuk Microsoft Windows 3.0: Microsoft Word untuk Windows 1.1, Microsoft Excel untuk Windows 2.0, dan Microsoft PowerPoint untuk Windows 2.0.[2]

2. Perkembangan Microsoft Office

Paket Microsoft Office pertama kali diperkenalkan pada tahun 1989. Dalam paket perdananya, Office 1.0 berisi bundel aplikasi Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft PowerPoint untuk komputer Apple Macintosh. Setahun kemudian, atau tepatnya tahun 1990, barulah Microsoft menyediakan Microsoft Office untuk sistem operasi Windows. Dalam pilihan paketnya, disediakan versi “Pro” yang menyertakan Microsoft Access dan Schedule Plus.[3]

Setelah versi perdana itu muncul, generasi-generasi penerus Office pun bermunculan. Serentetan aplikasi perkantoran yang berjalan di atas sistem operasi Macintosh antara lain Office 2 (rilis tahun 1992), Office 3 (rilis tahun 1993), Office 4 (rilis tahun 1994), Office 98 (rilis tahun 1998), Office 2001 (rilis tahun 2000), Office v.X (rilis tahun 2001), Office 2004 (rilis tahun 2004), dan Office 2008 yang dirilis pertengahan 2007. [4]

Untuk sistem operasi Windows, tersedia versi Office 3.0 yang dirilis 30 Agustus 1992, berisi Word 2.0, 4.0 Excel, PowerPoint 3.0 dan Mail 3.0. Ini adalah versi pertama Office yang juga dirilis pada CD-ROM. Pada versi tersebut Microsoft Office menyertakan Microsoft Word sebagai pengolah kata, Microsoft Excel sebagai pengolah angka, Microsoft PowerPoint digunakan sebagai aplikasi presentasi yang handal dan Microsoft Mail digunakan untuk menerima dan mengirim email. Pada tahun 1993, Microsoft Office Professional dirilis, yang ditambahkan Microsoft Access 1.1.

Setelah populer dengan Microsoft Office 3.0, Kemudian Microsoft meluncurkan Office 4.0 (rilis 17 Januari 1994), Office for NT 4.2 (rilis 3 Juli 1994), Office 4.3 (rilis 2 Juni 1994).

Kemudian diluncurkan Office 95 (rilis 30 Agustus 1995). Sekali lagi, nomor versi yang diubah untuk menciptakan paritas di paket. Office 95 tersedia dalam dua versi, Office 95 Standard dan Office 95 Professional. Versi standar terdiri dari Word 7.0, Excel 7.0, 7.0 PowerPoint, dan Schedule + 7.0. Edisi profesional berisi semua item dalam versi standar ditambah Access 7.0. Jika versi profesional dibeli dalam bentuk CD-ROM, juga termasuk Bookshelf. Pada sistem operasi ini Microsoft merombak total Windows versi 3.1 dan Windows 3.11 for Workgroup, perubahan yang cukup signifikan dalam sejarah sistem operasi PC saat itu.

Office 97 (rilis 30 Desember 1996). Versi ini dirilis dengan banyak fitur dan pengembangan dibandingkan versi sebelumnya. Pengenalan terhadap command bar, sesuatu hal yang baru dimana menu dan toolbar dibuat lebih mirip dengan visual designnya. Office 97 juga memiliki fitur Natural Language System dan Sophisticated Grammar Checking. Ini versi yang pertama kalinya menggunakan Office Assistant.

Office 2000 (rilis 27 Januari 1999). Pada versi ini banyak opsi-opsi disembunyikan. Tentunya opsi tersebut juga penting, tetapi kecil penggunaannya oleh orang awam. Jika ingin digunakan opsi ini dapat dimunculkan. Office 2000 adalah versi terakhir yang bisa dijalankan di Windows 95. Pada versi ini juga tidak ada Product Activation.

Office XP (rilis 31 Mei 2001).[5] Dirilis bersamaan dengan Windows XP, dan merupakan upgrade besar dengan berbagai perangkat tambahan dan perubahan atas Office 2000. Office XP memperkenalkan fitur Safe Mode, yang memungkinkan aplikasi seperti Outlook untuk boot jika dinyatakan mungkin gagal. Adanya Safe Mode memungkinkan untuk mendeteksi dan memperbaiki atau memotong sumber masalah, seperti registry yang rusak atau rusak add-in. Tag Smart adalah sebuah teknologi diperkenalkan dengan Office XP. Beberapa tag cerdas beroperasi berdasarkan aktivitas pengguna, seperti membantu dengan kesalahan mengetik. Tag ini pintar yang disertakan dengan produk, dan tidak diprogram. Untuk pengembang, meskipun, ada kemampuan untuk membuat tag kustom cerdas. Dalam Office XP, tag kustom pintar bisa bekerja hanya dalam Word dan Excel. Microsoft Office XP termasuk perintah suara terintegrasi dan kemampuan dikte teks, serta pengenalan tulisan tangan. Office XP adalah versi terakhir untuk mendukung Windows 98, ME dan NT 4.0. Ini adalah versi pertama membutuhkan Aktivasi Produk sebagai tindakan anti-pembajakan, yang menarik kontroversi luas.

Office 2003 (rilis 17 November 2003). Sesuai namanya, versi ini dirilis pada tahun 2003. Dengan fitur logo baru. Dua aplikasi baru juga ada yaitu, Microsoft InfoPath dan OneNote. Ini versi yang pertama kalinya menggunakan gaya Windows XP beserta Icon-nya. Outlook 2003 memberikan fungsi yang telah berkembang seperti Kerberos authentication, RPC over HTTP, dan Cached Exchange Mode.

Sesuai namanya, versi ini dirilis pada tahun 2003. Dengan fitur logo baru. Dua aplikasi baru juga ada yaitu, Microsoft InfoPath dan OneNote. Ini versi yang pertama kalinya menggunakan gaya Windows XP beserta Icon-nya. Outlook 2003 memberikan fungsi yang telah berkembang seperti Kerberos authentication, RPC over HTTP, dan Cached Exchange Mode. Pada versi ini juga ada penyaring junk mail yang telah dikembangkan. Versi ini juga merupakan versi yang paling banyak dipakai di Indonesia terutama untuk dalam kurun waktu terakhir 2009. Dari kesemua versi itu, Office 2000 menjadi generasi terakhir yang mendukung Windows 95, sementara Windows 98, Me, dan NT4 hanya didukung hingga Office XP.[6]

Sejalan dengan pekembangan sistem operasi Microsoft Windows, Microsoft Office sendiri terus berkembang dan semakin mapan dan terus digandrungi serta digunakan oleh sebagian besar masyarakat komputer di dunia, termasuk di Indonesia. Terbukti dengan dirilisnya Office 2007 pada tanggal 30 Januari 2007. Memiliki fitur baru, office 2007 memiliki design tampilan baru. Untuk penginstallannya membutuhkan minimal Windows XP SP 2. Pada tahun 2009 Office ini sudah banyak dipakai sekarang dan mulai menggeser kedudukan Office 2003. Indonesia memang agak lambat untuk menyesuaikan diri dengan adanya peningkatan teknologi. Office 2002 maupun di Office 2003 masih bisa digunakan, namun kali ini Microsoft merobak total dan kalau kita ingat hampir sama ketika Microsoft merobak total Windows 3.1 dan Windows 3.11 ke Windows 95 dan Windows NT.

Microsoft Office 2007 hadir dengan fasilitas yang disebut dengan Ribbon. Ribbon ini dimaksudkan untuk memudahkan pengguna menggunakan semua features yang ada di Office 2007 dengan one klik hingga waktu pengerjaan bisa dihemat dengan sangat berarti, demikian menjelaskan salah satu kelebihan Microsoft Office 2007 yang diluncurkan tanggal 7 Desember 2006. Perubahan yang cukup signifikan dari Office 2007 ini antara lain User Interface. Pada aplikasi ini nyaris tidak terlihat menu-menu seperti versi sebelumnya. Di sini semua menu diganti dengan penampilan ikon yang inopatif dan informatif.

Dengan sedikit menu dan nyaris tidak terlihat sub menu ini akan memudahkan bagi pemakai. Beberapa Interface yang ada di Office 2007 yang dirombak secara total antara lain tombol-tombol menu, sehingga menu yang terdapat pada Office 2007 lebih transparan dan teratur sehingga mudah penggunaannya. Menu dropdown yang ada pada versi sebelumnya kini hampir tidak ada, pada menu home misalnya, terdapat pilihan Clipboard, Font, Paragraph, Styles, dan Editing. Sedangkan untuk pilihan-pilihan yang tersedia berbentuk horizontal dan menggabungkan teks dan icon sehingga sangat mudah dan tidak perlu masuk dari menu ke sub menu.

Pada versi lama Menu File merupakan menu awal yang sangat berguna untuk melakukan setting awal, seperti untuk menentukan ukuran kertas, menyimpan file, mencetak file dan sebagainya. Pada Office 2007 menu tersebut berubah total. Menu File pada sebelumnya kini hadir dengan sebuah ikon lingkaran dengan logo Office yang terletak di pojok kiri atas. Ketika pemakai mengklik ikon tersebut akan tampak pilihan-pilihan New, Open, Convert, Save, Save As, dan lain-lain. Perubahan menu ini berlaku untuk semua keluarga Microsoft Office 2007. Jadi kalau Anda sudah membuka Microsoft Word 2007, maka ketika masuk ke aplikasi lainnya menu yang ditampilkan relatif hampir sama. Dengan demikian pemakai tidak akan kerepotan karena semua pilihan sudah bisa digunakan tanpa harus tersesat.

Kemudian Microsoft meluncurkan Office 2010 yang dirilis pada tanggal 15 April 2010. Aplikasi yang diberi nama Office 14, atau kadang disebut juga Office 2010 itu memang telah dipersiapkan Microsoft dengan matang untuk menjadi jagoan baru Microsoft Office. Walaupun belum lengkap, terdapat banyak fitur menarik yang ditawarkan Microsoft Office 2010 ini, antara lain (1) tampilan splash screen lebih keren, (2) file atrribute langsung ditampilkan ketika kita klik tombol office (yang didalamnya memuat menu open, save, close, exit, print, dll),(3) pengaturan page setup dan print dalam satu halaman pada print preview, sehingga lebih cepat dalam mengatur dokumen yang akan dicetak, support untuk menyimpan file dalam format pdf, xps dokumen, open documet, (4) dilengkapi screenshoot, yaitu fungsi untuk menginsert gambar dari jendela-jendela software yang sedang aktif pada windows, semudah memasukkan gambar dari clip art, (5) pada power point, kita dapat mengedit tabel dari microsoft excel (support insert object microsoft excel).

Versi terbaru dari Aplikasi Microsoft Office adalah Office 15 (Office 2013) yang diluncurkan 29 Januari 2013.[7] Office 2013 lebih berbasis cloud dari versi sebelumnya. Hal ini terkenal sebagai lokasi default save adalah pengguna SkyDrive. Microsoft Office 2013 termasuk dukungan diperbarui untuk ISO/IEC 29500, versi Standar Internasional Office Open XML (OOXML) format file serta OASIS ODF 1.2 yang Office 2013 dapat membaca dan menulis. Fitur baru juga termasuk modus Baca baru di Word, mode Presentasi dalam PowerPoint dan sentuhan ditingkatkan dan tinta dalam semua program Office. Microsoft Word juga dapat menyisipkan video dan audio dari sumber online serta kemampuan untuk menyiarkan dokumen di Web

B. Aplikasi Yang Tergabung Dalam Microsoft Office

Ada terdapat banyak aplikasi yang tergabung dalam Microsoft Office, diantaranya adalah:

1. Microsoft Word

Merupakan suatu program pengolah kata dengan lembar kerja berupa dokumen. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word. Di Microsoft Office 2013, namanya cukup dinamakan Word. Umumnya program aplikasi ini digunakan untuk mengetik dan mengolah naskah atau teks dengan tampilan atau format yang dapat diatur sesuai dengan fasilitas yang ada, pengetikan dalam bentuk tabel dan pembuatan Mailmerge (surat massal).[8]

2. Microsoft Excel

Merupakan suatu program spreadsheet atau lembar kerja yang berguna untuk mengolah data bertipe numerik (angka). Lembar kerja program ini berbentuk tabel yang digunakan untuk memudahkan pemakai dalam proses penginputan data numerik. Dcngan program ini kita dapat memasukkan suatu formula atau rumus sekaligus memformat tampilannya serta membuat suatu laporan dalam berbagai bentuk. Umumnya program aplikasi ini digunakan untuk membuat laporan data angka dalam bentuk tabel yang besar seperti : laporan penjualan dan pembelian barang, laporan jumlah penerimaan siswa, laporan keuangan, dan sebagainya. [9]

3. Microsoft PowerPoint

Merupakan suatu program presentasi dengan bentuk tampilan lembar kerja berupa slide. Umumnya program aplikasi ini digunakan untuk membuat lembar presentasi dalam bentuk teks, objek maupun grafik yang dapat diatur tampilannya dengan berbagai bentuk pilihan. [10] PowerPoint berjalan di atas komputer PC berbasis sistem operasi Microsoft Windows dan juga Apple Macintosh yang menggunakan sistem operasi Apple Mac OS, meskipun pada awalnya aplikasi ini berjalan di atas sistem operasi Xenix. Aplikasi ini sangat banyak digunakan, apalagi oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa, dan trainer. Dimulai pada versi Microsoft Office System 2003, Microsoft mengganti nama dari sebelumnya Microsoft PowerPoint saja menjadi Microsoft Office PowerPoint. Lalu, pada Office 2013, namanya cukup disingkat PowerPoint. Versi terbaru dari PowerPoint adalah versi 15 (Microsoft Office PowerPoint 2013) yang tergabung ke dalam paket Microsoft Ofice 2013.

4. Microsoft Access

Merupakan suatu program database atau pengolah data yang hampir sama seperti MS. Excel. Per-bedaannya adalah bahwa program ini memiliki tampilan lembar kerja yang berbeda, mampu digunakan untuk me-nyimpan data tabel yang lebih besar dari MS. Excel. Tipe data pada MS. Access juga lebih spesifik dibandingkan di MS. Excel. Umumnya program aplikasi ini digunakan untuk membuat suatu file database yang berisi objek tabel (proses input data), query (untuk membuat suatu formula), form (tampilan proses input data), serta report (tampilan bentuk laporan).[11]

5. Microsoft Outlook

Suatu program aplikasi pengolah e-mail yang merupakan salah satu sarana atau media untuk berkomunikasi di komputer melalui jaringan Intemet atau secara offline. Umumnya program aplikasi ini digunakan untuk membuat pesan atau e-mail, melakukan proses pengi-riman pesan atau e-mail secara cepat, dan bahkan untuk mengirim file atau objek gambar.[12]

6. Microsoft Front Page

Merupakan sebuah program aplikasi editor HTML yang berbasis WYSIWYG dan juga bertindak sebagai alat bantu administrasi situs web yang dikembangkan oleh Microsoft untuk jajaran sistem operasi Windows. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office dari tahun 1997 hingga 2003. Versi Macintosh-nya pun pernah dimunculkan pada tahun 1998, tapi tidak dikembangkan lagi. FrontPage sekarang telah usang, dan digantikan oleh Microsoft Expression Web dan Microsoft SharePoint Designer, yang dirilis pada bulan Desember 2006.[13]

7. Microsoft InfoPath

Merupakan sebuah program aplikasi yang digunakan untuk mengembangkan formulir pemasukan data berbasis XML, yang dirilis pertama kali sebagai bagian dari Microsoft Office System 2003, dan kini menjadi bagian dari Microsoft Office System. Ketika dikembangkan, InfoPath memiliki nama kode XDocs, dan menawarkan fitur-fitur seperti kemampuannya untuk membuat dan menampilkan dokumen XML dengan dukungan terhadap skema XML yang didefinisikan sendiri.[14]

8. Microsoft Publisher

Merupakan paket aplikasi Perkantoran Microsoft yang sangat berguna untuk Desktop Publisihing, membuat Surat Kabar, Kartu Ucapan dan sebagainya. Microsoft Publisher awalnya dirilis untuk Microsoft Office 2003 lalu selanjutnya untuk Microsoft Office 2007 dan yang terbaru Microsoft Office 2010 untuk edisi Professional.[15]
9. Microsoft One Note

Microsoft Office OneNote adalah paket perangkat lunak untuk mengumpulkan informasi gratis-bentuk dan kolaborasi multi-user. Sementara OneNote yang paling sering digunakan pada laptop atau PC desktop, ia memiliki fitur tambahan untuk digunakan pada pena-PC Tablet diaktifkan, dalam lingkungan dimana pena, catatan audio atau video yang lebih tepat daripada penggunaan intensif dari keyboard.[16]

10. Microsoft Groove

Microsoft Office Groove 2007 adalah aplikasi desktop yang merupakan bagian dari aplikasi Office 2007 yang didesain untuk kolaborasi dokumen dalam tim kerja dengan anggota yang sering kali offline. Dengan Office Groove 2007, kita bisa berkolaborasi dengan anggota team baik dari luar maupun dalam perusahaan, tanpa harus bergantung pada IT serta teknisnya seperti urusan firewall, server, keamanan, atau cara mengakses network.[17]

C. Menjalankan Aplikasi Pada Microsoft Office

Seperti telah dijelaskan pada bagian sebelumnya, banyak aplikasi yang tergabung dalam Microsoft Office. Namun pada kali ini hanya akan dibahas mengenai aplikasi Microsoft Office yang paling sering digunakan yaitu Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft PowerPoint dan Microsoft Acces dengan menggunakan Microsoft Office 2007.

1. Microsoft Word

Berikut ini adalah langkah dasar menjalankan aplikasi Microsoft Word

a. Membuka Microsoft Word

Untuk membuka Microsoft Word, ada beberapa cara, diantaranya adalah :

1) Klik Tombol Start yang ada di taskbar.

2) Pilih menu Program

3) Kemudian pilih dan klik program aplikasi Microsoft Word.Tunggu sampai jendela program Microsoft Word ditampilkan.[18]

b. Membuat Dokumen Baru

Jika baru memulai mengoperasikan Microsoft Word, biasanya akan langsung ditampilkan dokumen kosong yang siap untuk ditulisi. Namun, jika komputer tidak secara otomatis menyediakan dokumen kosong, cara berikut ini bisa menjadi alternatif dalam membuat dokumen baru.

1) Pada jendela Microsoft Word , pilih menu File, klik tombol New, kemudian klik tombol General.

2) Double klik pada icon Blank Document untuk membuat dokumen baru.

3) Jendela siap untuk digunakan pengetikan.[19]

Atau bisa juga menggunakan alternatif lain :

1) Klik tombol New Document yang ada pada baris menu.

2) Pada jendela program Microsoft Word, dapat kita pilih menu File | New, maka setelah kita memilih Blank Document, dokumen kosong akan ditampilkan pada layar komputer anda.

3) Selain kedua alternatif di atas, bisa juga dengan langsung menekan tombol Ctrl+N, maka dokumen baru akan ditampilkan di layar.[20]

c. Membuka file yang sudah tesimpan

1) Klik menu File dan klik tombol Open, maka akan tampil kotak dialog Open.

2) Pilih file yang ingin dibuka dengan menentukan letak foldernya terlebih dahulu.

3) Klik pada nama file yang akan dibuka.

4) Klik tombol Open, maka file yang tadi dipilih akan dibuka oleh Microsoft Word.

d. Menyimpan Dokumen

1) Segera setelah memulai pengetikan, sebisa mungkin dilakukan penyimpanan. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kemungkinan kehilangan dokumen.

2) Pada jendela Microsoft Word , pilih menu File, klik tombol Save.

3) Pada layar akan ditampilkan kotak dialog Save. Ketikkan nama file dokumen, dan klik Save.

Lakukan penyimpanan file sesering mungkin, untuk menghindari kemungkinan komputer padam secara mendadak.[21]

e. Menutup File Dokumen

1) Setelah menyimpan file dokumen, untuk menutup file, pada jendela Microsoft Word, pilih menu File, klik tombol Close, maka Microsoft Word akan menutup file dokumen yang sedang aktif.

2) Atau bisa dilakukan dengan menekan tombol close pada baris menu.[22]

f. Menutup Jendela Microsoft Word

1) Pada jendela Microsoft Word, pilih menu File, klik Exit, maka jendela Microsoft Word akan tertutup.

2) Pastikan bahwa dokumen yang telah anda ketik sudah tersimpan dengan benar.

3) Selain dengan menu File, menutup jendela Microsoft Word juga dapat dilakukan dengan mengklik tombol X yang terletak di pokok kanan atas dari jendela Microsoft Word.[23]

g. Membuat naskah

Berikut ini adalah lembar kerja dari Microsoft Word

Keterangan:

· Microsoft Office Button
· Menu bar
· Quick Access Toolbar
· Tittle Bar
· Tombol Ukuran
· Toolbar
· Ruler
· Jendela Dokumen
· Scroll Bar
· Status Bar
· View Toolbar
· Zoom In / Out

1) Memulai Pembuatan Naskah

a) Aktifkan lembar kerja Microsoft Word
b) Aturlah Margin lembar kerja
c) Ketiklah naskah yang diinginkan

2) Setting / Mengatur Halaman Microsoft Word

a) Klik Page Layout
· Klik Tab Margin
· Pilih bentuk margin yang diinginkan
· Jika tidak ada ukuran yang cocok, klik di Custom Margin
b) Paper Size
· Klik di SIZE, kemudian tentukan ukuran kertas yang di inginkan.
· Jika tidak ada yang sesuai klik di More Paper Size

3) Tata Cara Penulisan Microsoft Word 2007

a) Untuk pengetikan huruf besar di awal kata atau kalimat, tekanlah tombol Shift bersamaan dengan tombol huruf awal kata (jika Caps Lock tidak hidup)
b) Untuk pengetikan naskah dalam huruf besar semua, tekan tombol Caps Lock.
c) Untuk menghapus kata atau kalimat sebelah kiri tekan tombol Backspace.
d) Untuk menghapus kata atau kalimat sebelah kanan tekan tombol Delete.
e) Untuk menurunkan kursor ke baris berikutnya tekan tombol Enter.
f) Untuk masuk ke paragraph baru tekan tombol Tab.
g) Untuk memberikan spasi pada suatu kata atau kalimat tekan tombol Spacing.
h) Untuk menuju ke awal kalimat teks tekan tombol Home.
i) Untuk menuju ke akhir kalimat teks tekan tombol End.
j) Untuk mengaktifkan tombol angka keyboard sebelah kanan tekan tombol Num Lock.

4) Pengaturan Perataan Teks Microsoft Word

Untuk meratakan teks, pilih salah satu bentuk perataan yang diinginkan:

a) Align Left (Ctrl + L) : Perataan teks sebelah kiri.
b) Center (Ctrl + E) : Perataan teks di tengah.
c) Align Right (Ctrl + R) : Perataan teks sebelah kanan.
d) Justify (Ctrl + J) : Perataan teks sebelah kiri dan kanan
h. Mengedit Naskah

1) Membuat Block Pada Teks

a) Menggunakan Keyboard, tempatkan kursor pada awal kata / kalimat yang akan diblock
b) Tekan tombol Shift sambil menekan tanda panah ( –> ) ke awal kata / kalimat.

2) Mengcopy Kata / Kalimat

a) Block kata / kalimat yang akan di-copy
b) Klik icon Copy atau dengan tombol Ctrl + C
c) Letakkan kursor pada tempat yang akan diletakkan hasil copy-an
d) Klik icon Paste atau dengan tombol Ctrl + V

3) Memindahkan Kata / Kalimat

a) Block kata / kalimat yang akan dipindahkan
b) Klik klik icon Cut atau dengan tombol Ctrl + X
c) Letakkan kursor pada tempat yang ingin dipindahkan.
d) Klik icon paste atau dengan tombol Ctrl +V

4) Membatalkan Perintah

Apabila dalam pengetikan tidak sengaja melakukan kesalahan, baik dalam pengeditan, pemformatan dan lain sebagainya maka gunakan:

a) Undo (Ctrl + Z) : Membatalkan pengeditan.
b) Redo (Ctrl + Y) : Membatalkan pembatalan pengeditan

5) Change Case

a) Blok kalimat / kata yang ingin dirubah format hurufnya.

b) Klik menu Home – Change Case

· sentence case : Mengubah kalimat pada teks dengan diawali huruf besar.
· lowercase : Mengubah kata atau kalimat dengan huruf kecil.
· Uppercase : Mengubah kata atau kalimat dengan huruf besar.
· title case : Mengubah setiap awal kata dengan huruf besar.
· tongle case : Mengubah setiap awal kata dengan huruf kecil

i. Pemformatan Naskah

1) Mengatur Paragraf dan Spasi

a) Klik icon Paragraph
b) Klik Indent and Spacing
c) Pada Spacing tentukan berapa spasi yang diinginkan
d) Klik Ok.

2) Bullets and Numbering

a) Bullets

· Blok atau tandai bagian naskah yang ingin dibuat Bullets.
· Klik tab Home klik icon bullet
· Untuk memilih jenis bullet klik tanda panak ke bawah, klik bullet yang anda harapkan.
· Selain itu juga bisa memilih alternatif Bulleted yang lain dengan mengklik Define New Bullet.
· Klik Character, lalu pilih jenis Bulleted yang Anda inginkan.
· Klik OK

b) Numbered

· Blok atau tandai bagian naskah yang ingin dibuat numbered.
· Klik tab Home klik icon numbered
· Untuk memilih jenis bullet klik tanda panak ke bawah, klik bullet yang anda harapkan.
· Selain itu juga bisa memilih alternatif Bulleted yang lain dengan mengklik Define New Bullet.
· Klik Character, lalu pilih jenis Bulleted yang Anda inginkan.
· Klik OK

2. Microsoft Excel

Untuk menggunakan dan mengaktifkan Excel 2007 dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut :

a. Klik menu START pada taskbar
b. Klik All Programs → Microsoft Office → Microsoft Office Excel 2007
Berikut ini adalah tampilan lembar kerja pada Microsoft Excel 2007[24]

a. Judul Window
Judul window (window title) terletak pada baris paling atas, yang menampilkan tulisan Microsoft Excel dan nama Workbook yang sedang aktif.

b. Office Button
Fitur yang baru didapat di Office 2007 yang berfungsi menggantikan menu File dan berlokasi di pojok kiri atas. Didalamnya berisi perintah-perintah standar seperti Open, Save, Print. Selain itu juga berisi perintah baru seperti Finish, Publish. Incpect Document.

c. Tab Sistem Menu
Sistem menu (menu system) merupakan sarana yang disediakan oleh Microsoft Excel untuk melakukan komunikasi antara pemakai dengannya.

d. Ribbon
Berisi perintah-perintah khusus yang merupakan submenu dari Tab Sistem Menu.

e. Penggulung Sheet
Untuk melihat worksheet yang tidak tampak di layar anda dapat memanfaatkan penggulung sheet. Ada 2 macam penggulungsheet, yaitu penggulung vertikal (vertical scroll bar) untuk melihatsheet yang panjang ke bawah, dan penggulung horisontal (horizontal scroll bar) untuk menampilkan data yang melebar ke samping.

f. Baris Formula
Baris formula (Formula bar) menyajikan 3 informasi, yaitu :

1) Pada kotak paling kiri (name box) menampilkan informasi tentang alamat atau nama dari sel atau range
2) Tanda sama dengan (=) dapat dimanfaatkan untuk memperbaiki formula (rumus)
3) Informasi paling kanan menampilkan isi dari suatu sel yang sedang

g. Judul Kolom

Judul kolom (column heading) merupakan nama kolom yang dimulai dari huruf A, B, C sampai Z kemudian sampai IV dengan total jumlah kolom sebanyak 256 (28) kolom.

h. Nomor Baris

Nomor baris (row number) dimulai dari nomor 1 sampai 65536 (216) Baris.

i. Baris Status

Baris status (status bar), menampilkan informasi yang berhubungan dengan kegiatan yang sedang dilakukan oleh Microsoft Excel dan status keyboard.

j. Tab Sheet

Standarnya (default), Microsoft Excel menyediakan 3 sheet. Sheet sering disebut dengan worksheet (lembar kerja), sedangkan kumpulan dari beberapa worksheet dinamakan workbook (buku kerja).

k. Penunjuk Sel

Penunjuk sel (sel pointer) digunakan untuk memberitahu Microsoft Excel dimana suatu aktivitas akan dilakukan, seperti memasukkan data, memformat sel, melakukan perhitungan dan sebagainya.

3. Microsoft PowerPoint

Ada banyak cara untuk membuka aplikasi PowerPoint namun pada dasarnya semuanya sama. Cara yang paling umum untuk memulai Microsoft PowerPoint antara lain adalah Klik menu Start→All Program → Microsoft Office → Microsoft Office PowerPoint 2007.[25]
Berikut ini adalah tampilan Microsoft Powerpoint 2007 beserta komponen-komponennya.

a. Office Button

Digunakan untuk menampilkan semua perintah yang berhubungan dengan pengolahan dokumen, seperti menambah lembar kerja, menyimpan dokumen, membuka, mencetak dan lain-lain.

b. Quick Access toolbar
Digunakan untuk menampilkan perintah secara cepat atau merupakan penampilan ikon cara cepat seperti shortcut. Cara menggunakannya dengan mengklik ikonnya. Dalam versi dasar terdapat tiga ikon yaitu save, undo, dan redo.

c. Menu Bar
Merupakan bagian yang berbentuk tabulasi berisi sederetan menu-menu sederhana yang berhubungan dengan perintah untuk mengolah persentase.

d. Ribbon
Menu ini dirancang mudah dalam menemukan fitur dan perintah dengan kategori yang tidak menyulitkan serta kumpulan grup yang saling berkaitan satu sama lain. Hemat waktu dan cukup memudahkan dalam membuat presentasi. Satu lagi fasilitas terbaru adalah dapat langsung melihat perubahan huruf/obyek atas fitur yang ingin digunakan, sebelum menggunakannya.

e. Vertical Scroll Bar
Digunakan untuk menggulung layar ke atas atau ke bawah

f. Slide Area
Tempat yang digunakan untuk menuliskan bahan presentasi yang akan di buat.

g. Status Bar
Statusbar akan menampilkan berbagai informasi yang dirasakan perlu ketika Anda sedang bekerja dengan jendela kerja PowerPoint 2007. Anda dapat mengatur konfigurasi Status Bar ini agar sesuai dengan kebutuhan, dengan cara mengklik tombol kanan mouse pada area Status bar yang ada di bawah jendela kerja PowerPoint 2007. Dengan langkah ini, kotak dialog pemilihan isi Status Bar akan ditampilkan.[26]

4. Microsoft Access

Untuk memulai aplikasi Microsoft Office Access 2007, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

a. Klik tombol Start.
b. Lanjutkan dengan memilih All Programs > Microsoft Office > Microsoft Office Access 2007.
c. Selanjutnya Windows akan memanggil aplikasi Access 2007.

Berikut ini adalah tampilan Microsoft Powerpoint 2007 beserta komponen-komponennya.

a. Office Button : adalah pengganti menu file yang biasa anda temukan pada versi sebelumnya
b. Quick Access Toolbar : adalah customizable yang berisi perintah-perintah penting seperti save, undo, redo dan masih banyak lagi perintah yang dapat anda tambahkan sendiri sesuai dengan keperluan.
c. Ribbon : merupakan pengganti Toolbar yang sering anda temukan pada versi sebelumnya.
d. Database Object : merupakan objek-objek yang telah diaktifkan dan digunakan dalam sebuah database. Contohnya seperti : Table, Form, Report, Macro dll.
e. Object Preview : Tampilan object yang anda aktifkan seperti table, form, report, dll
f. View Shortcut : adalah fitur dalam Access 2007 yang berguna untuk mengubah tampilan objek dengan mode tertentu sesuai dengan objek yang digunakan. Contohnya: Design View, Layout View, DataSheet View, Form View dll.

BAB III

PENUTUP

1.KESIMPULAN

1. Microsoft Office adalah sebutan untuk paket aplikasi perkantoran buatan Microsoft dan dirancang untuk dijalankan di bawah sistem operasi Windows.

2. Perkembangan Microsoft Office

Pada sistem operasi Macintosh

Paket Microsoft Office 1.0 pertama kali diperkenalkan pada tahun 1989. Office 2 (rilis tahun 1992), Office 3 (rilis tahun 1993), Office 4 (rilis tahun 1994), Office 98 (rilis tahun 1998), Office 2001 (rilis tahun 2000), Office v.X (rilis tahun 2001), Office 2004 (rilis tahun 2004), dan Office 2008 yang dirilis pertengahan 2007

Sistem operasi Windows

Tersedia versi Office 1.0 tahun 1990. Office 2 rilis tahun 1992, Office 3.0 yang dirilis 30 Agustus 1992, Office 4.0 rilis 17 Januari 1994), Office for NT 4.2 rilis 3 Juli 1994, Office 4.3 rilis 2 Juni 1994, Office 95 rilis 30 Agustus 1995, Office 97 rilis 30 Desember 1996, Office 2000 rilis 27 Januari 1999, Office XP rilis 31 Mei 2001, Office 2003 rilis 17 November 2003, Office 2007 dirilis 30 Januari 2007, Office 2010 dirilis 15 April 2010 dan yang teranyar Office 2013 dirilis 29 Januari 2013.

3. Macam-macam program pada microsoft office
a. Microsoft Word
Merupakan suatu program pengolah kata dengan lembar kerja berupa dokumen.

b. Microsoft Excel
Merupakan suatu program spreadsheet atau lembar kerja yang berguna untuk mengolah data bertipe numerik (angka).

c. Microsoft PowerPoint
Merupakan suatu program presentasi dengan bentuk tampilan lembar kerja berupa slide.

d. Microsoft Access
Merupakan suatu program database atau pengolah data yang hampir sama seperti MS. Excel.

e. Microsoft Outlook
Suatu program aplikasi pengolah e-mail yang merupakan salah satu sarana atau media untuk berkomunikasi di komputer melalui jaringan Intemet atau secara offline.

f. Microsoft Front Page
Merupakan sebuah program aplikasi editor HTML yang berbasis WYSIWYG dan juga bertindak sebagai alat bantu administrasi situs web yang dikembangkan oleh Microsoft untuk jajaran sistem operasi Windows.

g. Microsoft InfoPath
Merupakan sebuah program aplikasi yang digunakan untuk mengembangkan formulir pemasukan data berbasis XML

h. Microsoft Publisher
Merupakan paket aplikasi Perkantoran Microsoft yang sangat berguna untuk Desktop Publisihing, membuat Surat Kabar, Kartu Ucapan dan sebagainya.

i. Microsoft One Note
Merupakan paket perangkat lunak untuk mengumpulkan informasi gratis-bentuk dan kolaborasi multi-user.

j. Microsoft Groove
Merupakan aplikasi desktop yang merupakan bagian dari aplikasi Office 2007 yang didesain untuk kolaborasi dokumen dalam tim kerja dengan anggota yang sering kali offline.

DAFTAR PUSTAKA

  • Arief Sugiono dkk, Dasar-Dasar MS Office 07 & MS Windows XP, Jakarta: Grasindo, 2009
  • Madcoms, Kolaborasi Program Microsoft Office Mengolah Data Lebih Profesional, Yogyakarta: Andi Offset, 2003
  • Solihat Fitriyanty, Sejarah Perkembangan Microsoft Office, Bandung: Alfabeta, 2012.
  • Steven Andy Pascal, Tips & Trik Microsoft Office 2007, Bandung: Alfabeta, 2012.
  • Ahmad Barkah, Macam-macam Microsoft Office,
  • [1] Arief Sugiono dkk, Dasar-Dasar MS Office 07 & MS Windows XP, (Jakarta: Grasindo,2009), h. 2
    [2] Solihat Fitriyanty, Sejarah Perkembangan Microsoft Office, (Bandung: Alfabeta, 2012), h.17
  • [3] Steven Andy Pascal, Tips & Trik Microsoft Office 2007, (Bandung: Alfabeta, 2012), h.xv
    [4] Ibid
    [5] Ibid
    [6] Ibid
  • [7] Ibid, h xvi
    [8] Madcoms, Kolaborasi Program Microsoft Office Mengolah Data Lebih Profesional, (Yogyakarta: Andi Offset, 2003), h. 2
  • [9] Ibid, h. 2-3
    [10] Ibid.
  • [11] Ibid, h. 3
    [12] Ibid
  • [13] Ahmad Barkah, Macam-macam Microsoft Office,
    [14] Ibid
  • [15] Ibid
    [16] Ibid
  • [17] Ibid
    [18] Steven Andy Pascal, Op. Cit., h.178-183
  • [19] Ibid, hal. 183-187
  • [20] Ibid, hal. 187-189
    [21] Ibid, hal. 195-197
  • [22] Ibid, hal. 198-201
  • [23] Ibid, hal. 201-202
    [24] Syaifurrahman, Belajar Microsoft Excel Pemula Mahir Dalam Sekejap,
    [25] Steven Andy Pascal, Op. Cit., h.113
    [26] Ibid, hal. 114-126

1 Trackback / Pingback

  1. Contoh Makalah Fungsi Microsoft Excel Yang Benar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*