Format Penulisan Makalah Yang Benar (Lengkap)

Format Penulisan Makalah Yang Benar (Lengkap)

Makalahkita.com – Format Penulisan Makalah Yang Benar (Lengkap) yang saya bagikan ini sebagai bahan informasi referensi dalam pembuatan makalah yang benar. Kembali ke tema pembahasan contoh makalah. Tujuan saya ingin membatu adik-adik atau rekan-rekan yang lain dalam menyelesaikan tugas makalah sekolah maupun tugas makalah kuliah. Seperti yang saya alami ketika mengenyam bangku pendidikan di beri tugas untuk membuat makalah, namun saya agak kesulitan karena waktu dulu saya cari referensi hanya dari buku dan itu pun terbatas. Untuk itu silahkan menikmati contoh makalah berikut ini.

Adapun untuk Ukuran Margin, Font, dan Spasi Makalah Yang Benar adalah Sebagai Berikut:

  1. Margin : Top 4, Left 4, Botton 3 dan Right 3 ( cm)
  2. Font : Times New Roman Ukuran 12
  3. Kertas : Size A4
  4. Spasi : 1.5

Pendahuluan


Makalah ditulis dalam format dokumen berukuran A4 dengan margin 25mm dari seluruh sisi kertas (atas, bawah, kiri dan kanan). Gunakan tipe huruf Times New Roman untuk seluruh dokumen dengan stilistika yang berbeda untuk beberapa bagian seperti yang dijelaskan dalam dokumen ini.
Bagian atas halaman pertama diperuntukan bagi judul makalah, daftar penulis, institusi asal penulis, dan alamat kontak email penulis. Bagian ini ditulis dengan tipe huruf Times New Roman 10 dengan spasi 14 point.

Abstrak ditulis setelah bagian tersebut dengan aturan yang sama. Tipe huruf Times New Roman 10 dan spasi 14 Point.

Setelah dua bagian tersebut, seluruh dokumen ditulis dengan format halaman yang dibagi dalam satu kolom. Tepi kiri dan kanan berjarak 25mm dari tepi kertas. Margin dari tepi bawah kertas adalah 25mm.

Bagian makalah


Besar huruf untuk judul adalah 12 point, diketik dengan cetak tebal (bold) dan seluruhnya dengan huruf besar. Jumlah kata dalam judul tidak boleh melebihi 10 kata (termasuk sub judul) dan tidak menempati lebih dari dua baris. Sub Judul diketik dengan cetak tebal (bold) dengan huruf besar pada setiap awal kata, kecuali pada kata sambung).
Penulis, keanggotaan penulis dalam institusi pendukung, dan alamat kontak penulis, diketik dengan besar huruf 12 point. Jika penulis didukung memiliki dua institusi pendukung, maka institusi tersebut ditunjukkan dengan angka yang ditulis di belakang nama penulis dengan mode superscript

Abstrak 


Batasan jumlah kata bagi abstrak makalah adalah  150-250 kata. Abstrak tersebut berisi diskripsi singkat, padat, dan jelas tentang makalah yang ditulis, dan menunjukkan keunikan studi/konsep yang dilakukan.

Isi Makalah 


Makalah berisi bagian bagian (minimal) sebagai berikut:
·        Pendahuluan/Latar Belakang
·        Kajian Teoritis/Konsep
·        Metodologi (jika artikel riset)
·        Hasil Analisis dan Diskusi
·        Kesimpulan dan Saran
·        Beberapa bagian yang sesuai kebutuhan penulis.
Judul tiap bagian ditulis dengan besar huruf 12 point, dan semuanya ditulis dengan huruf besar, dan cetak tebal (bold). Judul diletakkan dengan justifikasi di tengah pada kolom (center). Judul sub bagian menggunakan huruf dengan besar 10 point, cetak tebal (bold) dengan justifikasi rata kiri. Isi makalah ditulis dengan menggunakan besar huruf 10 point dengan spasi antar baris 12  point. Baik bagian, maupun sub bagian tidak perlu menggunakan identifikasi huruf maupun angka.

Bagian lain


Bagian lain yang mungkin ditambahkan antara lain:
·        Ucapan terimakasih
·        Nomenclature

Referensi 


Semua publikasi yang dikutip dalam teks makalah harus disertakan dalam daftar referensi di bagian akhir makalah menurut abjad penulis referensi. Baris kedua dari tiap referensi dibuat lebih masuk ke dalam (indented). Di dalam makalah, rujukan pada referensi ditulis dengan urutan: penulis – tahun dan halaman (jika ada) misal, Abdullah, (2011)

Gambar dan Tabel 


Gambar dan tabel yang disertakan dalam makalah dapat diletakkan diantara teks makalah atau sebagai lampiran di akhir makalah. Masing- masing harus disertai nomor atau tabel/gambar.
 

Petunjuk Pemasukan Makalah 


1.  Seminar hanya menerima dokumen makalah dalam bentuk file MS-Word (*.doc/docx/rtf)
2.  Penamaan dokumen makalah mengikuti format sebagai berikut:
     penulis utama-3 kata pertama judul makalah
    Contoh :
    Suprawito-Komunikasi Menyatukan Indonesia
3.   Apabila dokumen yang dikirim lebih besar dari 2mb, harap dikompresi dengan format *zip atau *rar.
 


Kesimpulan 


Dokumen ini memuat semua petunjuk yang diperlukan untuk menulis dan memasukkan makalah ke dalam Seminar dan Kongres ISKI. Selamat menulis.

Daftar Pustaka 


Penulis, John, & Penulis, Jane, (2013). Template Penulisan Artikel Penulisan Seminar dan Kongres ISKI VI, Padang: ISKI Press.

1 Trackback / Pingback

  1. Contoh Makalah Diskusi Pendidikan Di Indonesia (Lengkap)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*