Makalah Studi Kelayakan Bisnis Yang Benar 2017

Makalah Studi Kelayakan Bisnis
Makalah Studi Kelayakan Bisnis

Makalah Studi Kelayakan Bisnis Yang Benar 2017

Makalahkita – Makalah Studi Kelayakan Bisnis Yang Benar 2017 yang saya bagikan ini sebagai bahan informasi referensi dalam pembuatan makalah yang benar. Merunut pada ulasan contoh makalah, saya berharap ini menjadi referensi kawan-kawan pelajar dalam memenuhi tugas makalah siswa dan tugas makalah mahasiswa. Seperti yang saya alami ketika mengenyam bangku pendidikan di beri tugas untuk membuat makalah, namun saya agak kesulitan karena waktu dulu saya cari referensi hanya dari buku dan itu pun terbatas. Berikut Contoh Makalah yang saya sajikan untuk semua:

Sebelumnya, untuk Ukuran Margin, Font, dan Spasi Makalah Yang Benar adalah Sebagai Berikut:

  1. Margin : Top 4, Left 4, Botton 3 dan Right 3 ( cm)
  2. Font : Times New Roman Ukuran 12
  3. Kertas : Size A4
  4. Spasi : 1.5

Makalahkita.com sebagai bahan referensi kebutuhan karya tulis makalah pendidikan, ekonomi, islam, filsafat, agama, bahasa indonesia, biologi, hukum, kesehatan, kewarganegaraan, kewirausahaan, olahraga, sains, sejarah dan tips makalah.

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ………………………………………………………    i

DAFTAR ISI ………………………………………………………………..     ii

BAB I PENDAHULUAN …………………………………………………..    1

1.1 Latar Belakang …………………………………………………….      1

BAB II PEMBAHASAN …………………………………………………..     2

2.1 Sumber Modal …………………………………………………….      2

2.2 Aspek Manajemen ………………………………………………..      3

2.3 Aspek Pemasaran …………………………………………………      3

2.4 Aspek Oprasional ( Produksi) ……………………………………       5

2.5 Aspek Keuangan …………………………………………………       6

2.6 Kelangsungan Usaha …………………………………………….       9

BAB III PENUTUP…………………………………………………………      10

3.1 Kesimpulan ………………………………………………………       10

DAFTAR PUSTAKA ………………………………………………………      11

BAB I

PENDAHULUAN

1.Latar Belakang

Pada saat ini banyak orang yang ingin membuat acara atau kegiatan secara simpel dan efisien. Contohnya dalam hal Penyediaan aksesoris umum yang biasa di pakai sehari-hari. Biasanya mereka (masyarakat) sangat memperhatikan apa-apa yang dikenakannya mengenai pelengkap atau aksesoris yang melengkapi penampilannya dalam berpakaian. Hal ini sangat membuka peluang usaha, karena pada umumnya stiap orang memilih produk yang menarik dan unik. Maka membuka usaha cetak gelas dengan foto atau gambar yang diinginkan pelanggan merupaka trobosan ide unik yang menyediakan produk untuk dikonsumsi oleh orang yang suka keunikan.

Bukan hanya tipe pelangga yang mengutamakan keunikan produ, harga gelas cetak yang relatif terjangkau dan tidak jauh beda dengan harga-harga gelas umum dipasaran maka semakin jelas peluang usaha ini dijalankan dengan memberi kepuasan pada konsumen dan keuntungan finansial bagi produsen. Perkembangan jaman yang semakin merubah gaya hidup setiap individu menjadi lar belakan penukis untuk mengimplementasikan ide usaha cetak gelas.

BAB II

PEMBAHASAN

2. Sejarah

Perkembangan bisnis waralaba atau kemitraan yang sangat pesat di Tanah Air, terutama untuk tawaran waralaba atau kemitraan di bidang usaha kuliner melecutkan bisnis lainnya. Adalah jasa pembuatan cetak foto di gelas atau piring yang ikut merasakan dampak manis dari perkembangan bisnis waralaba ini. Maraknya bisnis model waralaba dan kemitraan, usaha penjualan gelas plastik sekaligus cetak fotonya mengalami kenaikan lumayan tinggi. Selain menerima pesanan dari pelaku usaha waralaba dan kemitraan, konsumen usaha ini  juga datang dari kalangan pengusaha cafe dan restoran

2.1 Sumber Modal

Dalam memulai usaha ini penulis menggunakan modal sendiri dan tanpa menggunakan modal dari pihak ketiga (pinjaman) karena tidak terlalu besarnya modal tersebut sehingga bias di tanggung sendiri, hal ini juga dipikirkan agar lebih mudah melakukan pengawasan atau perhitungan modalnya, adapun sumber modal ini adalah sebesar Rp. 6.000.000,-  yang digunakan untuk :

– 1 unit mesin press mug proses kerja 25 detik, 800 watts      Rp. 3.500.000

– 1 unit printer Epson C90 ( Infus System )                                Rp. 900.0000

– 300 ml tinta Tulip Inkjet untuk Inkjet Sablon ( CMYK)     Rp. 200.0000

– 5 lusin Coated Mug 1 pak bothside coated paper 120 gr.    Rp. 530.0000

– 1 pak bothside coated paper 120 gr.                                            Rp. 30.000

Total                                                                                                            Rp. 5.160.000

2.2 Aspek Manajemen

Bisnis ini adalah milik sendiri dengan modal sendiri, adapun tenaga kerja yang di gunakan hanya 1 orang yang merupakan teman kuliah yang juga mempunyai kreatifitas dalam menggunakan beberapa aplikasi komputer. Teknis pengerjaan ordernya kita lakukan bersama, dan jika salah satu dari kita mengikuti perkuliahan maka akan dikerjakan secara bergantian, untuk pemasaran bahan baku sendiri dilakukan oleh 1 orang, dan pemasaran kita jalankan bersama, dan 1 orang yang melakukan pembukuan.

2.3 Aspek Pemasaran

Dalam bisnis ini sengaja penulis bahas dulu pemasaran produknya, karena hal utama pemasaran produk ini adalah pesanan pelanggan, yang walaupun ada sebagian produk yang didistribusikan. Oleh karena itu pemasaran bagi persepsi penulis adalah langkah awal yang akan memengaruhi proses produksi dan perencanaan keuangannya.

2.3.1 Target Pemasaran

Target pemasaran merupakan kunci penting yang harus diperhatikan, seperti yang dijelaskan bahwa pemasaran utamanya adalah pemesanan dari konsumen (pelanggan), yang selanjutnya akan sangat mempengaruhi proses produksi dan analisis keuangannya, selain membuat produksi untuk didistribusikan ke beberapa toko aksesoris, pesanan pelanngan juga merupakan faktor utama. Setelah mendapatkan pesanan dari pelanggan barulah bisnis ini akan menjalankan produksinya, tentunya dengan kesepakatan kedua belah pihak mengenai kualitas, kuantitas, waktu dan biayanya. Semua proses transaksinya murni berdasarkan negosiasi, dan akan diusahakan memberikan fasilitas yang baik untuk menarik para pelanggan sehingga akan tetap membeli produk kita. Dalam hal pemesanan ini, kelompok pemuda dan orang-orang yang menyukai keunikan adalah sasaran utamanya. Target lainnya adalah toko-toko aksesoris dan Alat Rumah tangga, karena produk yang dihasilkan sangat berkaitan dengan jenis-jenis barang yang dijual oleh toko tersebut.

2.3.2 Konsep Pemasaran

Dalam bisnis ini, langkah awal pemasarannya adalah dengan membuat brosur-brosur yang disertakan kontak person dan disebarkan kesekolahsekolah dan tempat umum lainnya, selain itu untuk promosi kami sediakan 1 buah jenis barang pada setiap lokalisasi yang kami sebarkan brosur (info tentang produk).

Kami juga memberikan discount bagi pelanggan yang memesan produk dengan jumlah yang besar minimal 2 lusin maka akan mendapatkan 1 gelas mug geratis, dan bagi konsumen-konsumen lain yang berlangganan dengan bisnis kami. Selanjutnya distribusi pada toko-toko akan kita tawarkan ditempat yang sangat strategis dan pada toko-toko yang manajer atau karyawannya kenal dengan kita sehingga memudahkan dalam proses penjualannya.

2.3.3 Produk dan penetapan harga

Produk yang dihasilkan adalah gelas cetak dengan gambar atau foto yang diinginkan, namun pada gegiatannya rencana usaha ini juga membuat desain produk gelas mug dengan gambar yang sedang mode sekarang ini, selain itu desain pendekatan budaya seperti gelas bergambar alun-alun pendopo, bunderan kijang dll. Juga diproduksi.

Adapun daftar dari harga produk yang kita hasilkan adalah sebagai berikut :

Gelas mug kecil           : Rp. 12.000,-

Gelas mug besar          : Rp. 20.000,-

Gelas mug plastik all size : Rp. 10.000,-

2.4 Aspek Operasional ( Produksi)

Seperti yang telah dijelaskan diatas kegiatan bisnis ini akan melakukan operasi atau mempduksi untuk didistribusikan ke toko-toko, dan produksi yang lebih besarnya adalah ketika ada pelanggan yang memesan produk. Adapun teknis pembuatannya, ketika pelanggan memerlukan jasa pembuatan gelas foto, bisa ditunggu langsung, atau di tinggal untuk dilihat hasilnya kembali rata-rata dengan. Namun yang membedakan disini adalah proses pembuatan pressing gelas mug, karena memerlukan beberapa langkah dalam produksinya, adapun cara pembuatan gelas mug foto tersebut adalah :

  1. Mendesign foto yang diinginkan atau gambar apa saja dikomputer
  2. Kemudian diprint dengan menggunakan printer epson dengan tinta sablon khusus. dengan ukuran media gambar 18 cm x 8 cm
  3. Lalu Proses transfer dari kertas yang diprint tadi dipotong dengan cutter dengan ukuran 1/ 2 cm dari media gambar, lalu kertas hasil print tadi di tempelkan ke media mug/ gelas khusus dengan menggunakan isolasi .Proses pengerjaan memakan waktu 25 detik.
  4. Hasil Kualitas photo, tidak luntur, dapat dikerjakan dalam jumlah satuan.

2.5 Aspek Keuangan

Modal yang kita gunakan adalah modal 100% milik sendiri, dan bisnis ini juga milik sendiri dengan pembagian modal 50% – 50% yang didapat dari 2 orang. dan modal  pertama bisnis ini adalah sebesar

  1. Rp. 6.000.000,- yang dibagi masing-masing orang
  2. Rp. 3.000.000 dan digunakan untuk membeli Peralatan – 1 unit mesin press mug proses kerja 25 detik, 800 watts       
  3. Rp. 3.500.000. 1 unit printer Epson C90 ( Infus System )    
  4. Rp. 900.0000.    300 ml tinta Tulip Inkjet untuk Inkjet Sablon ( CMYK)
  5. Rp. 200.0000.  5 lusin Coated Mug 1 pak bothside coated paper 120 gr.       
  6. Rp. 530.0000 1 pak bothside coated paper 120 gr.
  7. Rp. 30.000

Dengan perincian diatas kita dapat menghitung perkiraan pendapatan bisnis ini dalam jangka waktu 1 bulan, sengaja penulis hitung dalam jang waktu 1 bulan karena dengan modal yang kecil dan dengan sasaran yang kecil, akan lebih jelas tergambarkan pendapatan dalam jangka waktu 1 bulan.

Berikut adalah perkiraan proyeksi bisnis dalam 1 bulan :

Jurnal umum

NoKeteranganDebitKredit
1.

2.

3.

4.

5.

6.

– Kas

– Modal

– Peralatan

– Kas

– Perlengkapan

– Kas

– Biaya Transportasi

 Kas

– Biaya tenaga kerja

– Kas

– Biaya listrik

– kas

Rp 50.000.000,-

Rp 5.160.000,-

Rp. 500.00,-

Rp. 100.000,-

Rp. 1.400.000,-

Rp. 150.000,-

Rp 50.000.000,-

Rp 5.160.000,-

Rp. 500.000,-

Rp. 100.000,-

Rp. 1.400.000,-

Rp. 150.000,-

Perkiraan pendapatan minimal dalam jangka waktu 1 bulan

  1. Gelas mug kecil                                                           : Rp. 2.500.000
  2. Gelas mug besar                                                          : Rp.3.500.000
  3. Gelas mug plastik all size                                            : Rp. 3.000.000

Jumlah minimal pendapatan                                          : Rp. 9.000.000,-

Perkiraan Laba-rugi dalam 1 bulan

Pendapatan

1.      – Gelas mug kecil : Rp. 2.500.000

2.      Gelas mug besar : Rp.3.500.000

3.      Gelas mug plastik all size : Rp. 3.000.000

Jumlah minimal pendapatan                                         

Biaya- Biaya

–    Peralatan                             : Rp. 5.160.000,-

–    Perlengkapan                      : Rp. 500.000,-

–    biaya transportasi               : Rp.100.000,-

–    gaji 2 orang @                    : Rp 1.400.000,-.

–    Biaya listrik                        : Rp. 150.000,-.

Jumlah Biaya

Laba Bersih

Rp. 9.000.000,-

Rp. 7.310.000,-

Rp. 1.690.000,-

2.6 Kelangsungan Usaha

Rencana Usaha kecil yang penulis buat ini adalah salah satu bentuk usaha yang gampang beradaptasi dilokasi dan waktu apapun,karena segi peralatan yang sederhana dan bahan baku yang gampang di dapat.

Selanjutnya jika usaha kecil ini sukses dalam waktu 1 bulan, akan kami usahakan terus supaya keuntungannya tetap seimbang bahkan bisa lebih besar, dengan cara dasar yang sudah tertulis diatas, menggunakan pendekatan psikologis untuk kemasan hasil suatu produk, dan untuk meyakinkan dan memperluas jaringan juga akan berkerjasama dengan perusahaan-perusahaan lain yang berkepentingan, dengan kesepakatan yang saling menguntungkan tentunya tidaklah sulit untuk mencari relasi.

Dalam segi keuangan sendiri akan jelas terealisasikan jika keuntungan sebesar Rp. 1.690.000,- , dan 50% akan kita tabungkan dan 50% lainnya akan kami gunakan umtuk membeli bahan-bahan baku secukupnya.

BAB III

PENUTUP

3.1 Kesimpulan

Jenis usaha yang akan didirikan adalah menciptakan suatu produk yang berupa pin dan sticker, selain itu juga melayani permintaan cetak foto, pembuatan foto dan lain-lain yang berhubungan dengan aplikasiaplikasi computer. Memang sederhana, namun kemanpuan dan kreatifitas yang kita miliki akan mampu bersaing dengan perusahaan lain.

Dengan strategi pemasaran usahakecil, jaringan yang luas serta didukung dengan produk yang mempunyai nilai kedekatan psikologis, maka dipastikan usaha ini layak dan akan jelas kelangsungan hidup usahanya. Keuntungan yang tidak mengecewakan bagi usaha kecil seperti ini akan memberi jaminan bagi kelangsungan usaha dan tenaga kerja.

Perluasan jaringan pun akan sangat membantu manakala perusahaan mengalami penurunan keuntungan. Tak kalah pentingnya ciri khas produk dan inovasi juga sangat berperan dalam menghasilkan keuntungan yang lebih.

DAFTAR PUSTAKA

  • “Strategi Pemasaran untuk Bisnis Kecil”. Yang disarikan dari sumber: How to Build YourSmall Business Fast with Simple Poscard, oleh Bob Leduc. Majalah Aura, edisi 44/th.XI/Minggu ke3/21-27 Nopember 2007.
  • http://google.com
  • Ibrahim Yacob, H. M.Studi kelayakan Bisnis. Bandung. 2005.

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Makalah Sejarah Ulumul Quran Dan Perkembangnya
  2. Makalah Tentang Hadist Islam Yang Benar 2017

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*