Contoh Makalah Tentang DAMPAK POSITIF PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI

Contoh Makalah Tentang DAMPAK POSITIF PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI
Contoh Makalah Tentang DAMPAK POSITIF PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI

Contoh Makalah Tentang

DAMPAK POSITIF

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI

Makalahkita – Contoh Makalah Tentang DAMPAK POSITIF PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI yang saya bagikan ini sebagai bahan informasi referensi dalam pembuatan makalah yang benar. Merunut pada ulasan contoh makalah, saya berharap ini menjadi referensi kawan-kawan pelajar dalam memenuhi tugas makalah siswa dan tugas makalah mahasiswa. Seperti yang saya alami ketika mengenyam bangku pendidikan di beri tugas untuk membuat makalah, namun saya agak kesulitan karena waktu dulu saya cari referensi hanya dari buku dan itu pun terbatas. Berikut Contoh Makalah yang saya sajikan untuk semua:

Sebelumnya, untuk Ukuran Margin, Font, dan Spasi Makalah Yang Benar adalah Sebagai Berikut:

  1. Margin : Top 4, Left 4, Botton 3 dan Right 3 ( cm)
  2. Font : Times New Roman Ukuran 12
  3. Kertas : Size A4
  4. Spasi : 1.5

Makalahkita.com sebagai bahan referensi kebutuhan karya tulis makalah pendidikan, ekonomi, islam, filsafat, agama, bahasa indonesia, biologi, hukum, kesehatan, kewarganegaraan, kewirausahaan, olahraga, sains, sejarah dan tips makalah.

KATA PENGANTAR

Assalamualaikum Wr . Wb .

Segala puji bagi Allah SWT  yang telah memberikan saya izin untuk menyelesaikan tugas makalah singkat ini. Tak lupa saya ucapkan terima kasih pada bapak guru yang telah membimbing  saya untuk membuat makalah ini agar menjadi begitu baik.

Makalah ini saya buat berdasarkan materi yang telah disampaikan juga saya temukan diinternet

Makalah ini dilengkapi dengan pembahasan tentang dampak positif perkembangan teknologi informasi itu sendiri dan pesan serta kesan bagi para pembaca atau para murid yang mempelelajarinya .

Semoga makalah saya dapat diterima dengan baik dan berguna bagi generasi pelajar berikutnya. Akhir kata , saya ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum Wr.Wb

     Penulis,

Muhammad

 

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR …………………………………………………………………………………………………i

DAFTAR ISI…………………………………. ………………………………………………………………………….ii

BAB   I    PENDAHULUAN ………………………………………………………………………………………1

  1. Latar Belakang ……………………………………………………………………………………..1
  2. Rumusan masalah ………………………………………………………………………………….1
  3. Tujuan penulisan …………………………………………………………………………………..2
  4. Metode Penulisan ………………………………………………………………………………….2

BAB  II   PEMBAHASAN………………………………………………………………………………………….3

  1. Makna Teknologi Informasi…………………………………………………………………….3
  2. Dampak Positif  Perkembangan Teknologi Informasi ………………………………..4

BAB  III  PENUTUP………………………………………………………………………………………………….6

  1.  Kesimpulan ………………………………………………………………………………………….6
  2.  Saran  ………………………………………………………………………………………………….6

DAFTAR  PUSTAKA ……………………………………………………………………………………………….iii

BAB 1

PENDAHULUAN

1.Latar Belakang

Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang semula bertujuan untuk mempermudah pekerjaan manusia, tetapi kenyataannya teknologi telah menimbulkan keresahan dan ketakutan baru bagi kehidupan manusia. Ketakutan yang dirasakan oleh manusia akibat perkembangan teknologi ini disebabkan adanya kekhawatiran akan adanya penyalahgunaannya oleh orang-orang yang tidak bertanggung ajwab.

          Berbicara tentang dampak dan perkembangan IPTEK, maka kita akan dihadapkan pada berbagai bidang, bahkan hampir semua aspek dalam kehidupan di dunia ini yang dapat dipengaruhi oleh adanya perkembangan IPTEK, seperti yang kita lihat sekarang ini, semua orang dalam kehidupannya sehari-hari hampir tidak bisa lepas dari teknologi, setiap orang selalu berdampingan dengan HP (HandPhone), saat jam istirahat di rumah selalu ditemani dengan tayangan televisi, dan lain sebagainya. Kesemuanya itu hanya sebagian  kecil dari pengaruh perkembangan yang ditimbulkan oleh IPTEK.

          Dengan adanya perkembangan IPTEK menusia  mendapatkan berbagai kemudahan dalam melaksanakan kegiatannya sehari-hari. Setiap orang memanfaatkan alat komunikasi langsung jarak jauh seperti  penggunaan HP untuk berhubungan dengan orang lain yang berjauhan. Selain itu berbagai kegiatan yang pada awalnya dilakukan dengan menggunakan banyak tenaga manusia untuk mengerjakannya, kini dengan adanya perkembangan IPTEK semua itu dapat teratasi dengan penggunaan tenaga mesin untuk melakukan pekerjaan tersebut dengan waktu yang relative lebih cepat dari pada menggunakan tenaga manusia secara manual.

2.Rumusan Masalah.

            Berdasarkan uraian dalam latar belakang, maka penulis merumuskan masalah-masalah yang akan di bahas diantaranya:

  1. Apakah makna teknologi informasi ?
  2. Apa sajakah peralatan teknologi informasi itu ?
  3. Apakah dampak positif perkembangan teknologi informasi ?

3.Tujuan Penulisan

Adapun tujuan penulisan dalam penyusunan makalah ini,  adalah :

  1. Untuk memahami makna Teknologi Informasi .
  2. Untuk mengetahui  berbagai jenis peralatan teknologi informasi.
  3. Untuk memahami dampak positif perkembangan teknologi informasi.

4.Metode Penulisan

Dalam penyelesaian penyusunan makalah ini penulis menggunakan studi kepustakaan , yaitu penulis mempelajari buku-buku yang berhubungan dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi,  juga menggunakan media informasi layanan internet. lalu dianalisis untuk dijadikan sebuah karya tulis. .  Sistematika Penulisan di dalam makalah ini terdiri dari tiga bab yaitu:

  1. Bab I berisi Pendahuluan,
  2. Bab II berisi Pembahasan,
  3. Bab II berisi Penutup.

BAB II

PEMBAHASAN

1.Makna Teknologi Informasi

Teknologi informasi merupakan peralatan yang digunakan untuk mendapatkan suatu informasi yang dibutuhkan, baik melalui media elektronik maupun media cetak.

 Berikut beberapa contoh peralatan teknologi informasi :

  1. Koran,  merupakan media cetak yang berisi kumpulan berita-berita terkini dengan beragam topik.
  2. Majalah, merupakan kumpulan berita, artikel, cerita, iklan, dan sebagainya yang dicetak dalam lembaran kertas, berbagai ukuran dan sampul. Majalah terbit secara berkala bukan terbit setiap hari, misalnya mingguan atau bulanan.
  3. Radio, merupakan alat komunikasi yang tidak menggunakan kabel sebagai media perantara, melainkan menggunakangelombang elektromagnetek (radio). Pada awalnya radio hanya digunakan sebagai alat komunikasi dari kapal ke kapal atau dari kapal ke pelabuhan.
  4. Televisi, merupakan sistem yang memungkinkan pengiriman sinyal dari suatu pemancar dalam bentuk vedio maupun suara (audio) melalui media perantara gelombang radio. Sinyal vedio dan audio tersebut dipancarkan dari sebuah sumber yang disebut stasion televisi.
  5. Kalkulator, merupakan alat menghitung. Kalkulator digunakan untuk menghitung sederhana, misalnya berupa penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan operasi hitung lain.
  6. Kamus Elektronik, merupakan alat elektronik yang digunakan untuk menerjemahkan kata ke dalam berbagai bahasa sesuai dengan program yang ada di dalamnya. Misalnya menerjemahkan kata dalam bahasa Indonesia ke dalam bahasa Inggris atau sebaliknya.
  7. Komputer, menurut istilah bahasa latin (computare) yang artinya menghitung. Pada awalnya komputer memang digunakan sebagai mesin hitung yang cepat dan dapat meng-input data yang akan diproses sehingga mengeluarkan output yang disebut informasi. Seiring dengan perkembangan teknologi, komputer telah menjadi alat pengolah data yang serba guna dan canggih.

 2. Dampak Positif Perkembangan Teknologi Informasi.

            Secara garis besar ada beberapa dampak positif dari perkembangan teknologi informasi, diantaranya :

  1. Memudahkan Berkomunikasi  dan Mendapat Informasi.

Internet menjadi media komunikasi yang semakin populer. Penggunaan internet memungkinkan seseorang dapat berkomunikasi dengan pengguna lain di seluruh dunia. Dengan internet seseorang juga dapat melakukan pencarian informasi dengan cepat.

2. Memicu Globalisasi.

Globalisasi dapat diartikan sebagai hilangnya batas ruang dan waktu akibat kemajuan teknologi informasi. Perkembangan TIK terutama internet, menyebabkan pencampuraan budaya yang akhirnya menghasilkan budaya baru yang bersifat global. Globalisasi dapat berdampak baik jika budaya asing yang kita serap adalah budaya yang baik, misalnya kegemaran membaca dan kebebasan mengeluarkan pendapat. Sebaliknya, globalisasi dapat berdampak buruk jika budaya asing yang masuk berupa budaya yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa, misalnya pergaulan bebas.

3. Menghemat Biaya.

Secara umum, pemakaian peralatan TIK memungkinkan penghematan biaya di berbagai aspek bidang kehidupan, Internet Banking misalnya, membuat nasabah tidak perlu datang ke kantor bank untuk mengecek saldo, tranfer uang, dan lain sebagainya, sehingga menghemat biaya tranfortasi.

4.Menghilangkan Kendala Waktu.

Dengan dukungan TIK, perusahaan, pemerintah, sekolah, bank, dan instansi lainnya dapat memberikan layanan selama mungkin tanpa henti sepanjang tahun. Pengguna layanan tidak perlu lagi menunggu jam kantor tiba.

5.Meningkatkan Layanan

Peralatan TIK dapat digunakan untuk meningkatkan layanan demi kepuasan pengguna layanan. Penerapan TIK memungkinkan layanan yang cepat, tidak tergantung ruang dan waktu (kapan saja dan dimana saja).Internet banking, toko onlineadministrasi rumah sakitlayanan kependudukan online, merupakan bentuk-bentuk pemanfaatan TIK untuk meningkatkan layanan kepada pengguna layanan.

6.Meningkatkan Produktifitas Kerja

TIK  juga dapat digunakan untuk meningkatkan produktifitas kerja. Hal-hal sepeti melakukan perhitungan yang melibatkan banyak sekali angka atau membuat banyak surat yang sejenis, dapat dikerjakan secara cepat dengan komputer. Dengan demikian pekerja dapat memanfaatkan waktunya melakukan pekerjaan lain.

7.Menciptakan lapangan Kerja Baru.

TIK telah membuka banyak lapangan baru, misalnya seperti tenaga pemasaran produk peralatan TIK, operator, dan  programmer, serta tenaga-tenaga khususm yang membutuhkan ketrampilan. Pada saat ini, banyak profesi yang tercipta karena perkembangan TIK, contohnya analis sistem, desainer sistem, webmaster, dan system engeneer.

8. Menangani Pekerjaaan Yang Berisiko.

TIK dapat dimanfaatkan untuk menggantikan manusia menangani pekerjaan- pekerjaan yang berbahaya. Robot yang dikendalikan komputer digunakan untuk menangani pekerjaan seperti menangani limbah radioaktif, mengisolasi bakteri berbahaya, atau menjinakkan bom.

9.Memperkaya kebudayaan.

TIK dapat dimanfaatkan untuk memperkenalkan kekayaan kebudayaan kita kepada bangsa lain. Kita juga dapat mengadobsi kebudayaan asing yang bermanfaat serta sesuai dengan kepribadian bangsa, sehingga memperkaya khazanah budaya bngsa Indonesia.

BAB III

PENUTUP

1.Kesimpulan

Berdasarkan  pembahasan di atas,  dapat  disimpulkan bahwa dampak  positif perkembangan Teknologi Informasi adalah :

  1. Mempermudah dan mempercepat akses informasi yang kita butuhkan.
  2. Mempermudah dan mempercepat penyampaian atau penyebaran informasi.
  3. Mempermudah transaksi perusahaan atau perseorangan untuk kepentingan bisnis.
  4. Mempermudah penyelesaian tugas-tugas atau pekerjaan.
  5. Mempermudah proses komunikasi tidak terhalang waktu dan tempat.
  6. Banyaknya penggunaan teknologi informasi membuka lowongan kerja IT atau jenis lowongan pekerjaan baru .

2.Saran – Saran

            Adapun saran-saran yang dapat penulis sampaikan adalah :

  1. Teknologi informasi banyak memberikan manfaat bagi kehidupan manusia, karena itu hendaknya kita gunakan teknologi informasi itu untuk hal-hal yang bermanfaat.
  2. Teknologi informasi hendaknya jangan disalahgunakan untuk hal-hal yang negatif, karena dapat merugikan diri sendiri juga orang lain.
  3. Mari kita gunakan teknologi informasi sebagai sarana untuk mengembangkan pendidikan dan ilmu pengetahuan lainnya.

DAFTAR  PUSTAKA

  1. Eko Sujatmiko, BUKU PR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI Untuk SMP/MTs Kelas VII Semeter 1, Klaten: PT. Intan Pariwara.
  2. Media Internet.